Layar.id – Spinoff pertama Transformer, Bumblebee, kini menghasilkan lebih dari $ 400 juta di box office global. Franchise ini memulai perjalanannya pada tahun 2007 silam dengan film pertamanya garapan Michael Bay, Transformer, dan Bay tetap mempimpin franchise ini hingga tahun 2017 dengan merilis Transformers: The Last Knight – yang bukan hanya memiliki masalah dengan para kritikus film, tetapi juga meraih pendapatan yang rendah dengan hanya mencapai angkai $ 605 juta.

Kepemimpinan franchise Transformers kemudian diteruskan pada sutradara yang terkenal dengan film Kubo and the Two Strings, Travis Knight. Dia ditugaskan untuk menyutradarai film solo Bumblebee dan mengatur film pada era 1980-an untuk membawa kembali ke desain G1 dari mainan aslinya. Hailee Steinfeld bergabung dengan film ini sebagai bintang utama, dan kombinasi dari Knight, Steinfeld, Bumblebee, dan tahun 80-an terbayar. Bumblebee menjadi entri terbaik yang ditinjau dalam franchise dan secara luas dianggap sebagai salah satu blockbuster terbaik dan paling mengejutkan untuk tahun 2018. Sayangnya, keuntungan finansial belum sekuat entri sebelumnya, tetapi Bumblebee terus akan melewatinya.

Deadline mengungkapkan Bumblebee telah melewati angka $ 400 juta di box office global untuk pekan ini. Karena film ini telah menghasilkan lebih dari $ 110 juta di box office domestik. Ini berarti Bumblebee telah menghasilkan hampir $ 300 juta di box office global dan lebih dari $ 100 juta hanya di Tiongkok saja. Film ini telah dibuka di semua wilayah kecuali Jepang, yang akan tayang pada tanggal 22 Maret ini.

Kinerja box office Bumblebee telah menjadi topik utama bagi para fans film dan IP. Telah dikonfirmasikan bahwa spin-off ini “sangat menguntungkan” bagi Paramount karena Bumblebee telah melampaui batas $ 400 juta. Film ini kabarnya hanya memiliki anggaran sedikit lebih tinggi dengan $ 100 juta, sehingga kemampuan Paramount dan Knight untuk menjaga produksi sedikit lebih kecil membantu membuatnya sehingga Bumblebee dapat menjadi film palimg laris terendah dalam franchise ini, namun masih dipandang sukses. Steinfeld dan sesama anggota bintang dalm Bumblebee, John Cena sebelumnya mengatakan melalui Screen Rant bahwa mereka tidak peduli dengan box office.

Sekarang Bumblebee dipandang sebagai sebuah keberhasilan, fans pasti akan menunggu untuk mendengar kabar sekuelnya. Penulis Christina Hodson tahu persis apa yang akan ia lakukan pada sekuelnya, tetapi saat ini tidak diketahui apakah Paramount berniat melanjutkannya. Berakhirnya film ini tentu membuat franchise ini menceritakan beberapa kisah lain, jadi tergantung bagaimana keputusan studio kedepannya. Dengan Bumblebee yang benar-benar berhasil memenangkan hati pemirsa dan kritikus untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, ini menjadi upaya yang menguntungkan dan harus memberikan peluang bagi Bumblebee utuk mendapatkan sekuel yang lebih besar lagi.