Review film The Trial of the Chicago 7, film laris meski baru rilis (foto: Netflix)
Review film The Trial of the Chicago 7, film laris meski baru rilis (foto: Netflix)

DOMIGADO – Baru dirilis pada 16 Oktober lalu, film The Trial of the Chicago 7 langsung menjadi film yang paling banyak ditonton di Netflix. The Trial of the Chicago 7, film arahan Aaron Sorkin ini terinspirasi dari kisah nyata tentang proses peradilan terhadap kelompok aktivis anti-Perang Vietnam yang kerap dijuluki sebagai Chicago 7. Sederet bintang Hollywood kenamaan juga turut membintangi film The Trial of the Chicago 7 ini.

The Trial of the Chicago 7 menceritakan kisah nyata tentang tujuh orang yang melakukan aksi protes di Chicago pada 1968. Protes damai di Konvensi Nasional Demokrat tahun 1968 itu berubah menjadi aksi kekerasan dengan polisi dan garda nasional. Setahun kemudian, mereka diadili atas dugaan memicu kericuhan dan pelanggaran perbatasan.

Film ini menyoroti proses peradilan yang penuh dengan ketidakadilan. Sorotan besar jatuh pada keputusan Presiden Richard Nixon untuk “mempertontonkan” sidang yang disebut-sebut sebagai show trial. Sistem ini berkembang pada medio 1920-an, di mana persidangan hanya menjadi panggung sandiwara, padahal keputusan hakim terhadap para terdakwa sudah bulat. Sidang biasanya digelar terbuka untuk memberikan pelajaran bagi masyarakat.

Dalam film ini, sistem tersebut diterapkan untuk mengintimidasi kaum hippie, aktivis perdamaian, dan gerakan kulit hitam yang menentang Perang Vietnam. Film yang diproduseri Stephen Spielberg ini bertabur bintang Hollywood. Sacha Baron Cohen berperan sebagai salah satu anggota Chicago 7, yaitu aktivis kenamaan Abbie Hoffman.

Selain Hoffman, formasi Chicago 7 diperkuat oleh Tom Hayden (Eddie Redmayne), David Dellinger (John Carroll Lynch), Bobby Seale (Yahya Abdul-Mateen II), Jerry Rubin (Jeremy Strong), John Froines (Daniel Flaherty, dan Lee Weiner (Noah Robbins). Sejumlah bintang lainnya juga turut meramaikan film ini, termasuk Joseph Gordon-Levitt yang berperan sebagai jaksa Richard Schultz.

The Trial of the Chicago 7 hapir gagal produksi

The Trial of the Chicago 7 hampir gagal produksi (foto:  Netflix)
The Trial of the Chicago 7 hampir gagal produksi (foto:  Netflix)

Sutradara film Aaron Sorkin juga berperan sebagai penulis. Di 2007, Sorkin mulai menulis cerita bersama dengan Steven Spielberg. Namun sebuah kejadian membuat Spielberg keluar dari tim produksi. Sorkin pun melanjutkan sorang diri dengan merombak skrip dan mulai menulis setiap detail kejadian dari tahun 1968 hingga saat ini. Sorkin menggunakan cerita non linear, dari mulai saat peristiwa belum terjadi, selama terjadi, dan setelah terjadi.

Paramount Pictures sebagai rumah produksi, awalnya akan merilis film ini secara terbatas pada 25 September, namun karena pandemi COVID-19, rumah produksi itu menghapus penayangan teatrikal dan memilih Netflix sebagai tempat penayangan.

Fakta menarik film The Trial of the Chicago 7

Di garap produser dan sutradara kenamaan, film ini di gadang-gadang akan raih banyak penghargaan (foto: Netflix)
The Trial of the Chicago 7 dibintangi aktor Hollywood kenamaan (foto: Netflix)

Berikut beberapa fakta menarik film The Trial of the Chicago 7 yang di lansir dari laman Kompascom (16/10).

1. Adaptasi dari kisah nyata

Cerita dalam film ini diambil dari kisah nyata kaum radikal politik bernama Chicago 7. Terdiri dari tujuh anggota, Chicago 7 awalnya melakukan aksi protes damai bersama ribuan demonstran lain saat Konvensi Nasional Partai Demokrat di Chicago pada 1968.

Aksi tersebut berubah kacau dan Chicago 7 pun ditahan atas tuduhan pemicu kerusuhan, konspirasi, dan pelanggaran di perbatasan negara bagian. Pada Februari 1970, lima dari tujuh anggota Chicago 7 dinyatakan bersalah. Namun, pengadilan banding membatalkan hukuman tersebut pada 1972.

2. Aaron Sorkin menjadi sutradara sekaligus penulis naskah

Film ini disutradarai oleh Aaron Sorkin, yang juga berperan sebagai penulis naskah. Di dunia hiburan Hollywood, Aaron Sorkin dikenal sebagai sosok yang sering menggarap film sejarah dan biografi. Sebelum The Trial of the Chicago 7, Sorkin juga pernah menempati kedua posisi tersebut dalam film Molly Game (2017). Beberapa film lain yang naskahnya juga ditulis Sorkin adalah The Social Network (2010), Moneyball (2011), dan Steve Jobs (2017).