Poster film The Secret Garden 2020
Poster film The Secret Garden 2020 (foto: imdb.com)

DOMIGADO – The Secret Garden adalah sebuah film adaptasi terbaru dari cerita klasik karangan Frances Hodgson Burnett. Film The Secret Garden ini dirilis secara resmi pada tanggal 7 Agustus 2020 yang lalu di STXfilms. The Secret Garden merupakan sebuah film fantasi yang disutradarai oleh Marc Munden dan dibintangi oleh Dixie Egerickx, Colin Firth, dan Julie Walters. 

Film The Secret Garden ini diadaptasi dari novel berjudul sama ‘The Secret Garden’ yang terbit tahun 1911 karangan Frances Hodgson Burnett. Sudah menjadi rahasia yang umum, jika film yang diangkat dari novel fantasi terbukti tidak pernah mengecewakan. Apalagi dalam film The Secret Garden ini premisnya begitu menarik. 

Bagi pecinta film fantasi, The Secret Garden wajib dimasukkan ke dalam daftar film yang harus ditonton. Produser dari film ini pun tidak sembarang, adalah produsernya dari film fantasi terlaris Harry Potter. Dengan begitu, sudah pasti segala sesuatu yang ada dalam film ini akan tampak nyata dan apik.

Alur Cerita The Secret Garden

Film The Secret Garden, mengisahkan seorang anak perempuan Inggris bernama Mary, yang menjadi yatim piatu ketika kedua orangtuanya meninggal. Dari kediamannya di India, Mary dibawa ‘mudik’ untuk tinggal di rumah besar bersama pamannya. Rumah yang seperti istana itu tidak ada bedanya dengan penjara bagi Mary yang sebenarnya adalah anak dari keluarga berada dan sedikit manja. Sisa-sisa perang dan kemuraman menjalar pada dinding-dinding tempat Mary tinggal sekarang. Tidak hanya itu, Mary harus dikurung dengan segudang peraturan, yang tak pernah alpa diingatkan secara ketus oleh ibu pengurus rumah. 

Mary tidak diperkenankan jalan-jalan sembarangan. Namun tentu saja hal tersebut bukan masalah bagi seorang Mary. Sesi eksplorasi yang dilakukan setiap hari, membuat Mary bertemu dengan sepupunya yang terkurung tidak boleh keluar kamar karena sakit. Interaksi keduanya, membawa Mary kepada pengetahuan baru tentang keluarganya. Dan membuatnya menemukan sebuah taman ajaib, yang tentu saja merupakan obat dari penyakit yang diderita bukan saja oleh sepupunya tersebut, melainkan juga seluruh penghuni rumah termasuk Mary sendiri. Tentu saja, jika mereka memanfaatkannya dengan tepat.

Mary tinggal bersama pamannya di sebuah rumah besar yang kelam
Mary tinggal bersama pamannya di sebuah rumah besar yang kelam (foto: imdb.com)

Terdengar depressing memang, The Secret Garden memiliki dunia cerita yang cukup dewasa atau bisa dibilang sedikit “Dark” untuk anak-anak. Mary bukanlah tipe princess yang patuh dan polos. Dia adalah seorang gadis yang menyebalkan, tidak mau dilarang, dan manja. Bahkan saking manjanya setiap hari dia meminta dipakaikan baju kepada pengurus rumah. Mary juga tidak suka sarapan bubur. Namun, karakternya ini ditulis sedemikian rupa bukan tanpa sebab. Karakter Mary berkaitan erat dengan hubungan bersama ibunya yang telah tiada. 

Apa yang terjadi disitulah bisa dibilang cukup gelap untuk konsumsi anak-anak. Mary adalah seorang anak yang tumbuh dengan percaya bahwa ibunya sendiri tidak suka dengannya, dan bahkan dia berpikir bahwa dirinyalah penyebab ibunya meninggal. Mary is one scarred-character, yang kini tidak punya siapa-siapa sehingga dia harus membenahi dirinya sendirian. Dan dari keadaan itulah muncul kekuatan tokoh ini, yang me-redeem tokohnya menjadi panutan bukan hanya bagi anak-anak melainkan juga bagi orang dewasa.