DOMIGADO – Kemarin (30/11), Kai yang merupakan personel grup idol K-Pop EXO meresmikan debutnya sebagai artis solo. Ia menandai debut solonya itu dengan merilis album betajuk KAI dengan main single atau lagu utamanya berjudul Mmmh yang juga dirilis pada Senin, 30 November 2020 kemarin. Pada album solonya ini, para penggemar akan disuguhkan dengan 6 lagu yang energik dari Kai. Dari 6 lagu yang ada yang menjadi lagu utamanya adalah lagu Mmmh.

Dilansir dari Soompi, lagu Mmmh merupakan lagu pop R&B dengan suara minimal dan melodi yang akan membuat pendengarnya ketagihan. Lirik dari lagu ini menggambarkan ketertarikan seseorang terhadap seseorang yang baru pertama kali ditemuinya. Perasaan ini diungkap dengan percaya diri dan keren sepertinya lagu satu ini bisa jadi mood booster serta pemompa rasa percaya diri dari para pendengarnya, nih.

Kai sendiri mengaku merilis album solonya setelah menjadi bagian dari boy band membuatnya merasa gugup dan canggung. Hal ini disampaikan Kai pada konferensi perilisan albumnya, selain itu Kai juga mengaku bahwa selain gugup dan canggung dia juga merasa bersemangat.

Melalui album solonya dia ingin lebih membuka dirinya pada para penggemar dan masyarakan umum. Kai menjelaskan bahwa judul album solonya yaitu KAI memiliki arti ‘terbuka’. Untuk tujuannya ini, Kai menunjukan pesona, suara dan tariannya juga beragam sisi dirinya sebagai artis dan manusia pada masyarakat umum.

Pemilik nama Kim Jong In Ini juga menjelaskan bahwa dirinya secara pribadi memilih semua lagu yang ada di album dan memikirkan apa yang paling cocok untuk dirinya. Seperti nada vokal yang seperti apa dan penampilan apa yang bisa dia tunjukan di atas panggung.

Kai EXO
Kai EXO

Kai juga mengaku walaupun dia telah melakukan debut solo, dia tetap mencintai EXO sebagai bagian dari dirinya. Namun di album kali ini dia akan menunjukan dirinya mulai dari lagu, tarian sampai bagaimana gaya berpakaian yang dia sukai di album solonya. Ternyata perilisan album solo Kai ini telah mendapat persetujuan dan bahkan banyak bantuan dan dukungan dari para member EXO dan teman-teman dekatnya.

Dukungan ini jelas terlihat, seperti dalam konferensi pers album Kai yang dilakukan di hari yang sama dengan perilisan albumnya. Yang menjadi MC-nya adalah sahabat sekaligus member EXO yaitu Baekhyun EXO. Debut solonya ini menjadikan Kai sebagai sebagai anggota kelima EXO yang terjun sebagai penyanyi solo. Sebelumnya Baekhyun, Chen, Suho dan Lay telah mendahuluinya untuk debut solo.