DOMIGADO – Tidak bisa dipungkiri memang Hallyu Wave dan kepopuleran Kpop sudah menyebar di berbagai penjuru dunia. Tidak hanya itu kepopuleran Budaya Korea sudah memasuki berbagai industri. Mulai dari musik dengan boyband dan girlband yang memiliki fandom yang besar sampai industri drama dengan ratusan judul yang populer. Namun di antara ratusan judul drama asal negeri gingseng itu, 7 drama ini bisa dibilang punya andil besar sebagai penyebar virus Kpop ke dunia dengan kepopulerannya.

1. Full House

Drakor  Full House penyebar Virus Kpop
Full House. Foto korea.net

Drakor satu ini memang tidak bisa dipungkiri lagi popularitasnya. Drama yang dibintangi Rain dan Song Hye Kyo ini menjadi virus Kpop dan pembuka pintu gerbang kepopuleran Drama Korea pada dunia. Tak hanya itu kisah love and hate dalam drama Full House telah ditiru dan dikembangkan oleh banyak drama setelah Full House. Bahkan menjadi plot yang sangat ikonik untuk drama romantic comedy hingga saat ini. Di tambah lagi drama satu ini telah di remake di berbagai negara, salah satu remakenya yang sukses adalah versi Thailandnya.

Apalagi dengan kepopuleran para aktor dan aktrisnya Rain dan Song Hye Kyo dengan visual yang menakjubkan. Bahkan nampaknya tidak berubah hingga hari ini. Tidak bisa dipungkiri lagi adanya Full House membuat orang mulai tertarik pada drama-drama asal Korea dan membuka kesempatan bagi judul-judul lain untuk lebih dikenal secara global. 

2. Princess Hours

Princess Hours salah satu penyebar Virus Kpop
Princess Hours. Foto. winnetnews.com

Tayang dan rilis lebih dari satu dekade lalu, drama Princess Hours akan selalu dikenang oleh para penggemar Drama Korea. Bahkan untuk mereka yang baru mengenal Drama Korea. Princess Hours merupakan salah satu judul wajib yang harus ditonton sepanjang masa. 

Princess Hours adalah ikon dari Drama Korea genre romance comedy dan drama pertama yang meraih kepopuleran global dan memulai Hallyu Wave. Saking ikoniknya drama satu ini. Para pemeran Princess Hours masih dihubung-hubungkan dengan perannya di Princess Hours. Seperti Joo Ji Hoon yang masih dianggap sebagai Putra Mahkota Lee Shin. 

3. Boys Over Flowers

Boys Over Flowers penyebar Virus Kpop
Boys Over Flowers

Walaupun merupakan drama remake dari Hana Yori Dango, tidak bisa dipungkiri Boys Over Flowers versi Korea Selatan memiliki ruang tersendiri di hati para penonton. Visual dari F4 ala Korea yang terdiri atas Go Jun Pyo yang diperankan oleh Lee Min Hoo, Yoon Ji Hoo diperankan oleh Kim Hyun Jong, Seo Yoo Jung oleh Kim Bum dan Song Woo Bin oleh Kim Joon berhasil membuat jutaan wanita diseluruh dunia terpesona.

Di tahun 2009 kepopuleran Boys Over Flowers tidak hanya menyebar sampai di seluruh Asia namun sampai ke benua-benua lain. Di Indonesia sendiri Boys Over Flowers menjadi salah satu drama yang paling digilai dan banyak diberitakan di masa itu. Drama populer ini juga mengantarkan Lee Min Hoo ke puncak karirnya dan bertahan sebagai aktor populer Korea Selatan hingga saat ini.

4. Descendant of The Sun

Poster Descendant of The Sun
Descendant of The Sun. Foto sg.corousel.com

Ayo ngaku siapa yang ikutan patah hati ketika Song Jong Ki dan Song Hye Kyo mengumumkan pernikahan mereka? Walaupun harus kandas di tengah jalan kisah cinta Song Song Couple ini sempat membuat fenomena baper global. Hal ini dikarenakan chemistry mereka dalam drakor Descendant of The Sun yang seringkali disingkat DOTS. Kisah cinta antara seorang kapten pasukan khusus dan dokter bedah di Zona Netral kota Urk menarik perhatian jutaan penonton secara global. 

Saking populerannya drama ini segala yang berhubungan dengan Descendant of The Sun akan menjadi perhatian publik. Contohnya saja outfit yang dipakai tokoh Kang Moo Yeon yang diperankan oleh Song Hye Kyo. Mulai dari scraft sampai akting semuanya diburu oleh para penggemar.