Onward (foto: Disney Pixar)
Onward (foto: Disney Pixar)

DOMIGADO – Disney, salah satu rumah produksi film besar asal Amerika Serikat, selalu menghasilkan film-film animasi orisinal sejak tahun 90-an. Film animasi garapan Disney selalu dicintai oleh penontonnya. Jika bicara kualitas, film animasi besutan Disney memang selalu berkembang, apalagi setelah perusahaan yang dimiliki oleh Walt Disney ini mengakuisisi Pixar pada 2006 silam. Disney bersama Pixar kerap merilis film-film anime berkualitas. Di tahun 2020 ini, Disney Pixar merilis film animasi terbarunya berjudul Onward.

Film Onward, terinspirasi dari kisah pribadi, digarap dengan apik oleh sutradara sekaligus penulis naskah Dan Scanlon. Bercerita tentang  dua bersaudara yang bertualang bersama untuk mencari sebuah keajaiban yang masih tersisa di dunia, Onward menjadi petualangan yang unik, magis, menyenangkan, serta mengharukan dalam porsi yang istimewa.

Sinopsis Film Onward (2020)

Onward mengambil latar tempat di sebuah dunia fantasi yang telah menjadi satu dengan peradaban modern. Hal tersebut berdampak pada kekuatan sihir yang ada sejak ribuan tahun lalu di dunia, dan kini hampir lenyap karena sudah dianggap tidak relevan lagi. Akan tetapi, nyatanya kemampuan supernatural dibutuhkan oleh dua bersaudara elf bernama Ian dan Barley untuk bertemu lagi dengan ayahnya.

Ian dan Barley Lightfoot bersaudara pun berusaha untuk menghidupkan kembali sisa-sisa keajaiban magis yang lekang dimakan waktu dan perkembangan teknologi. Petualangan ini dimulai ketika Ian berulang tahun ke-16 dan mendapatkan hadiah tongkat ajaib dari ayah, Wilden Lightfoot. Wilden mengatakan, jika menggunakan tongkat ajaib berbatu permata dengan mantra akan bisa memunculkan dirinya di hadapan Ian dan Barley selama 24 jam, meski Wilden telah meninggal belasan tahun lamanya.

Hal tersebut disambut baik Ian dan Barley, terutama Ian yang tak pernah bertemu dengan ayahnya sejak lahir. Namun Phoenix Stone yang menjadi komponen penting dalam ritual tersebut tiba-tiba hancur dan mengakibatkan wujud sang ayah hanya terbentuk sebagian saja. Dari sinilah petualangan dua bersaudara ini dimulai.

Onward menghadirkan petualangan yang unik dan magis (foto: Disney Pixar)
Onward menghadirkan petualangan yang unik dan magis (foto: Disney Pixar)

Jalan cerita Onward di awal terasa sedikit lambat. Namun dengan hal itu, Dan Scanlon membuat penonton memahami perbedaan jauh karakter Ian dan Barley. Pendalaman di awal ini membuat penonton nantinya bisa melihat perkembangan karakter dua bersaudara ini di akhir. Tom Holland memerankan karakter Ian Lightfoot dengan apik. Kepolosan, keragu-raguan, bahkan gegabah ala anak remaja ditampilkan Holland dengan baik. Sifat seperti itu sudah mahir dimainkan aktor kelahiran 1996 tersebut sejak Spider-Man.

Sementara itu, Chris Pratt memerankan karakter Bradley yang berbeda 180 derajat dari Ian. Bradley memiliki sifat urakan, tak kenal rasa takut, berani menantang bahaya selayaknya darah muda. Namun ia tetap menjadi penjaga Ian. Pengetahuan Barley mengenai mantra dan petualangan ajaib yang berdasar dari gim kartu Dungeons & Dragons membuat Ian menyebutkan banyak mantra ajaib yang sedikit mengingatkan dengan film Harry Potter.

Lewat jalan cerita yang sedikit lambat di awal, Scanlon juga membawa penonton untuk melihat tingkat putus asa seseorang untuk melihat orang yang dikasihi. Hal tersebut bahkan bisa membuat mata penonton mulai berkaca-kaca. Meski begitu, Onward juga menyajikan banyak humor melalui tingkah Barley, Ian, dan beberapa karakter pendukung lainnya seperti sang ibu (Julia Louis-Dreyfus), Corey (Octavia Spencer), bahkan dari sang ayah yang hanya setengah tubuh.

Visual yang unik seperti unicorn di tempat sampah, trolls, putri duyung, gnomes, serta makhluk mitos lainnya juga menjadi hiburan bagi mata yang bisa memancing tawa. Plot tersebut memeang cukup menarik untuk diangkat menjadi sebuah cerita. Plot cerita yang ringan untuk di ikuti, sehingga kita tidak perlu berpikir keras untuk mengikuti jalan ceritanya. 

Anda bisa tonton film Onward di layanan streaming Domigado.com dengan klik di halaman berikutnya