SM entertainment adalah nama besar di industri musik Korea Selatan

DOMIGADO – SM entertainment adalah nama besar di industri musik Korea Selatan. Agensi ini termasuk agensi terbesar dan yang paling lama berdiri di Korea Selatan. SM entertaiment didirikan pada tanggal 14 Febuari 1994 dengan nama SM Studio oleh Lee Soo Man. Pada tahun 1995, nama agensi ini baru berganti menjadi SM entertainment. Bersama agensi YG Entertaiment dan JYP Entertaiment, SM entertainment menjadi The Big 3. Ini menunjukan posisi SM Entertaiment sebagai salah satu dari 3 agensi hiburan yang terbesar dan terkuat di Korea Selatan. SM Entertaiment juga merupakan agensi pertama yang menerapkan sistem trainee pada calon idolnya. Sistem trainee SM Entertaiment ini dicontoh oleh agensi-agensi lain dan masih digunakan sampai hari ini.

SM entertaiment mencetak banyak nama besar di industri musik Korea, sebut saja TVXQ, Super Junior, Girl’s Generation atau SNSD, Red Velvet, EXO dan masih banyak nama bintang besar dan populer lain. Debut dari agensi besar, apalagi yang menjadi bagian dari The Big 3 akan memberi banyak keuntungan untuk karir sang bintang. Karena itu untuk menjadi trainee SM entertainment bukanlah hal yang mudah. Audisi yang dilakukan sangat ketat dengan banyak saingan. Jika diterima sebagai trainee, bukan berarti perjuangan telah selesai. Trainee harus rajin berlatih dan bersabar menunggu kesempatan untuk debut. Jika kamu berminat untuk bersaing menjadi Trainee SM entertaiment, kamu perlu tahu 4 aturan yang wajib ditaati oleh trainee SM entertaiment.

Dilarang Menggunakan Handphone dan Melanggar Jam Malam

Jika kamu menjadi trainee SM entertainment kamu tidak boleh menggunakan handphone kecuali pada hari Minggu dan malam hari setelah latihan. Hal ini dilakukan agar trainee fokus sepenuhnya pada sesi latihan yang biasanya dilakukan pada siang dan sore hari. SM entertainment juga menerapkan jam malam, trainee tidak boleh keluar dari asrama melebihi jam malam dan waktu yang ditetapkan. Bahkan kabarnya trainee SM Entertainment tidak diperbolehkan untuk keluar pada malam hari. Mungkin selain bisa berbahaya untuk mereka, SM Entertainment khawatir trainee yang keluar pada malam hari akan melakukan tindakan yang memalukan agensi.

Terus Berlatih

Sepertinya latihan benar-benar hal yang penting dan selalu ditekankan oleh SM Entertainment pada setiap traineenya.  Trainee SM Entertainment memiliki jadwal latihan yang gila-gilaan. Mereka biasanya berlatih selama lebih dari 12 jam setiap hari. Satu-satunya hari di mana mereka tidak latihan dan istirahat adalah di hari Minggu. Trainee SM Entertainment memang diharapkan untuk terus berlatih untuk mengasah kemampuan mereka. Pantas saja, idol-idol dan bintang dari SM Entertainment  selalu terlihat berbakat dengan penampilan sempurna. Ternyata rahasianya adalah latihan keras yang tidak pernah berhenti.

Belajar dari Kesalahan

Trainee juga manusia, bahkan jika dia trainee SM entertainment,  namun agensi besar satu ini tidak ingin trainee mengulang kesalahan yang sama selama dua kali. Sehingga SM Entertainment menjadi sangat ketat pada trainee setiap kali mereka melakukan kesalahan. Ketika seorang trainee melakukan kesalahan, trainee tersebut tidak diizinkan berlatih. Mereka akan disuruh menuliskan kesalahan yang mereka lakukan. Mereka tidak diizinkan berlatih bahkan memasuki ruang latihan. Sampai trainee tersebut benar-benar menyadari dan mengakui kesalahannya.

Idol SM Entertainment

Selalu Menghormati Senior

Dalam Korea Selatan, budaya senioritas memang telah mengakar kuat. Menyapa dan membungkuk pada senior kita merupakan tanda hormat. Trainee diwajibkan untuk selalu menerapkan hal ini. Mereka diharapkan untuk  menyapa dengan suara yang keras dan membungkuk ketika bertemu dengan senior mereka. Tidak heran ketika debut idol-idol SM Entertainment memiliki manner yang sangat baik pada penyanyi yang lebih senior.

Itulah 4 aturan yang harus ditaati oleh trainee. SM entertainment dikenal sebagai salah satu agensi yang paling ketat dalam melindungi trainee dan idolnya. Sehingga walaupun terlihat sederhana, pelanggaran berat pada aturan-aturan di agensi BIG 3  adalah BIG NO.