Daftar film keren yang dibintangi Ellen Page sebelum jadi transgender (foto: Getty Images)
Daftar film keren yang dibintangi Ellen Page sebelum jadi transgender (foto: Getty Images)

DOMIGADO – Beberapa waktu lalu, aktris Ellen Page yang pernah memerankan Shadowcat di film trilogy X-Men, secara resmi mengumumkan diri sebagai transgender dan mengubah nama dari Ellen menjadi Elliot. Ellen Page bisa dibilang sebagai aktor kelas atas yang selalu menjadi sorotan berkat film yang dibintanginya. Setelah muncul dalam acara televisi dan film Kanada, Ellen Page cukup aktif dalam film Hollywood.

Melansir laman CNNIndonesia, karier Ellen Page atau kini dipanggil Elliot Page dalam dunia seni peran dimulai sejak usia 10 tahun pada 1997 silam. Ia membintangi serial televisi bertajuk Pit Pony selama empat tahun sampai tahun 2000. Sejak saat ini Page aktif sebagai seorang aktor, baik dalam serial televisi mau pun film.

Ia pertama kali membintangi sebuah film pada tahun 2002 lewat film Marion Bridge. Namun, kala itu nama Page baru dikenal dalam lingkup perfilman Kanada saja. Ia baru dikenal secara luas setelah membintangi film Hollywood bertajuk Hard Candy (2005). Penampilan Elliot Page dalam film itu membuat kariernya semakin melesat. Terlebih setelah ia tampil sebagai karakter utama dalam film drama komedi bertajuk Juno (2007)

Lewat film itu ia berhasil masuk nominasi Best Actress sejumlah ajang penghargaan bergengsi. Beberapa di antaranya adalah Academy Award, BAFTA Award, dan Golden Globe Award. Puncak ketenaran Ellen Page adalah ketika ia membintangi waralaba film X-Men sebagai Kitty Pryde. Ia pertama kali tampil dalam X-Men: The Last Stand (2006) dan berlanjut pada X-Men: Days of Future Past (2014).

Berikut adalah 5 film yang pernah dibintangi Ellen Page sebelum memutuskan untuk menjadi transgender.

1. Hard Candy (2005)

(foto: Lionsgate)

Hard Candy adalah sebuah film seru Amerika Serikat rilisan tahun 2005 yang berkisah tentang seorang perempuan berusia 14 tahun yang menjebak dan menyiksa pria yang ia duga merupakan seorang predator seksual. Film tersebut disutradarai oleh David Slade, ditulis oleh Brian Nelson, dan menampilkan Elliot Page dan Patrick Wilson.

Berawal dari dari dunia maya, Hayley Stark(Ellen Page), 14th gadis manis berambut pendek berkenalan dengan pria paruh baya bernama Jeff Kohlver(Patrick Wilson). Setelah chatting selama 3 mingguan jadilan Hayley berjanji untuk bertemu dengan Jeff di sebuah Kedai Kopi Nighthawks. Seusai berbincang bincang beberapa lama dan bertukar pikiran, Jeff dan Hayley memutuskan untuk mampir di rumah Jeff.

Jeff sendiri yang mengaku sebagai fotografer model tidak keberatan dengan ide tersebut. Jadilah keduanya pergi siang itu. Hayley sendiri adalah gadis muda periang, berwawasan luas dan tertarik pada berbagai hal dan terbuka pada orang asing. Sesampainya di rumah Jeff, perbincangan mereka makin seru. Hayley yang memang menyukai music Goldfrapp serasa mendapatkan teman yang cocok karena Jeff, 32th ternyata juga mengidolakan Goldfrapp.

Bahkan Jeff memiliki CD musik Goldfrapp. Jadilah Hayley makin suka dengan Jeff. Mereka berdua kemudian minum minuman jus beralkohol, tak berapa lama Jeff merasa pusing. Hayley makin memanaskan suasana dengan memutar lagu Goldfrapp dengan volume penuh dan mulai melepas bajunya satu persatu. Namun, tak lama kemudian Jeff sudah terkapar.

Dan, alhasil ketika dia sadar dia sudah berada di atas kursi kerjanya dengan diikat kuat oleh Hayley. Sejurus kemudian Hayley melemparkan tuduhan kepada Jeff bahwa Jeff adalah seorang Pedofilia yang mengincar anak-anak sebagai korbannya lewat internet. Tentu saja pernyataan ini dibantah oleh Jeff mentah mentah.

2. X-Men: The Last Stand (2006)

Film ini adalah film pahlawan super adaptasi ketiga dari komik produksi Marvel Comics X-Men, mengikuti X-Men (2000) and X2 (2003). Dirilis pada tahun 2006. Film ini disutradarai oleh Brett Ratner. Skrip film ini secara longgar didasarkan pada dua story arc buku komik X-Men: “The Dark Phoenix Saga” oleh penulis Chris Claremont dan seniman John Byrne, dan “Gifted” oleh penulis Joss Whedon dan artis John Cassaday.

Film ini digarap dengan sebuah plot yang berkisar Sebuah “penyembuhan mutan” yang menyebabkan dampak serius antara mutan dan manusia, dan pada kebangkitan Jean Grey. Pembuatan film berlangsung dari Agustus 2005 sampai Januari 2006 dengan anggaran sebesar $210 juta, dan merupakan film paling mahal pada saat diluncurkan.

X-Men: The Last Stand ini memiliki efek visual yang luas yang diciptakan oleh 11 perusahaan yang berbeda. X-Men: The Last Stand dirilis pada tanggal 26 Mei 2006, sukses secara komersial. Ini meraup sekitar $459 juta di seluruh dunia, menjadi film terlaris ketujuh tahun 2006. Pada saat itu film terlaris tertinggi di seri ini dan saat ini merupakan film franchise terlaris keempat tertinggi.

3. Juno (2007)

Juno adalah film drama komedi Amerika Serikat tahun 2007 yang disutradarai oleh Jason Reitman dan diproduseri oleh John Malkovich, Lianne Halfon, Mason Novick dan Russell Smith. Naskah film ini ditulis oleh Diablo Cody. Film ini dibintangi oleh Elliot Page, Michael Cera, Jennifer Garner, Jason Bateman, Allison Janney dan J. K. Simmons.

Film Juno ditayangkan secara perdana di Festival Film Telluride pada tanggal 1 September 2007 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 5 Desember 2007 secara terbatas dan 25 Desember 2007 secara luas. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.