DOMIGADO – Kalau kalian belum tahu, nih. Maknae adalah sebutan untuk member yang paling muda dalam suatu group secara usia. Dalam Budaya Korea perkara umur dan senioritas memang sudah sangat mengakar. Jadi biasanya ada posisi sebagai member termuda yaitu maknae dan kakak tertua. Ada beberapa tipe maknae dalam idol group.

Sebagai maknae biasanya member ini merupakan yang paling disayang dan dilindungi oleh para kakaknya. Tapi ternyata maknae itu ada 6 tipenya. Berikut ini adalah 6 tipe makane dalam idol group Kpop.

1. Baby Maknae

Taemin Shinee
Taemin Shinee

Ini adalah tipe maknae favorit semua hyung atau eonnie (Kakak laki-laki atau kakak perempuan) dalam idol group. Karena baby maknae ini punya criteria yang lugu, manja, suka diperhatikan dan agak pemalu. Jadi para kakaknya senang sekali perhatian dan memanjakan baby maknae yang imut-imut. Contoh dari baby maknae adalah Taemin Shinee.

Taemin Shinee yang punya sikap lembut dan pemalu membuatnya dimanja dan disayang, nih oleh para member Shinee lainnya. Apalagi visual Taemin yang memang udah seperti baby, jadi semakin gemas. Jangankan para member Shinee, para penggemar Shinee juga pasti gemas dengan baby maknae Taemin ini.

Melihat senyum Taemin atau senyum polosnya baby maknae pasti membuat para penggemar dan member lain ingin memanjakan dan menjaga member satu ini.

2. Evil Maknae

Umji Gfriend
Umji Gfriend

Kalau tipe maknae yang kedua ini sering bikin repot para member lain nih. Karena kalau mau dimarahin enggak tega karena si maknae sangat imut. Tapi kalau enggak dimarahi sebel juga karena si maknae ini nyebelin.

Evil maknae biasanya punya kriteria yang super, sangat sassy atau suka bicara dan banyak akal. Kalau si evil maknae ini sudah buka mulut para member pasti takut. Karena rahasia mereka bisa bocor sampai kemana-mana. Ditambah maknae jenis ini pasti punya berbagai cara untuk mengerjai para membernya.

Contoh dari maknae jenis evil adalah Kyuhyun Super Junior dan Umji GFriend.  Mungkin karena sudah bersama dalam karir yang  panjang dalam boy grup Super Junior. Walaupun maknae, Kyuhyun tidak segan mengerjai para hyungnya.

Di Gfriend sendiri, para member akan panik kalau Umji Gfriend sudah buka mulut dalam interview. Karena dia pasti akan membongkar banyak kebiasaan buruk dan memalukan dari para member di dorm.

3. Maknae On Top

Yugyeom GOT7 tipe maknae on top
Yugyeom GOT7

Tipe Maknae On Top bisa dibilah sebelah dua belas lah sama tipe Evil Maknae. Kalau ada Evil Maknae yang selalu menang dengan para hyung yang selalu sabar meladeni sikap jahilnya jadilah Maknae On Top.

Kriteria Maknae On Top hampir sama dengan Evil Maknae dengan tingkat kejahilan yang lebih tinggi. Salah satu contoh dari tipe Maknae On Top adalah Yugyeom GOT7. Mungkin Yugyeom GOT7 ini terlalu diberkati karena ditergabung di boy group GOT7.

Sehingga dia punya para hyung yang selalu ikhlas dan sabar menghadapi sikap jahilnya. Tapi pasti susah, sih memarahi maknae seimut Yugyeom walaupun jahilnya minta ampun.

4. Maknae Rasa Hyung

Maknae rasa hyung
Sungjong Infinite

Maknae yang satu ini adalah tipe maknae yang paling rare, nih. Yaitu tipe Maknae Rasa Hyung, seperti namanya jenis yang satu ini cenderung memiliki sikap yang dewasa. Bahkan sikap maknae jenis satu ini kadang lebih dewasa daripada member yang lebih tua.

Contoh dari Maknae Rasa Hyung adalah Sungjong INFINITE. Diakui oleh para member INFINITE yang lain walaupun Sungjong merupakan member dengan usia termuda namun dia memiliki pemikiran yang sangat dewasa layaknya seorang Hyung.