Ternyata dalam menulis lagu, BTS tidak hanya berdasarkan pengalaman pribadi tapi juga banyak terinspirasi dari membaca buku. Setidaknya 6 ada buku novel bagus yang jadi sumber inspirasi lagu-lagu BTS, bahkan ada novel pemenang nobel sastra juga loh!

Perjalanan karir mereka, boyband BTS tidak hanya sekedar menawarkan musik-musik bagus. Pada album dan lagu-lagu yang dirilis oleh boyband yang beranggotakan RM, Jin, Suga, Jhope, Jimin, V dan Jungkook terdapat narasi atau jalan cerita yang saling berhubungan. Jalan cerita dalam lagu-lagu BTS disebut Bangtan Universe oleh ARMY sebutan fans BTS. Untuk mengetahui jalan cerita tersebut bukan hal yang mudah dilakukan. Para ARMY tidak hanya  menyelidiki musik dan video yang dirilis BTS tetapi juga berbagai refrensi yang lain mulai dari film, novel sampai teori psikologi. Berikut ini buku-buku yang menjadi inspirasi lagu-lagu BTS sekalipun kamu non-ARMY buku-buku ini worth it banget untuk masuk ke reading list kamu.

1. The Pied Piper of Hamelin

Pied Piper adalah salah satu lagu BTS dari Album Love Yourself : Her. Di lagu ini BTS ingin memberitau ARMY agar tidak terlalu fokus pada BTS. Para ARMY yang tersihir oleh pesona BTS ini seperti anak-anak yang mengikuti permainan suling Hamelin dalam dongeng fabel The Pied Paper of Hamelin.

The Pied Piper of Hamelin bercerita tentang sebuah desa yang diserang wabah tikus. Seorang pemain suling membantu desa itu dengan menghipnotis para tikus agar keluar dari Desa. Namun karena warga desa mengingkari janji mereka dan tidak memberi mereka imbalan. Si pemain suling membalasnya dengan menghipnotis para anak-anak di desa dengan permainan sulingnya. Seperti musik BTS yang telah menghipnotis ARMY.

2. The One Who Walk Away from Omelas – Ursula K. Le Guin

Cerita pendek yang menjadi bagian dari kumpulan cerpen The Wind’s Twelve Quarters yang terbit pada tahun 1975. Cerita pendek ini berkaitan dengan lagu BTS Spring Day yang rilis tahun 2016. Kata Omelas muncul di musik video Spring Day BTS.

The One Who Walk Away from Omelas bercerita tentang kota utopia yang makmur dan damai bernama Kota Omelas. Namun kemakmuran dan kedamaian Kota Omelas tersebut terjadi karena ada seorang anak yang dikorbankan. Anak tersebut dikurung di bawah tanah dan dibiarkan menderita. Para penduduk pun seperti pura-pura tidak tahu dan tidak ingin tahu mengenai keadaan anak itu.

Dalam Bangtan Universe, banyak teori yang menyatakan bahwa salah satu member BTS menempati posisi korban seperti anak dalam cerita demi kebahagiaan member yang lain.

3. Kafka On The Shore – Haruki Murakami

Novel yang direkomendasikan oleh RM BTS ini menginspirasi lagu BTS yang berjudul Butterfly dari Seri Album The Most Beautiful Moments in Life. Haruki Murakami sendiri merupakan penulis yang berasal dari Jepang yang terkenal dengan filosofi yang dalam pada karya-karyanya.

Kafka on The Shore sendiri merupakan novel yang terbit pada tahun 2002. Novel ini menceritakan pertemuan seorang pemuda yang melarikan diri dan seorang lelaki tua yang bisa berbicara dengan kucing. Kisah mereka terjadi di antara realita dan mimpi.

4. Into the Magic Shop: A Neurosurgeon’s Quest to Discover the Mysteries of the Brain and The Secrets of the Heart – James R. Doty

Dari judul bukunya saja bisa ditebak lagu BTS yang terinspirasi oleh buku ini. Buku ini berhubungan dengan lagu BTS yang berjudul Magic Shop yang diproduksi oleh Jungkook BTS dalam album Love Yourself: Tear. Jungkook sendiri mengakui bahwa sangat terinspirasi setelah membaca buku ini.

Buku non-fiksi ini menceritakan tentang perjalanan si penulis dalam mencapai cita-citanya. Pada masa kecilnya ia bertemu dengan seorang wanita di Toko Sulap yang mengajarinya cara membuka hati. Sama seperti bukunya lagu Magic Shop juga meminta para pendengarnya untuk membuka hati mereka dan menyadari jika mereka tidak sendirian.

5. 1Q84 – Haruki Murakami

Satu lagi buku dari Haruki Murakami yang menjadi inspirasi dari lagu BTS dan direkomendasikan oleh RM BTS. 1Q84 sendiri berhubungan dengan hidden track dalam Album Love Yourself: Her.

Novel yang terbit pada tahun 2009 ini berlatar di Tokyo dalam dunia dystopia yang memiliki dua bulan di langitnya. Dua bulan di langit menandakan adanya tabrakan antara dunia mimpi dan realitas tokoh-tokohnya yang masih berkaitan dengan tahun 1984 yang asli.

6. Demian : The Youth of Emil Sinclair – Herman Hesse

Novel  Demian : The Youth of Emil Sinclair terbit pada tahun 1919 dan menerima penghargaan Nobel dalam bidang sastra pada tahun 1946. Novel ini berhubungan langsung dengan lagu Blood, Sweat and Tears dan Album Wings BTS. Kutipan dalam Demian muncul dalam musik video Blood, Sweat and Tears dan 7 Short Movie BTS untuk Album Wings. Demian sudah menjadi bacaan wajib para ARMY untuk memecahkan misteri-misteri jalan cerita di Bangtan Universe.

Novel ini sendiri menceritakan pergolakan seorang tokoh bernama Emil Sinclair dalam proses menuju kedewasaannya. Dalam perjalanannya ini Emil bertemu dan bersahabat dengan Demian yang menjadi sahabat, guru dan penyelamat kehidupannya.

Gimana? Worth it banget kan? Tidak menyangka kan kalau lagu-lagu Kpop bisa terinspirasi dari buku-buku yang terkenal. Jadi buku mana yang mau kamu baca lebih dulu?

Author : Virgin Tirta