Jin BTS

DOMIGADO – Korea Selatan merupakan salah satu negara di dunia yang memberlakukan wajib militer. Wajib militer merupakan sesuatu yang wajib untuk warga negara laki-laki Korea Selatan. Menurut undang-undang dinas militer yang berlaku di Korea Selatan. Wajib militer dilakukan oleh mereka yang sehat dan berusia antara 18-28 tahun. Dengan batas penundaan wajib militer maksimal pada usia 28 tahun.

Anggota tertua dari KPop BTS yaitu Jin BTS yang lahir pada 4 Desember 1992, otomatis tidak lama lagi akan memasuki batas maksimal usia wamil. Menurut undang-undang tersebut Jin harus mendaftar pada akhir tahun ini. Karena Jin BTS akan berusia 28 tahun pada bulan Desember mendatang. Namun sepertinya ARMY akan masih punya lebih banyak waktu bersama idol dengan julukan worldwide handsome satu ini.

Sejak lama pembicaraan tentang pembebasan wajib militer untuk BTS telah santer menjadi bahan pemberitaan. Banyak pro dan kontra atas pantas atau tidaknya pembebasan wajib militer bagi BTS. Sebagian orang termasuk wacana dari anggota parlemen Korea Selatan, menyatakan jika BTS pantas diberikan kebebasan dari wajib militer. Hal ini karena BTS telah berkontribusi besar bagi negara di bidang seni terutama musik. Dengan popularitas BTS yang tinggi dan fenomenalnya boyband ini di kancah internasional. Merupakan keuntungan untuk Korea Selatan dalam mempromosikan negaranya. Terlebih BTS turut menjadi alasan meningkatnya turis dan aspek pariwisata di Korea Selatan.

Boyband BTS
Boyband BTS

Revisi untuk undang-undang dinas militer Korea Selatan

Di sisi lain terutama dari fans-fans boyband lain menganggap hal tersebut tidak adil. Jika idol-idol mereka diwajibkan wamil sehingga harus vakum selama 2 tahun maka BTS dan ARMY harus mengalami hal yang sama. Kejelasan tentang hal ini pun datang pada Rabu, 2 September 2020 kemarin.

Dilansir dari Kstarlive, akan ada revisi untuk undang-undang dinas militer Korea Selatan. Konsultasi untuk perubahan undang-undang tersebut telah diselesaikan oleh pihak pemerintah dan partai yang berpengaruh. Pemerintah Korea Selatan berencana untuk mengusulkan revisi undang-undang dinas militer kepada dewan parlemen pekan ini.

Dalam Undang-undang yang telah direvisi, diusulkan jika individu yang telah berkerja di bidang seni dan budaya selama lebih dari 3 tahun. Sehingga ia memiliki kontribusi yang luar biasa dalam meningkatkan status nasional. Dan telah diakui pemerintah atas jasanya akan diizinkan untuk memperpanjang masa pendaftaran mereka. Namun revisi ini hanya mengusulkan untuk perpanjangan masa pendaftaran bukan pembebasan dari kewajiban wamil.

BTS satu-satunya boyband penerima Order Of Cultural Merit

BTS merupakan satu-satunya boyband yang memperoleh penghargaan Order Of Cultural Merit dari Korea Selatan. Order Of Cultural Merit adalah sebuah penghargaan yang diberikan pemerintah untuk penyanyi, sutradara, penulis serta aktor dan aktris yang mendapatkan penghargaan tersebut. Pemberian penghargaan ini dapat dianggap sebagai pengakuan negara atas pencapaian BTS di bidang musik. Jika menurut revisi tersebut, karena Jin merupakan bagian dari boyband BTS. Sehingga Jin BTS termasuk orang-orang yang diperbolehkan untuk menunda masa pendaftarannya selama 2 tahun.

BTS satu-satunya boyband yang memperoleh penghargaan Order Of Cultural Merit
BTS satu-satunya boyband yang memperoleh penghargaan Order Of Cultural Merit

Wajib militer di Korea Selatan diberlakukan setelah perang saudara dengan Korea Utara yang berjalan lebih dari 60 tahun. Sampai hari ini kedua negara dianggap masih bersitegang dan perang bisa pecah kapanpun dan secara tiba-tiba. Dengan adanya wajib militer diharapkan warga dapat membantu angkatan bersenjata jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Batas maksimum pendaftaran wajib militer ini pernah dibatasi maksimal pada usia 30 tahun. Namun aturan tersebut direvisi menjadi 28 tahun. Revisi yang direncanakan hanyalah untuk para pelaku di dunia seni. Apakah Jin BTS akan memulai wamil tahun ini atau tahun depan? Kita nantikan saja kabarnya.