DOMIGADO – Korea Selatan sama seperti negara lain punya mitos-mitos dan kisah-kisah dongengnya tersendiri. Cerita-cerita rakyat tersebut biasanya menampilkan banyak siluman dan jenis makhluk mistis yang lainnya. Tidak jarang makhluk-makhluk mitos ini dijadikan bahan dalam kisah drama Korea, loh.

Maka dari itu pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan nama-nama makhluk mitologi Korea Selatan karena sering muncul dalam drama Korea. Berikut ini adalah 7 makhluk mitos yang muncul dalam Drama Korea.

1. Gumiho

Gumiho

Dari sekian banyak makhluk mitos dari Korea Selatan, bisa dibilang Gumiho merupakan makhluk mitos yang paling sering muncul dan disebutkan dalam drama Korea. Gumiho memang salah satu mitos yang paling terkenal di negeri gingseng tersebut. Gumiho adalah manusia rubah berekor sembilan.

Biasanya makhluk ini diceritakan telah hidup selama ribuan tahun, mereka tampak anggun dengan bulunya berwarna putih dan ekor berjumlah sembilan. Mereka bisa mengambil wujud seorang manusia terutama perempuan. Kemampuan ini kabarnya untuk mengelabui manusia karena mereka memangsa hati serta menghisap darah untuk melanjutkan hidup.

Dalam drama Korea muncul banyak variasi tentang Gumiho ini, tidak seperti yang dijelaskan dalam legenda. Gumiho dalam drama Korea jarang ada yang jahat bahkan sekarang ada Gumiho yang mengambil wujud laki-laki seperti dalam drama Tale of the Nine Tailed yang diperankan oleh Lee Dong Wook.

2. Jeoseung Saja

Jeoseung Saja
Jeoseung Saja

Joseung saja atau malaikat maut, bisa dibilang mitos malaikat maut ini dipopulerkan oleh Lee Dong Wook. Dengan aktingnya yang ikonik sebagai Joseung Saja dalam drama Korea populer Goblin : The Lonely and The Great God.

Joseung saja terlihat seperti manusia namun mereka selalu berpakaian serba hitam dan memakai gat yaitu topi tradisional Korea. Joseung saja berttugas untuk mengantarkan manusia yang baik dan buruk ke kehidupan selanjutnya. Mereka membawa buku untuk mencatat waktu kematian seseorang.

Walaupun identik dengan kematian dan sering diceritakan memiliki karakter yang kasar dalam mitosnya. Namun Jeoseung saja tidak pernah digambarkan sebagai sosok yang berbahaya.

3. Dokkaebi

 Goblin : The Lonely and Great God
Goblin : The Lonely and Great God

Dokkaebi atau goblin juga dipopulerkan dalam drama Goblin : The Lonely and Great God. Dalam drama tersebut  diceritakan goblin yang bernama Kim Shin diperankan dengan apik oleh aktor Gong Yoo. Namun ternyata Dokkaebi dalam mitos Korea Selatan sangat berbeda dengan apa yang digambarkan oleh drama Korea.

Dokkaebi atau goblin adalah kisah yang muncul pada era dinasti silla. Dalam mitosnya wujud goblin ini sangat bermacam-macam. Ada yang menyebutnya menyerupai manusia ada pula yang menganggap mereka lebih mirip monster. Namun konsep dari dokkaebi selalu sama mereka adalah penghukum bagi orang jahat dan pemberi hadiah pada orang-orang baik.

4. Yong

Yong
Yong

Makhluk mitos Yong dalam mitos Korea Selatan sangat dipengaruhi oleh Budaya Tiongkok. Hal ini bisa dilihat dari bentuk makhluk Yong yang meurpakan seekor naga. Bisa dibilang Yong adalah naga versi Korea Selatan.

Dalam mitos Korea selatan naga dipercaya sebagai lambang kebaikan yang membawa perdamaian serta kebijaksanaan. Dalam mitos sendiri dipercayai ada tiga naga terkuat di Korea Selatan yaitu Yo, naga yang tinggal dalam lautan dan Kyo, naga yang tinggal di penggunungan kemudian Yong. Dari ketiga naga tersebut, Yong merupakan naga terkuat karena ia dikisahkan bisa menciptakan makhluk lain.