DOMIGADO – Sejak dari pengumuman, debut hingga comebacknya tahun ini, Boyband SuperM memang ditimpa cukup banyak masalah. Boyband satu ini memang bukan boyband biasa. SuperM adalah projek besar dari SM Entertaiment. Member-member SuperM diambil dari boyband-boyband asuhan SM Entertaiment yang sudah debut dan dikenal masyarakat. Dengan bergabung dalam supergroup SuperM, SM Entertainment mengharapkan fandom-fandom bersatu dan mendukung SuperM. Namun sebaliknya yang terjadi ramai kontroversi SuperM karena protes diantara fans dan fandom group asal mereka.

Walaupun banyak diterpa masalah dan kontroversi, boyband yang disebut sebagai avengernya Kpop ini tetap berjalan. SM entertaiment dan SuperM pun bersiap menghadapi kontroversi dan masalah yang menghadang mereka. Inilah sejumlah fakta di seputar kontroversi SuperM.

kontroversi SuperM
Supergroup SuperM

Ditolak Bahkan Sebelum Debut

Pada bulan Agustus 2019, tagar #SuperGroupDisbandParty menjadi trending. Karena para fans EXO yang disebut EXO-L menolak debutnya SuperM. EXO-L menolak SuperM karena ada 2 member populer yang menjadi member SuperM yaitu Baekhyun dan Kai. Menurut EXO-L, daripada debut di boyband baru lebih baik Baekhyun dan Kai melakukan aktivitas comeback bersama EXO. Karena EXO sendiri sudah jarang melakukan comeback. Mungkin akan semakin jarang jika EXO kehilangan Baekhyun dan Kai lagi karena aktivitas SuperM.

Para fans menuntut SM Entertaiment untuk membatalkan debut SuperM yang saat itu direncanakan pada Bulan Oktober 2019. Menurut para fans, lebih baik jika SM Entertaiment merilis comeback EXO  saja daripada membuat projek yang dapat memecah belah grup kesayangan mereka, EXO.

SuperM mendapat penolakan dari fandom group asal mereka
SuperM mendapat penolakan dari fandom group asal mereka

Para Fans Khawatir Member Akan Meninggalkan Boyband Awalnya

Ketakutan terbesar yang membuat para fans menolak adanya SuperM adalah mereka khawatir SuperM akan memecah belah grup kecintaan mereka. Seperti yang disebutkan bahwa member-member SuperM berasal dari boyband-boyband yang telah debut. Member-member tersebut adalah Kai dan Baekhyun dari EXO, Lucas dan Ten dari WayV, Mark dan Taeyong dari NCT dan Taemin dari Shinee.

Para fans EXO selalu menantikan comeback EXO yang jarak terjadi, tidak adanya Kai dan Baekhyun bisa membuat mereka menunggu lebih lama lagi. Apalagi boyband yang lama hiatus dan tidak melakukan comeback memiliki resiko tinggi untuk ditinggalkan membernya. Kekhawatiran yang sama pada boyband WayV yang merupakan salah satu sub unit NCT. WayV sudah lama dihiatuskan oleh SM Entertaiment dan masa depan boyband satu ini tidak jelas membuat fansnya khawatir. Namun  Lucas dan Ten malah bergabung dan melakukan promosi bersama SuperM.

Para Fans khawatir Para Member kelelahan

SuperM memikul target yang tinggi dari SM entertaiment, karena itu SM entertaiment tidak tanggung-tanggung dalam debut dan aktivitas promosi mereka. SuperM tidak hanya melakukan promosi di Korea Selatan saja namun juga di Amerika Serikat. Terutama karena target pasar musik mereka adalah para pendengar dari Amerika Serikat dan chart Billboard. Sehingga mereka juga pasti memiliki banyak aktivitas di negeri Paman Sam itu. Para fans dari fandom mereka masing-masing khawatir para member akan kelelahan. Melakukan latihan dan kegiatan promosi untuk dua grup apalagi jika jadwal comeback yang berdekatan. Pasti akan menguras energi para member SuperM.

SuperM diproyeksikan saingi kesuksesan BTS di industri musik internasional
SuperM diproyeksikan saingi kesuksesan BTS di industri musik internasional