Taylor Swift pinterest
pinterest

DOMIGADO – Bicara soal industry musik Hollywood, ada banyak nama-nama besar yang telah menuai banyak prestasi dan menampilkan musikalitas terbaik dipanggung internasional. Dari generasi ke generasi, musisi-musisi Hollywood semakin tumbuh dengan kualitas-kualitas baru yang tak kalah dari para seniornya. Billboard menjadi barometer bagi para musisi untuk menunjukkan kualitas serta kepopuleran karya mereka. 

Tak berlebihan jika menyebut solois cantik, Taylor Swift sebagai penyanyi solo perempuan paling sukses di generasi saat ini. Penyanyi 30 tahun itu kembali sukses mengukir prestasi gemilang di dunia musik, khususnya dalam puncak Billboard 200. Rekor yang didapat Taylor Swift dalam tangga Billboard semakin menunjukkan eksistensinya dalam bermusik.

Belum lama ini, Taylor berhasil mencetak rekor sebagai penyanyi prempuan dengan peringkat nomor satu terbanyak di tangga lagu bergengsi, Billboard 200. Ia menyamai rekor mendiang seniornya, Whitney Houston, penyanyi legendaris yang memiliki banyak judul lagu popular, seperti  I Will Always Love You, When You Tell Me That You Love Me, dan masih banyak lainnya.

Album terbarunya, Folklore sudah 6 minggu berturut-turut memuncaki Billboard 200. Sepanjang kariernya, secara keseluruhan Taylor  sudah 46 minggu memuncaki Billboard 200 dengan 8 album karyanya. Taylor menjadi artis perempuan kedua, setelah Whitney, yang memuncaki Billboard 200 selama 46 minggu. Whitney memuncaki tangga Billboard 200 lewat album Whitney Houston (1985), Whitney (1987), soundtrack The Bodyguard (1992), dan I Look to You (2009).

Lagu-lagu Taylor mendapat banyak minat dari anak muda diseluruh dunia. Cerita dalam lagu yang ia usung selalu dekat dengan kehidupan pribadinya yang dapat memotivasi para pendengarnya.  Sepak terjangnya di industry music tak dapat disepelekan, tercatat Taylor pernah menjadi penulis lagu termuda yang dipekerjakan oleh Sony Music. Album debut pertamanya berhasil nangkring diposisi kelima tangga lagu Billboard 200. Sedangkan pada album keduanya, Fearless, berhasil menjadi album terlaris tahun 2009 di Amerika Serikat. Album ini memenangkan empat Grammy Awards dan  menjadikan Taylor Swift sebagai pemenang termuda Album of the Year.

Taylor Swift

Swift merupakan salah satu dari artis music terlaris sepanjang sejarah. Ia telah menjual lebih dari 40 juta album, termasuk 27.8 juta di AS dan 130 juta single unggahan. Sebagai seorang penulis lagu, Swift telah menerima penghargaan  dari Nashville Songwriters Association dan Songwriters Hall Of Fame, dan masuk kedalam 100 Penulis Lagu Terbaik Yang Pernah Ada oleh majalah Rolling Stone pada tahun 2015. Dia juga merupakan pemenang dari 10 Grammy, satu Emmy, 23 Billboard Music Awards dan 12 Country Music Association Awards, dan dia memegang enam Guiness World Record.

Taylor Swift juga pernah masuk dalam 100 orang paling berpengaruh didunia (2010, 2015 dan 2019) oleh majalah Time dan daftar wanita berpenghasilan tertinggi dalam bidang musik (2011–2015) oleh majalah Forbes “100 Most Powerful Women” (2015), dan Celebrity 100 (2016). Kemunculannya untuk ketiga kali di daftar ini menjadi wanita termuda dalam daftar, dan dia berada di nomor satu di Celebrity 100.

Taylor dan Whitney memimpin di kategori penyanyi perempuan yang paling banyak memuncaki Billboard 200. Namun secara keseluruhan, group band legend The Beatles masih menjadi raja dengan 132 minggu.

Sementara itu, selain albumnya, Cardigan yang menjadi andalan di Folklore juga sempat menduduki peringkat satu di Billboard Hot 100. Namun, Cardigan hanya merajai tangga lagu tertinggi tersebut selama 1 pekan saja.