Ide drama Korea memang bisa datang dari mana saja termasuk cerita adaptasi. Dalam 3 tahun ini, seiring dengan kepopuleran webtoon dan manhwa (komik Korea Selatan). Bermunculan berbagai adaptasi dari webtoon ke bentuk seri televisi. Drama-drama ini pun meraih kepopuleran yang tidak kalah dengan versi webtoonnya. Untuk kamu yang penggemar webtoon dan manhwa atau hanya ingin cara refrensi drama Korea untuk ditonton, kamu bisa simak 7 drama Korea populer yang diadaptasi dari Webtoon berikut ini.

1. Cheese In The Trap (2016)

Drama Korea dari webtoon cheese in  the trap

Dimulai di Tahun 2016, Cheese In The Trap merupakan salah satu dalam jajaran judul webtoon yang pertama kali diadaptasi ke bentuk drama. Drama Korea satu ini berdasarkan Webtoon populer karya Soo Ggi yang rilis pada tahun 2010. Ketika drama ini dirilis webtoonnya sendiri belum tamat. Sehingga sempat diberitakan adanya kekecewaan Soo Ggi pada ending dramanya karena dianggap spoiler. Namun terlepas dari hal itu baik webtoon dan dramanya sendiri sangat populer. 

Cheese In The Trap juga merupakan drama pertama Kim Go Eun yang selama ini fokus membintangi film. Kim Go Eun berperan sebagai Hong Seol seorang mahasiswa pintar dan pekerja keras. Hong Seol selalu merasa bahwa seniornya Jung Yu yang diperankan oleh Park Hae Jin membencinya namun tiba-tiba senior itu meminta Hong Seol menjadi pacarnya. 

Banyak yang menyukai cerita webtoon dan drama ini karena dianggap relateable dan dekat dengan kehidupan sehari-hari terutama bagi para mahasiswa akhir yang akan memasuki dunia kerja.

2. My Id Is Gangnam Beauty (2018)

Drama Korea dari webtoon my id is gangnam beauty

Manhwa karya Gi Maeng Gi ini menjadi salah satu judul paling populer di Platform Webtoon di seluruh dunia. Hal ini yang membuat webtoon ini diangkat menjadi drama Korea pada tahun 2018. Cerita webtoon dan drama Korea ini dianggap unik dan segar. Karena membalikan stigma mengenai operasi plastik, orang-orang selalu memandang operasi plastik merupakan hal yang memalukan untuk dilakukan. Namun Kang Mirae yang diperankan oleh Im Soo Hyang merasa insecure seumur hidupnya.

Karena wajahnya yang jelek, ia dijauhi dan dihina oleh teman-temannya. Karena itu dia merasa Doo Kyung Seok yang diperankan oleh Cha Eun Wo. Teman satu SMA sekaligus satu kampusnya yang sangat tampan dan populer itu tidak akan mengerti kehidupannya. Mirae merasa bahwa ia membutuhkan operasi plastik agar ia dapat menjalani kehidupan lebih baik tanpa penghinaan. 


BACA JUGA >> 7 Tokoh Antagonis Drama Korea yang Bikin Gregetan


Drama Korea ini tidak membenarkan operasi plastik tapi membuat kita mengerti perasaan orang-orang yang mengalami Body Shaming. Karena kita tidak tahu sejauh mana perkataan kita bisa menyakiti orang lain.

3. What’s Wrong With Secretary Kim (2018)

Drama Korea dari webtoon what's wrong with secretary Kim

Drama dengan genre romance komedi yang dibintangi aktor dan aktris ternama ini tidak boleh dilewatkan dalam daftar ini. What’s Wrong With Secretary Kim merupakan adaptasi dari webnovel karya Jung Kyung Yoon yang berjudul Why Secretary Kim di tahun 2013. Dari webnovel, judul ini diadaptasi dalam bentuk manhwa kemudian pada tahun 2018 dirilis versi dramanya. Drama ini seperti banyak drama yang dibintangi oleh Park Seojoon lainnya. Sukses menjadi salah satu drama Korea yang meraih rating tinggi selama penayangannya. 

Bercerita tentang CEO narsistik Lee Young Joon yang diperankan oleh Park Seojoon dan sekretarisnya yang sempurna Kim Mi So diperankan oleh Park Minyoung. Setelah 9 tahun sebagai CEO dan sekertaris. Tiba-tiba sekertaris Kim memutuskan untuk mengundurkan diri. Lee Young Joon pun panik karena dia akan kehilangan salah satu karyawan terbaiknya.

4. Extraordinary You (2019)

Drama Korea dari webtoon Extraordinary you

Drama Korea yang digelari sebagai drama romance terbaper di tahun 2019 ini merupakan adaptasi dari webtoon berjudul July Found You By A Chance karya Moo Ryu. Popularitas webtoonnya yang sangat tinggi membuat Rowoon SF9 merasakan beban dalam memerankan Haru sang Hero. Namun dengan Kim Hye Sung yang memerankan Eun Dan Oh. Extraordinary You mendapatkan popularitas yang tidak kalah dengan versi webtoonnya. 

Mengambil setting yang unik, drama ini menceritakan tokoh-tokoh webnovel yang sadar mereka berada dalam webnovel. Terutama adalah Eun Dan Oh yang bertekad untuk merubah endingnya yang menyedihkan dan menemukan cintanya sendiri di luar skenario penulis. Saat itulah dia bertemu dengan Haru yang merupakan pasangannya di webnovel-webnovel lain.


BACA JUGA >>