DOMIGADO – NCTzen meramaikan twitter sejak Kamis, 6 November 2020 kemarin dengan permasalahan sub unit yang ada di NCT.  Terdapat banyak pendapat dari pro maupun kontra di antara NCTzen dan penggemar Kpop lainnya. Boyband NCT yang memiliki member lebih dari 20 orang. Adalah hal yang wajar dan efektif untuk membagi NCT dalam beberapa sub unit.

Pro-kontra perihal sub unit NCT ini diawali dengan sub unit NCT Dream. Pada salah satu artikel yang ditulis oleh Nylon, dalam artikel tersebut dituliskan konsep dari boyband NCT. Boyband NCT memiliki beberapa sub unit mulai dari NCT U, NCT 127, NCT Dream dan WayV. Para NCTzen tidak setuju dengan penjelasan singkat yang dituliskan dalam artikel tersebut mengenai NCT Dream terutama mengenai jumlah anggota.

Hal ini membuat tagar #7Dream_IS_FIXED_UNIT menjadi trending di twitter termasuk di Indonesia pada hari Kamis, 6 November 2020. Para penggemar secara kompak mengungkapkan kekesalannya melalui tagar tersebut. Namun ternyata tidak semua NCTzen memiliki pendapat yang sama.

Sub Unit NCT : NCT DREAM
NCT DREAM

Beberapa NCTzen menyanggah tagar tersebut dan mengatakan bahwa sejak awal NCT Dream bukanlah sub unit tetap. Seperti NCT U dan NCT 127 member yang mengisi line up akan berubah-ubah setiap tahunnya. Perubahan ini bergantung dengan proses graduation yang berlangsung dalam NCT.

NCT Dream sendiri debut pada tahun 2016 dengan tujuh anggota yaitu Mark, Renjun, Jeno, Haechan, Chenle, Jaemin dan Jisung. Mereka debut dengan single Chewing Gum. NCT Dream diisi dengan maknae line alias anggota-anggota termuda dalam NCT.

 NCT Dream memiliki konsep kelulusan. Di mana member yang sudah berusia di atas 20 tahun tidak mengikuti promosi bersama NCT Dream lagi. Namun ternyata Mark yang sudah lulus dari NCT Dream sejak tahun 2018 ternyata ikut kembali dalam promosi NCT Dream tahun ini.

Sub Unit NCT : NCT 127
NCT 127

Selain NCT Dream muncul pro kontra kembali mengenai hal serupa. Kali ini adalah sub unit NCT 127, penyebabnya sama yaitu adanya artikel yang serupa dengan artikel yang dirilis oleh Nylon yang juga mengenai jumlah anggota. Dalam artikel tersebut dituliskan jika NCT 127 hanya memiliki 9 member padahal NCT 127 memiliki 10 member. Karena ini tagar NCT_127_IS_10 juga ikut menjadi trending di Twitter.

Member NCT yang tergabung dalam NCT 127 awalnya memang ada 10 member. Para member tersebut  adalah Taeil, Johny, Taeyong, Yuta, Doyoung, Jaehyun, Winwin, Jungwoo, Mark dan Haechan.  Kesalahan presepsi jumlah anggota ini mungkin disebabkan oleh absennya Winwin sejak tahun 2019.