10 lagu lawas yang kembali menjadi hits karena TikTok (foto: youtube)
10 lagu lawas yang kembali menjadi hits karena TikTok (foto: youtube)

DOMIGADO – Aplikasi TikTok benar-benar menjadi idola saat pandemi. TikTok seakan menjadi Pelepas penat ditengah kebosanan para penggiat media sosial. Tidak sedikit lagu lawas yang kembali popular karena TikTok. Terkadang ada juga yang tidak menyadari jika lagu yang mereka gunakan di TikTok adalah lagu lawas yang pernah hits di jamannya. Berikut adalah deretan lagu lawas yang kembali menjadi hits karena TikTok.

1.  Put Your Head on My Shoulder – Paul Anka (1959)

Dilansir dari laman Wikipedia, lagu “Put Your Head on My Shoulder” adalah lagu yang ditulis oleh penyanyi dan penulis lagu Kanada, Paul Anka. Versi Anka direkam pada Agustus 1958 dan dirilis sebagai single oleh ABC-Paramount pada 1959 dengan nomor katalog 4510040, disusun dan dipandu oleh Don Costa .

Lagu ini kembali populer ketika dirilis sebagai single oleh The Lettermen pada tahun 1968. Versi ini mencapai No. 44 di Billboard Hot 100, itu lebih berhasil di tangga lagu Easy Listening , di mana ia memuncak di No. 8. Lagu ini juga menggapai kesuksesan dengan versi lain, seperti yang dibawakan Enrique Guzmán (penyanyi Meksiko) pada 1960, Derek Redfern di tahun 1974, dan Leif Garrett pada 1978.

2. Lagu Lawas Dominique – Jeanine Deckers (1963), Viral di TikTok

” Dominique ” adalah lagu populer berbahasa Prancis tahun 1963 , ditulis dan dibawakan oleh penyanyi wanita Belgia, Jeannine Deckers, lebih dikenal sebagai Sœur Sourire atau The Singing Nun . Lagu itu tentang Santo Dominikus , seorang pendeta kelahiran Spanyol dan pendiri Ordo Dominikan , di mana dia adalah salah satu anggotanya (sebagai Suster Luc-Gabrielle).

Lirik lagu dalam bahasa Inggris ditulis oleh Noël Regney . Selain bahasa Prancis dan Inggris, Deckers merekam versi dalam bahasa Belanda, Jerman, Ibrani, Jepang, Korea, dan Portugis. Lagu Dominique mencatatkan rekor penjualan teratas di 11 negara pada akhir 1963 dan awal 1964.

3. Stay With Me – Miki Matsubara (1980)

Memasuki awal tahun 80-an, lagu aliran city pop mulai mendominasi di negara Jepang. Salah satunya adalah lagu ‘Stay With Me’ yang dinyanyikan oleh penyanyi Miki Matsubara ini. Lagu yang rilis pada tahun 1979 ini kembali menjadi tren berkat TikTok. Tren TikTok tersebut diberi nama ‘They Say Japanese Women From the 80s Know This Song’.

4. Lagu Lawas Lemon Tree – Fools Garden (1995), Hadir di TikTok

“Lemon Tree” adalah lagu karya grup musik asal Jerman, Fool’s Garden, dari album Dish of the Day. Lagu ini dirilis pada tahun 1995 dan menjadi terkenal secara internasional pada tahun 1996. Lagu ini menduduki posisi ke-26 pada UK Singles Chart dan menduduki posisi pertama di Jerman yang bertahan selama empat pekan. Lagu ini juga menduduki posisi pertama di Austria, Islandia, Irlandia, Norwegia, dan Swedia. Peter Freudenthaler mengatakan bahwa dia menulis lagu ini pada Minggu siang ketika dia menunggu pacarnya. Fool’s Garden merekam ulang versi baru sebelum perilisan High Times – The Best of Fools Garden pada tahun 2009.

5. Lagu Lawas Legendaris TikTok, Bagaikan Langit – Potret (1998)

Bagaikan langit adalah single kedua dari album potret yang berjudul Café. Album ini dirilis di tahun 1998 berisi 13 buah lagu dengan hits singel lagu yang berjudul Diam. Lagu Diam mendulang sukses dengan musik dan lirik yang sangat berat dan gothic, walaupun bergitu lagu ini mendapatkan banyak penghargaan .

Singel keduanya yang berjudul Bagaikan Langit tak kalah sukses dengan singel pertamanya, bahkan lagu ini masih dinyanyikan sampai sekarang Potret pun kembali menguncang hiburan tanah air dengan singel fenomenal ini. Singel yang ketiga yaitu Satu Kebanggaan. Namun sayang, lagu ini kurang mendapat perhatian dari masyarakat.

6. Kopi Dangdut – Fahmi Sahab (2001)

Lagu berjudul “Kopi Dangdut” dinyanyikan serta dipopulerkan oleh Fahmi Shahab. Seperti judul lagunya Kopi Dangdut milik Fahmi Shahab, memiliki genre nuansa musik dangdut. Video klip milik Fahmi Shahab berjudul Kopi Dangdut dirilis perdana pada tahun 2001. Lagu Kopi Dangdut kembali viral setelah banyak dinyanyikan dan bermunculan di platform sosial media Tik-Tok.