DOMIGADO – Setiap grup K-Pop idol pasti memiliki yang namanya fandom. Karena memang idol K-Pop dan fandom itu adalah dua hal yang tak terpisahkan dan yang menghidupkan satu sama lain. Biasanya grup K-Pop akan memberikan nama untuk fandomnya secara resmi. Nama fandom secara resmi ini bertujuan untuk mendekatkan interaksi dan komunikasi antara idol dan para fansnya.

Namun ternyata karena banyaknya jumlah grup K-Pop idol saat ini, apalagi dengan setiap tahun ada grup idol K-Pop baru atau rookie yang debut. Sehingga sangat mungkin ada grup yang memiliki nama fandom yang sama. Jika hal ini terjadi tentu saja salah satunya harus mengalah dan mengganti nama fandomnya. Biasanya grup rookielah yang akhirnya mau tak mau mengganti nama fandomnya.

Peristiwa nama fandom sama secara tidak sengaja ini ternyata cukup sering terjadi, loh di dunia idol K-Pop dan fandom. Ada beberapa alasan mengapa grup K-Pop akhirnya mengganti nama fandomnya. Berikut ini adalah 6 idol K-Pop yang mengganti nama fandomnya.

1. Nama Resmi Fans TXT

TXT

TXT dikenal sebagai adik dari BTS karena mereka adalah boyband kedua yang didebutkan langsung oleh Big Hit Entertainment. Pada tahun 2019, Big Hit Entertainment mengumumkan nama resmi fandom TXT yaitu Young One. Yang maksudnya berasal dari kata yeongwon yang dalam Bahasa Korea berarti selamanya.

Namun ternyata TXT bukanlah artis pertama yang menggunakan kata itu sebagai nama fandom. Young One sudah lebih dulu menjadi nama fandom dari personel SNSD Tiffany Young. Kesamaan nama ini bahkan sempat menyulut emosi di antara fans.

Namun akhirnya hal ini dapat diselesaikan setelah pihak Big Hit Entertainment meminta maaf. Sebagai gantinya Big Hit Entertainment mengganti nama fandom resmi TXT. Nama fandom resmi TXT pun menjadi MOA yang merupakan singkatan dari Moment of Alwaysness. Nama ini memiliki arti agar TXT dan fans bisa selalu bersama setiap saat dan selamanya.

2. CRAXY

CRAXY nama resmi
CRAXY

Pada Bulan Maret 2020 lalu, pihak agensi girlband CRAXY S.A. Entertainment mengumumkan nama resmi fandom girlband ini yaitu CRAVITY. Nama ini merupakan gabungan dari kata CRAXY dan gravity. Namun ternyata pada Bulan April 2020, boyband CRAVITY didebutkan oleh Starship Entertainment.

Sehingga nama fandom CRAXY dan nama boyband CRAVITY ini sering kali tumpang tindih. Guna menghindari kesalahpahaman pihak agensipun memilih untuk mengganti nama fandom CRAXY. Pada tahun 2021, nama fandom CRAXY berganti dari CRAVITY menjadi CROWN atas saran dari fans mereka.

3. Nama Resmi Fans Cignature

Cignature
Cignature

Hal yang tidak jauh berbeda juga menimpah girlband rookie Cignature. Dimana baru-baru ini yaitu pada Bulan Febuari 2021 ini, Cignature mengumumkan nama fandom resmi mereka yaitu Ciluv yang merupakan gabungan dari kata Cignature dan luv.

Namun hanya perlu beberapa jam saja nama fandom ini mengundang masalah. Ciluv yang dalam Bahasa Korea dibaca ‘shi-leob’ memiliki pelafalan yang sama dengan nama fandom girlgrup G-Reyish yaitu Syrup.

Pihak agensi Cignature yaitu C9 Entertainment pun memutuskan menarik nama fandom tersebut dan sampai sekarang masih belum diumumkan lagi nama fandom resmi dari Cignature. Banyak fans yang telah menyarakan berbagai nama seperti Cignets, Cignals, atau Ciggies.

4. Cross Gene

Cross Gene nama resmi
Cross Gene

Selanjutnya ada boygrup Cross Gene yang memiliki nama fandom Destiny yang disempurnakan menjadi Destiny Gene. Nama fandom ini sebagai penghormatan atas member sekaligus maknae Cross Gener yaitu J.G. J.G. yang juga main vocalist ini memutuskan untuk keluar dari grup setelah satu tahun berkarir.

Namun hanya selang beberapa jam saja sejak nama itu diputuskan, nama fandom itu ditarik kembali. Alasannya karena ada kemiripan nama fandom Cross Gene dengan nama fandom grup BESTIe yaitu BESTIny. Dari Destiny Gene, Cross Gene pun mengganti nama fandomnya menjadi CandY yang merupakan singkatan dari Cross Gene and You.