DOMIGADO – DAFTAR FILM KOMEDI INDONESIA TERBAIK SEPANJANG MASA Dengan diperpanjangnya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat Covid-19 di beberapa wilayah Indonesia, membuat kita harus bersabar lagi untuk tetap di rumah saja, demi menekan penyebaran virus corona. Nah, agar kita tidak semakin stres, kita bisa melakukan berbagai cara untuk menghibur diri, salah satunya adalah menonton film komedi.

D Indonesia sendiri, ada banyak sekali film komedi yang layak banget untuk ditonton. Tidak hanya film komedi rilisan terbaru, beberapa film komedi lawas juga tak kalah menarik dan tentu saja akan mengocok  perut. Nah, berikut Domigado.com rekomendasikan beberapa film komedi Indonesia untuk menemani masa karantina di rumah.

1. Benyamin Biang Kerok (1972)

(foto: istimewa)

Sebelum mulai nonton film horor komedi tanah air, ada baiknya untuk pemanasan dengan nontonin komedi dulu. Belum lengkap rasanya jika nggak nonton film humor Indonesia yang dibintangi oleh aktor komedi legendaris Benyamin S.

Benyamin Biang Kerok yang tayang pada 1972 disutradarai oleh Nawi Ismail. Ida Royani yang menjadi lawan main dari Benyamin mampu menunjukkan chemistry yang baik dan harmonis. Menurut banyak orang, film ini merupakan salah satu film terbaik yang pernah dibintangi oleh sang aktor. Kualitas akting dan komedi segar yang disuguhkan bakal tetap relatable dan mengocok perut.

2. Warkop DKI Mana Tahaaan (1979)

Warkop DKI

Film komedi Indonesia terlucu sepanjang masa selanjutnya adalah Mana Tahaaan. Film komedi Layar lebar yang tayang pada 1979 ini merupakan film dari grup lawak legendaris Warkop DKI. Disutradarai oleh Nawi Ismail, Elvy Sukaesih, Rahayu Effendi dan Kusno Sudjarwadi juga sebagai lakon pendukungnya. Di tengah kondisi perfilman yang saat itu kurang baik, film komedi terbaik ini mampu menarik 400 ribuan penonton untuk kembali meramaikan teater di bioskop.

Sebuah prestasi untuk jumlah film lucu Indonesia di masa itu. Seperti kebanyakan film Warkop DKI lainnya, tontonan ini tetap menonjolkan komedi yang menjadi ciri khas dari Dono, Kasino dan Indro. Hingga sekarang, film ini masih cukup sering ditayangkan ulang di TV untuk tontonan menjelang liburan.

3. Salah Pencet 1992

Film Salah Pencet mengisahkan tentang 3 sahabat bernama Kadir, Doyok dan Eva (Kiki Fatmala) yang mencari pekerjaan ke kota. Dalam usaha pencarian kerja mereka, selalu saja ada hal-hal tak terduga yang membuat mereka gagal mendapatkan kerja. Kesulitan semakin bertambah saat ada seorang pemuda Arab bernama Abud yang sombong yang selalu membuat kegaduhan.

Di akhir kisah, Kadir dan Doyok berhasil menyelamatkan usaha ayah salah satu teman yang bernama Lola (Diah Permatasari) dari kejahatan Abud. Tayang di tahun 1992, film Salah Pencet disutradari oleh Arizal dan dibintangi oleh sederet artis-artis tanah air seperti Kiki Fatmala, Diah Permatasari, Inneke Koesherawati, HIM Damsyik dan sebagainya.