DOMIGADO – Bulan Oktober menjadi bulan yang paling spesial bagi kebanyakan masyarakat di Korea Selatan karena bulan ini berlangsungnya festival budaya terbesar yaitu Chuseok, termasuk Chuseok 2020. Umumnya dengan adanya festival budaya ini, maka masyarakat di Korea Selatan mendapatkan jatah untuk libur dan menghabiskan waktu bersama dengan keluarga.

Tahun ini  festival budaya Chuseok jatuh pada hari kamis 1 oktober, sehingga pemerintah menetapkan hari libur mulai tanggal 30 September hingga jumat 2 oktober. Sayangnya karena adanya pandemi corona ini, banyak sekali kegiatan budaya yang dibatalkan.

Mulai dari selebriti yang umumnya menyuguhkan berbagai hiburan dan juga keseruan selama festival budaya ini. Hingga kegiatan yang umumnya dilakukan oleh pemerintah, misalnya saja festival makanan.

Pengertian Perayaan Chuseok 2020

Chuseok 2020
source : HaB Korea

Bagi kamu yang belum tahu, Chuseok merupakan salah satu perayaan atau festival budaya untuk memperingati adanyanya hari panen yang didapatkan masyarakat sejak jaman dahulu. Sehingga mereka memperingati rasa terima kasih pada tanah yang telah menyuburkan makanan dan sayuran yang mereka konsumsi.

Dalam perayaan Chuseok, umumnya keluarga akan berkumpul dan makan bersama. Makanan yang didapatkan adalah sayuran, buah dan tentu saja biji-bijian dari petani lokal yang sudah matang. Selain itu ada juga kegiatan untuk membersihkan makam keluarga atau biasa disebut sebagai Bulcho. Sebuah penghinaan jika sebuah makam keluarga mengalami kondisi kotor bahkan dipenuhi ilalang. Sehingga setiap tahun pasti dilakukan kegiatan Bulcho ini.

Hiburan saat Perayaan Chuseok 2020

Chuseok 2020
source: Mixed up clothing

Umumnya ketika hari raya menjelang maka banyak sekali dunia hiburan yang merilis film ataupun drama untuk menghibur banyak masyarakat Korea Selatan bersama dengan keluarga. Termasuk jika perayaan Chuseok, setiap tahunnya pasti diiringi dengan film yang bagus yang dapat disaksikan bersama dengan keluarga.

Namun sayangnya di tahun 2020 ini pengamat film Korea Selatan mengatakan bahwa kondisi bioskop mereka sangatlah sepi. Pada akhirnya banyak film yang mengalami penundaan perilisan pun begitu bukan berarti tidak ada sama sekali film yang dirilis. Tetapi hanya ada film menengah yang diproduksi dan tetap diluncurkan.

Sayangnya minat masyarakat untuk menonton film pun berkurang. Karena adanya pandemi corona yang tentu saja membahayakan banyak orang, jika beraktivitas di luar ruangan. Korea Selatan sendiri memang sempat mengalami second wave Korea atau adanya gelombang kedua di mana pasien tiba-tiba menanjak naik setelah adanya gelombang pertama yang berhasil diatasi.

Kegiatan 4 idol non Korea Rayakan Chuseok

Chuseok 2020 Boygroup
source: SBS Korea

Apabila idol Korea bisa berkumpul bersama keluarga, lain cerita dengan idol non Korea yang harus menghabiskan waktu tetap di negeri ginseng tersebut. Jika membicarakan mengenai perayaan ini.

Dita Karang – Secret Number

Dita Karang / Chuseok 2020
source: tekape.id

Salah satunya adalah Dita Secret Number yang berasal dari Indonesia. Dita telah merasakan sejak beberapa tahun lalu. Sehingga ia menghabiskan waktu bersama member Secret Number yaitu Lea yang berasal dari Jepang. Mereka mencoba mengunjungi kafe lucu dan jalan-jalan.

“Tapi hari-hari ini saya sedang menyukai masak di dorm. Chuseok 2020, saya ingin membuat makanan tradisional khas Chuseok untuk para member,” kata Dita, dilansir dari eDaily. Dita Karang merupakan idol asal Indonesia yang berhasil berkarir dan debut di Korea Selatan bersama grupnya yaitu Secret Number. Karena adanya libur yang singkat, menjadikan Dita tidak bisa pulang ke Indonesia terutama jika terjadi wabah seperti ini.