Kanye West umumkan dirinya akan maju sebagai calon presiden AS
Kanye West umumkan dirinya akan maju sebagai calon presiden AS (foto: FOX Business)

Rapper Kanye West mengumumkan keinginannya untuk maju dalam pencalonan Presiden Amerika Serikat yang akan digelar November mendatang. Kanye mengungkapkan ini melalui akun nya @kanyewest, pada Sabtu (4/7/2020) waktu setempat.

“Kita sekarang harus mewujudkan janji Amerika dengan mempercayai Tuhan, menyatukan visi kita dan membangun masa depan kita. Saya mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat! # 2020VISION,” tulis West di akun Twitternya (4/7/2020).

Pendeklarasian Kanye West untuk menjadi salah satu kandidat dalam Pemilihan Presiden AS 2020 ini pun mendapatkan dukungan beberapa pihak. Salah satunya dari CEO Tesla, Elon Musk. Meski dianggap mencari sensasi, peluang Kanye West masuk dalam dunia politik Negeri Paman Sam terbuka lebar.

Ini bukan pertama kalinya West mengungkapkan keinginannya menjadi presiden AS. Menurut People, sebelumnya West pernah mengungkapkan hal serupa saat tampil di Fast Company Innovation Festival pada November 2019.

Netizen tampaknya berpikir bahwa rapper itu bercanda, yang mendorong West untuk bertanya, “Apa yang kalian tertawakan?” Sejauh 2015, West telah secara terbuka membahas keinginannya untuk mencalonkan diri sebagai presiden, setelah membuat pengumuman di MTV Video Music Awards.

Pada tahun yang sama, ketika ditanya oleh Vanity Fair apakah dia serius untuk mengajukan tawaran presiden, West pun menjawab, “Oh, tentu saja,” ujarnya serius. Niat West itu juga didukung oleh para pesohor, salah satunya pebisnis Elon Musk.

Istrinya, Kim Kardashian, dengan cepat menanggapi pengumuman suaminya. Dia me-retweet Tweet suaminya dengan emoji bendera Amerika. Sebelumnya ia juga pernah mengungkapkan kekhawatirannya jika suaminya itu serius untuk “nyapres“, yaitu dibongkarnya foto dan video yang dianggap skandal.

Istri Kanye West, Kim Kardashian pernah mengungkapkan kekhawatirannya jika suaminya itu serius untuk nyapres
Istri Kanye West, Kim Kardashian pernah mengungkapkan kekhawatirannya jika suaminya itu serius untuk nyapres (foto: FOX40Jackson.com)

“Lihatlah semua kejadian buruk yang terjadi kepada Melania, mereka memperlihatkan foto-foto telanjang dia,” kata Kim, dikutip dari Mirror.co.uk.