Pemenang Seoul Internasional Drama Awards
Pemenang Seoul Internasional Drama Awards

DOMIGADOSeoul Drama Awards atau juga dikenal dengan nama Seoul Internasional Drama Awards adalah ajang penghargaan bagi drama-drama berkualitas, unggul dan populer berskala internasional.

Walaupun berpusat di Korea Selatan, ajang penghargaan ini tidak hanya mengapresiasi drama-drama Korea Selatan saja tapi juga internasional. Acara ini diadakan setiap tahunnya termasuk pada tahun 2020 ini, ajang penghargaan ini ditayangkan pada 15 September 2020 kemarin.

Namun karena masih ada kebijakan menjaga jarak atau social distancing di Korea Selatan. Sebagai kelanjutan dari tindak pencegahan penyebaran virus Covid-19 yang diambil oleh pemerintah Korea Selatan. Tahun ini Seoul Drama Awards diadakan secara non face to face. Yang artinya tidak ada pemenang atau pembawa acara yang datang secara langsung.

Acara penghargaan direkam  dengan kehadiran  beberapa orang saja dan tidak seperti kebanyakan ajang penghargaan biasanya. Seoul Drama Awards kali ini tidak ditayangkan secara live melainkankan direkam. Sehingga tayangan yang ditampilkan pada 15 September 2020 kemarin merupakan hasil rekaman di hari-hari sebelumnya.

Drakor When The Camellia Blooms dan Crash Landing On You berjaya

Yang menjadi pembawa acara dalam acara tersebut adalah Kim Soo Ro dan Jinyoung yang merupakan member dari boygrup GOT7 dan pembaca berita dari stasiun tv MBC Park Ji Min.

When The Camellia Blooms dan Crash Landing On You berjaya di Seoul Drama Awards 2020
When The Camellia Blooms dan Crash Landing On You berjaya di Seoul Drama Awards 2020

Grand Prize atau Daesang dari Seoul Drama Awards 2020 yang merupakan penghargaan tertinggi di ajang tersebut. Dimenangkan oleh seri Orphans Of A Nation yang berasal dari stasiun TV Brazil dan drama populer milik saluran TV KBS yaitu When The Camellia Blooms, sukses menggondol 5 piala. Termasuk piala untuk aktris dan aktor terbaik yang dimenangkan oleh  Gong Hyo Jin dan Kang Ha Neul. Sedangkan drama populer lainnya yaitu Crash Landing On You berhasil membawa 2 piala. Salah satu pialanya didapatkan oleh aktris Son Ye Jin.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah list pemenang penghargaan pada setiap kategori pada ajang penghargaan Seoul Drama Awards di Tahun 2020.

Grand Prize / Daesang  Orphans Of A Nation (Brazil)
Serial Drama Golden Bird Prize Bolivar (Colombia)
Serial Drama  Silver Bird PrizeMr. Fighting (China)
TV Movies Golden Bird PrizeThe Turncoat (Germany)
TV Movies Silver Bird PrizeEverything and Nothing (South Korea)
Mini Series Golden Bird PrizeWorld On Fire (United Kingdom)
Mini Series Silver Bird PrizeItaewon Class (South Korea)
Best ActorWaleed Zuaiter (Baghdad Central)
Best ActressGong Hyo Jin (When The Camelia Blooms)
Best ScreenwriterIm Sang Choon (When The Camelia Blooms)
Best DirectorAdam Smith (World Of Fire)
Jury’s Special PrizeThe Cage (Czech Republic), XX (South Korea)
Most Populer Foreign DramaSnowpiecer (United States), Descendant Of The Sun (Philipphines), The New Pope (Italy)
Excellent Korean DramaWhen The Camelia Blooms
Outstanding Korean DramaCrash Landing On You, Stove Language, Extraordinary You
Outstanding Korean ActorKang Ha Neul
Outstanding Korean ActressSon Ye Jin
Best OST in Korean DramaWhen The Camelia Blooms
Short Form Drama Golden Bird Prize18h30 (France)
Asian Star PrizeDingdong Dantes, Yokohama Ryusei

Selamat atas kemenangan para pemenang di Seoul Drama Awards di tahun 2020 ini. Walaupun dalam segala keterbatasan karena situasi pandemi. Namun apresiasi tetap diberikan pada karya-karya terbaik yang dibuat dengan kerja keras dan dedikasi.