DOMIGADO – SM Entertainment adalah salah satu agensi terbesar di industri K-Pop. Tidak heran sih, karena SM Entertainment termasuk ke dalam agensi BIG 3 bersama YG Entertainment dan JYP Entertainment SM Entertainment juga merupakan salah satu pionir sistem trainee yang kita kenal saat ini. Tidak heran kalau SM Entertainment banyak mencetak banyak main vocal berbakat.

Main vocal adalah satu posisi dalam idol grup, sebagai member yang menempati posisi main vocal suaranya akan menjadi yang paling menonjol dalam lagu idol grup tersebut. Sudah pasti kemampuan menyanyi seorang main vocal harus maksimal dan mumpumi.

Berikut ini adalah 9 main vocal dari SM Entertainment dari generasi ke generasi.

1. TVXQ

TVXQ
TVXQ

Kita mulai dari salah satu boy band legend besutan SM Entertainment yaitu TVXQ. TVXQ yang dikenal juga dengan nama DBSK di Jepang ini memiliki Changmin di posisi main vocal. Dari waktu ke waktU, TVXQ selalu dikenal dengan koreografi yang sulit dan powerfull walaupun begitu Changmin dapat membuktikan bakatnya.

Changmin selalu menunjukan bahwa dia dapat mencapai nada tertinggi dengan mudah meskipun sambil menarikan koreografi yang sulit dengan sangat powerfull.

2. Super Junior

Super Junior
Super Junior

Dalam idol grup yang biasanya disebut dengan singkatan Suju ini, ada 3 member yang menempati posisi sebagai main vocal yaitu Kyuhyun, Ryeowook dan Yesung. Para main vocal dari Super Junior ini pun bersatu untuk membentuk sub-unit yaitu Super Junior K.R.Y. Ketiga main vocal suju memiliki tipe suara yang lembut dan sangat mulus saat mencapai nada tinggi. Sehingga Super Junior K.R.Y sangat cocok untuk menyanyikan lagu ballad.

3. Girl’s Generation

Girl’s Generation
Girl’s Generation

Girl’s Generation atau SNSD adalah girl grup legendaris di industri K-Pop salah satunya karena kemampuan vocal Taeyeon Girl’s Generation. Taeyeon adalah member Girl’s Generation yang menempati posisi sebagai main vocal. Taeyeon Girl’s Generation disebut sebagai salah satu main vocal terbaik dalam sejarah girl grup Korea.

4. SHINee

SHINee
SHINee

Sangat sulit untuk menentukan siapa yang menempati posisi sebagai main vocal dalam boy grup SHINee. Secara resmi, posisi main vocal dipegang oleh almarhum Jonghyun. Tidak hanya sebagai vokal utama, Jonghyun merupakan idol yang multitalenta. Selain memiliki kemampuan bernyanyi yang luar biasa, Jonghyun jago dance dan menulis lagu.

Namun sebenarnya semua member SHINee memiliki kemampuan sebagai main vocal dan pernah menempati posisi tersebut. Baik Onew, Minho, Key dan Taemin semuanya dapat dengan mudah mengisi posisi sebagai main vocal di lagu apapun.