DOMIGADODrama Korea sedang menjadi jenis tontonan yang tengah sangat diminati oleh masyarakat global. Namun walaupun berasal dari Korea Selatan, ternyata tidak semua inspirasi kisah Drama Korea berasal dari budaya Korea Selatan, loh. Tapi juga bisa dari serial-serial barat.

Selain kisah-kisah cinta dari yang manis-manis sampai yang menyanyat hati. Drama Korea masa kini memiliki variasi genre dan plot yang sangat banyak dan beragam. Inspirasi cerita sebuah tayangan memang bisa datang dari mana saja termasuk cerita dalam Drama Korea.

Banyak juga Drama Korea yang ternyata merupakan remake dari serial-serial barat atau serial-serial yang berasal dari Amerika Serikat untuk diangkat dalam cerita mereka. Hal ini mungkin agak tidak disangka terutama oleh para penggemar Drama Korea. Karena lebih sering didapati Drama Korea mengremake serial dari asia seperti dorama Jepang.

Mungkin para penonton malah tidak menyadari jika Drama Korea yang ditontonnya merupakan hasil remake serial barat. Hal ini karena proses adaptasi dan remake yang dilakukan bukanlah sekadar mengambil jalan cerita dan meniru adegan. Cerita dalam serial barat  tersebut diolah dan dikmebangkan lagi sehingga tidak hanya menghasilkan tayangan yang bermutu dan menarik. Namun juga menjadi lebih sesuai dengan para penonton dalam budaya asia khususnya budaya Korea Selatan.

Dengan mengadaptasi serial barat popular Drama Korea juga jadi lebih mudah diterima. Apalagi oleh para penonton yang sebelumnya tidak menggemari Drama Korea. Berikut ini adalah 5 Drama Korea yang ternyata hasil remake dari serial barat.

1. Criminal Minds – 2017

Criminal Minds

Drama yang ditayangkan oleh saluran TV TvN ini sudah jelas merupakan sebuah adaptasi serial TV Amerika Serikat. Criminal Minds sendiri memang drama detektif dan misteri yang tayang di saluran TV CBS sejak tahun 2005 sampai sekarang. Criminal Minds menjadi salah satu serial barat yang paling popular di seluruh dunia.

Versi Korea dari Criminal Minds mengangkat premis yang sama dengan versi baratnya. Yaitu sekelompok profiler yang berusaha memecahkan kasus-kasus besar di Korea Selatan. Para penonton akan dibuat kagum dengan cara dan metode yang digunakan oleh para profiler ini dalam mengungkap kejahatan.

Drama ini dibintangi oleh Lee Joon Gi yang berperan sebagai Kim Hyun Joo, ia merupakan seorang profiler yang berkerja untuk NCI atau National Criminal Investigation. Ia bersama dengan 5profiler yang lain yaitu Kang Ki Hyung yang diperankan oleh Son Hyun Joo, Yoon Min Young yang diperankan oleh Lee Sun Bin, Han Sun Woo yang diperankan oleh Moon Chae Woo, Lee Han yang diperankan oleh Go Yoon dan Na Na Hwang yang diperankan oleh Yoo Sun. Tergabung dalam satu tim untuk memecahkan berbegai kasus sulit.

2. Missing Nine – 2017

Missing Nine
Missing Nine

Mungkin para penggemar Drama Korea tidak akan menyangka, bahwa Drama Korea Missing Nine yang tayang pada tahun 2017 juga merupakan hasil remake. Pada tahun 2004 sampai 2011, serial TV Amerika Serikat berjudul Lost ditayangkan di saluran TV ABC. Serial ini menceritakan suatu kecelakaan pesawat yang berangkat dari Sydney ke Los Angeles. Kecelakaan itu membuat beberapa penumpang yang selamat terdampar di sebuah pulau tropis misterius.

Premis ini sangat mirip dengan premis yang diangkat dalam cerita drama Missing Nine. Walaupun begitu sebenarnya belum ada konfirmasi resmi dari pihak serial Amerika Serikat maupun Drama Koreanya sendiri. Yang menyatakan bahwa memang Missing Nine merupakan hasil remake dari serial Lost.

Missing Nine sendiri menceritaka 9 selebritis dari Legend Entertainment yang terdampar di sebuah pulau misterius. Setelah pesawat yang mereka tumpangi bersama mengalami kecelakaan. 4 bulan menghilang hanya 1 dari 9 orang yang kembali dengan selamat ke Korea Selatan. Missing Nine menyahikan berbagai konflik yang menegangkan. Drama ini benar-benar sukses membuat emosi penonton naik turun seperti roller coaster. Mulai dari tegang, penasaran, jengkel, marah, sedih sampai tertawa karena adegan kocaknya.

Missing Nine dibintangi oleh berbagai nama top Korea Selatan seperti Jung Kyung Ho Be Jin Hee, Oh Jung Se, Choi Tae Joon, Lee Sun Bin, Kim Sang Hoo, Tae Hang Ho, Ryu Won sampai member boyband terkenal Chanyeol EXO.

3. Suits – 2018

Suits
Suits

Drama ini dibintangi oleh aktor terkenal Park Hyung Sik yang popular lewat drama seperti Hwarang dan Strong Woman Do Bong Soon. Suits sendiri ini merupakan remake dari serial TV Amerika Serikat dengan judul yang sama. Suits versi barat tayang sejak 2011 dan masih berlanjut hingga sekarang.

Selain aktor popular Park Hyung Sik, drama ini juga dibintangi oleh aktor senior Jang Dong Gun. Suit mengisahkan kehidupan profesi pengacara. Choi Kyung Seo yang diperankan oleh Jang Dong Gun merupakan seorang pengacara legendari di firma hokum di Korea Selatan. Choi Kyung Seo kemudian dipasangkan dengan seorang pengacara pemula bernama Go Yeon Woo yang diperankan oleh Park Hyun Sik. Go Yeon Woo ini memiliki keistimewaan di mana dirinya memiliki daya ingat yang sangat baik dan luar biasa.

4. Mistress – 2018

Mistress
Mistress

Mistress merupakan salah satu Drama Korea yang tayang di tahun 2018, menceritakan kehidupan percintaan 4 perempuan yang memiliki profesi yang berbeda. Ada Jan Se Yeon yang seorang janda dan single parent untuk putrinya. Sejak suaminya meninggal dalam insiden kecelakaan. Kemudian Kim Eun Seo yang merupakan seorang psikiater diperankan oleh Shin Hyun Bin, Seorang guru SMA bernama Han Jung Won diperankan oleh Choi Hee Su dan Do Hwa Young yang diperankan oleh Goo Jae Yee yang merupakan seorang pengacara.

Mistress merupakan remake dari serial TV barat berjudul Mistresses yang tayang pada 2008 sampai 2010 di saluran TV BBC.  Drama ini akan menunjukan pada kamu berbagai sisi dan peran perempuan dalam kehidupan. Terutama dalam urusan romansa.

5. Life On Mars – 2018

Life On Mars
Life On Mars

Drama Korea bergenre fantasi dan misteri berjudul Life On Mars merupakan hasil remake dari serial barat yang berjudul sama. Life On Mars versi barat tayang di saluran TV BBC pada tahun 2006 sampai 2007. Life On Mars versi barat sendiri merupakan salah satu serial terbaik di Inggris. Hal ini terbukti dari dua penghargaan dalam kategori Best Drama Series. Penghargaan ini didapatkan dua kali berturut-turut oleh Life On Mars di ajang International Emmy Awards di tahun 2006 dan 2009.

Life On Mars dibintangi oleh Jug Kyung Ho yang berperan sebagai Han Tae Joo, pemimpin dari tim investigasi kriminal. Suatu hari Han Tae Joo mengalami kecelakaan yang tida terduga ketika tengah menyelidiki kasus pembunuhan berantai. Ketika terbangun ternyata Han Tae Joo sudah berada pada tahun 1987.  Agar bisa kembali ke masanya yang sebenarnya, Han Tae Joo berusaha untuk memecahkan berbagai kasus di tahun 1987.

Walaupun kisah yang ditampilkan dalam Drama Korea Life On Mars sama persis dengan Life On Mars versi barat. Namun sentuhan budaya Korea Selatan dan penyajian karakternya yang berbeda membuat Life On Mars versi Drama Korea ini tampil lebih segar.  

Nah itu dia 5 Drama Korea yang merupakan hasil remake serial TV Barat. Dari kelima drama di atas yang mana nih yang paling tidak kamu sangka merupakan hasil remake. Kamu bisa menonton drama-drama ini dan drama-drama Korea populer lain di streaming Domigado. Tinggal Klik di sini.