Domigado – Agar bisa terkenal dan populer di Korea Selatan bukanlah hal yang mudah. Tanpa disadari, ada banyak idol yang mencoba untuk terkenal dan mencoba masuk dibawah naungan entertainment besar. Ada juga yang nekat, sampai akhirnya idol yang bubar karena berbagai kendala semakin banyak. Bukan hanya persaingan yang tinggi, talenta benar-benar dibutuhkan menjadikan para artis bekerja ekstra.

Idol Grup yang Bubar Karena Berbagai Faktor

Hal ini pun terjadi pada beberapa idol kpop yang bubar dan juga dikhawatirkan akan hilang dari dunia hiburan Korea. Kira-kira grup idol apa saja?

1) Yellow Bee yang Teraniaya Agensi

sc : koreaboo

Grup Yellow Bee merupakan idol grup wanita yang berada dibawah naungan Addiction Entertainment pada 2017. Mereka justru harus populer karena skandal yang dialaminya. Yellow Bee memutuskan untuk bubar pada Mei 2020 lalu. Member Yellow Bee, bernama Ari kemudian membeberkan kebobrokan agensi yang melakukan pelecehan hingga para anggota yang harus membayar sendiri biaya tiket pesawat. Bahkan pembuatan MV pun harus mereka biayai sendiri.

Sebelumnya agensi mengumumkan pembubaran grup karena para anggota sudah tidak mencapai kesepakatan. Ada juga yang menyebarkan rumor, anggota yang memiliki gaya hidup yang slutty. Ari pun angkat suara karena merasa pernyataan itu yang dibalas tidak benar.

2) LABOUM Gagal Gaet Hati Penggemar

sc : dailysia

LABOUM merupakan grup yang telah lama ada, dan sudah rilis di tahun Agustus 2014, yang berarti bahwa perusahaan mereka kemungkinan besar akan mengumumkan apakah mereka akan dibubarkan atau tidak pada Agustus 2021. Walaupun telah aktif selama lebih dari enam tahun, tetapi telah berjuang untuk mempertahankan basis penggemar yang solid baik di dalam maupun luar negeri.

Ditambah lagi, salah satu membernya yakni Yulhee akhirnya meninggalkan grup pada 2017. Karena kurangnya popularitas di kalangan masyarakat umum, kemungkinan besar mereka akan bubar pada 2021.

3) Berry Good yang Nggak Bernasib Good

sc :aminoapps

Berry Good memulai debutnya pada Mei 2014, yang berarti mereka memiliki waktu hingga Mei 2020, walaupun belum jelas apakah akan bubar di tahun ini atau tidak, namun faktanya banyak yang menyebut akan ada pembubaran besar. Grup ini telah melihat banyak perubahan formasi selama bertahun-tahun.

Dengan lima mantan anggota dan saat ini empat anggota di grup. Dengan banyaknya kepergian dari grup dan belum lagi, popularitas di masyarakat umum di Korea Selatan, kemungkinan besar mereka akan bubar.

4) Idol Grup yang Bubar Karena Pandemi, Spectrum

idol bubar karena pandemi
sc :aminoapps

Masih seumuran dengan NonPunch, grup SPECTRUM harus bubar pada Juli 2020. Grup yang debut tahun 2018 ini bubar karena agensi yang menaungi mereka Wynn Entertainment terkena dampak pandemi covid-19. Oleh karena itu pihak agensi memutuskan kontrak dengan grup beranggotakan enam anggota tersebut. Hal ini ditambah dengan adanya kejadian naas, pada Juli 2018, salah satu anggota, Dongyeoon meninggal secara tragis.