DOMIGADO – Wajib Militer disingkat wamil merupakan kewajiban Negara warga Negara Korea Selatan yang berjenis kelamin laki-laki. Di mana mereka harus berpartisipasi dan bergabung dengan militer Negara setelah cukup umur untuk menerima pelatihan dalam beberapa waktu. Wamil menjadi kewajiban untuk setiap warga Negara. Termasuk para aktor drama korea.

Tidak heran jika wamil menjadi momok tersendiri untuk karir para aktor. Karena wamil akan menyebabkan vakumnya mereka dari dunia akting dan bisa menyurutkan popularitas mereka. Tapi sepertinya hal tersebut tidak berlaku bagi 7 aktor yang akan kita bahas berikut ini.

Setelah selesai menjalankan wajib militer ketujuh pria ini kembali ke dunia akting. Mereka bisa membuktikan kalau popularitas dan kualitas mereka tidak mudah hilang sekalipun mereka vakum untuk waktu yang cukup lama.

Berikut ini adalah 7 aktor drama korea yang kembali bersinar setelah menyelesaikan wajib militer.

1. Kim Soo Hyun

kim soo hyun
kim soo hyun

Kim Soo Hyun memulai wajib militernya pada tahun 2017, masa tugasnya berakhir pada bulan Juni 2019 lalu. Begitu masa wamilnya berakhir, sebagai pembuka karirnya setelah wajib militer. Kim Soo Hyun tampil sebagai cameo di drama Korea Hotel Del Luna yang dibintangi oleh IU.

Tidak lama setelah menjadi cameo, Kim Soo Hyun comeback menjadi pemeran utama. Di tahun 2020, Kim Soo Hyun menjadi pemeran utama di drama It’s Okay Not To Be Okay yang dibintanginya bersama Seo Ye Ji. Walaupun telah cukup lama vakum dari dunia akting karena wajib militer sepertinya hal itu tidak bisa menyurutkan kepopuleran seorang Kim Soo Hyun.

Justru di tahun 2020, Kim Soo Hyun menjadi aktor dengan bayaran paling mahal di Korea Selatan lewat drama It’s Okay Not To Be Okay, loh.

2. Kim Bum

Kim Bum setelah wamil
Kim Bum

Pemeran Seo Yi Jung dalam drama Korea ikonik Boys Over Flowers ini memang sudah lama vakum dari dunia akting. Kim Bum vakum karena berbagai sebab mulai dari masalah kesehatannya sampai wajib militernya yang dimulai tahun 2018 lalu.

Kim Bum akhirnya menyelesaikan wajib militernya pada Bulan Maret 2020 lalu. Dan untuk kembali pada dunia akting, Kim Bum membintangi drama Tale of the Nine Tailed yang menjadi drama pertamanya usai wajib militernya.

Dalam drama ini Kim Bum berperan sebagai Lee Rang, dia beradu akting dengan aktor Lee Dong Wook yang memerankan karakter Lee Yeon. Melalui drama Tale of the Nine Tailed, Kim Bum banjir pujian dari netizen Korea Selatan atau K-Netz. Karena sosok Kim Bum dinilai sangat pantas dan sangat baik dalam menggambarkan sosok Lee Rang.

Lee Rang sendiri merupakan gumiho atau siluman rubah setengah manusia yang merupakan tokoh antagonis dalam drama tersebut. Lee Rang sendiri adalah adik dari Lee Yeon.

3.  Lee Min Ho

lee min ho
lee min ho

Pesona oppa sejuta umat ini memang akan sulit luntur sekalipun dia sempat vakum karena wajib militer. Pemeran Goo Jun Pyo dalam drama Boys Over Flowers ini menyelesaikan wajib militernya pada April 2019. Kehadirannya di layar kaca merupakan hal yang paling dinantikan di tahun 2020.

Akhirnya Lee Min Ho comeback lewat drama The King : Eternal Monarch sebagai pemeran utama. Dalam drama ini, Lee Min Ho memerankan karakter seorang raja bernama Lee Geon. Drama ini tayang mulai April 2020 hingga Juni 2020.