Inilah 7 Destinasi Wisata Populer di Jepang yang harus dikunjungi. Negeri matahari terbit selalu mampu memikat hati para traveler untuk berkunjung ke sana. Bukan hanya karena kecantikan sakura atau keelokan Gunung Fuji, tapi karena banyaknya destinasi wisata lainnya yang memang menggoda untuk didatangi.

Bagi Anda yang berencana jalan-jalan ke Jepang, bisa menyimak 7 destinasi wisata populer di Negeri Sakura ini:

1. Gunung Fuji

Destinasi wisata Jepang Gunung Fuji
Gunung Fuji. Foto. liburankejepang.com

Namanya sangat populer di dunia. Gunung setinggi 3.776 meter ini merupakan gunung tertinggi dan terpopuler di Jepang. Gunung ini terletak di antara Yamanashi dan Shizuoka dan jika hari sedang cerah, Anda bisa melihatnya dari Tokyo dan Yokohama. Cara lainnya untuk menikmati keindahan Gunung Fuji adalah dengan naik kereta antara Tokyo dan Osaka. Bagi yang suka hiking bisa mendakinya. Terdapat lima danau indah di atas ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Kelima danau tersebut di antaranya adalah Yamanakako, Motosuko, Saiko, Shojiko dan Kawaguchiko. Selain itu, terdapat sebuah rest area, Fujigoko, yang menyediakan resort, camping ground, kolam pemancingan, museum dan juga pemandian air hangat. Gunung Fuji salah satu surga dunia.

2. Tokyo Disneyland

Destinasi wisata Jepang Tokyo Disneyland
Tokyo Disneyland. allabout-japan.com

Di sini, terdapat berbagai wahana permainan dengan tema film-film yang diproduksi Walt Disney. Tempat wisata ini merupakan Disneyland pertama yang dibangun di luar Amerika Serikat dan dibuka pada tahun 1983. Tokyo Disneyland dibagi menjadi tujuh area utama yaitu World Bazaar, Tomorrowland, Toontown, Adventureland, Westernland, Critter Country dan Fantasyland. Masing-masing zona ini memiliki ciri khas sendiri. Bagi Anda yang membawa anak-anak, Toontown adalah zona yang tepat. Di sini, anak-anak bisa masuk ke kota para kartun Disney. Mereka bisa berkunjung ke rumah Mickey Mouse atau bermain di perahu Donald Duck. Kalau mau berbelanja, bisa masuk ke World Bazaar. Zona yang terletak di pintu masuk ini cocok untuk Anda penggemar belanja dan wisata kuliner. Bangunan didesain menyerupai Amerika pada awal abad ke-20.

3. Tokyo Disneysea

Destinasi wisata Jepang Tokyo Disneysea
Tokyo Disneysea. Foto. tokyodisneyresort.jp

Tokyo Disneysea juga merupakan taman rekreasi bertema karakter Disney. Jika Disneyland mengunggulkan wahana wisata daratnya, Disneysea ini mengusung konsep air. Tokyo Disneysea lebih menargetkan pengunjung remaja hingga dewasa. Tapi hal ini bukan berarti anak kecil dilarang masuk. Anda masih bisa mengunjunginya bersama keluarga dan menikmati keseruan liburan disini. Tokyo Disneysea dibagi menjadi tujuh zona utama antara lain: Meditteranean Harbor, Mysterious Island, Mermaid Lagoon, Arabian Coast, Lost River Delta, Port Discovery dan American Waterfront. Salah satu yang paling menarik adalah Mediterranean Harbor, Di sini, Anda akan diajak berkeliling dengan menggunakan gondola semacam di Venice, Italia. Bagi yang menyukai petualangan, coba masuk ke Arabian Coast. Sinbad akan membawa Anda menjelajah istana dan laut di sekitarnya. Berwisata di sini tubuh terasa segar bugar.

4. Hiroshima Peace Memorial Park

Destinasi wisata Jepang Hiroshima Peace Memorial Park
Hiroshima Peace Memorial Park. Foto.reuters

Hiroshima Peace Memorial Park merupakan sebuah kawasan yang dikhususkan untuk mengenang tragedi bom atom yang mengguncang kota Hiroshima pada tahun 1945. Sebelum dihancurkan oleh bom atom, Hiroshima adalah kawasan pusat bisnis dan politik kota. Saat ini, taman seluas 120.000 m2 ini menjadi pemandangan yang sangat kontras di Hiroshima. Taman luas yang dikelilingi gedung bertingkat ini menjadi salah satu lokasi favorit warga sekitar untuk menghabiskan hari libur. Di sini, Anda masih bisa melihat sisa-sisa bangunan yang masih berdiri setelah digempur bom, salah satunya adalah A-Bomb Dome. Setiap tahunnya pada tanggal 6 Agustus, tepat pada pukul 8:16, dilakukan upacara peringatan di sini. Peringatan ini dimulai dengan mengheningkan cipta dan pidato. Selain warga setempat, terdapat banyak wisatawan asing yang datang dan bergabung ikut acara ini.

5. Fujiko F. Fujio Museum

Fujiko F. Fujio Museum.

Siapa yang nggak kenal tokoh kartun Doraemon? Robot kucing gendut masa depan berwarna biru ini menjadi favorit banyak anak-anak  dan juga kalangan dewasa. Tak hanya dapat melihatnya di komik dan TV, Anda juga bisa mengunjungi dan menyentuh Doraemon di Fujiko F. Fujio Museum. Di dalam museum, terdapat semacam diorama di mana patung Doraemon dan teman-temannya berpose di ruangan yang sudah sangat familiar bagi pecintanya seperti kamar Nobita dan lapangan bermain dengan tiga pipa besar.Selain Doraemon, museum juga memajang karakter lain karya Fujiko F. Fujio, yaitu P Man. Puas berkeliling, Anda bisa mencicipi menu khas di tempat wisata ini. Menu makanan di restoran ini juga bertemakan Doraemon. Anda bisa memesan kue dorayaki dan berbagai makanan lain yang dihiasi dengan wajah Doraemon. Sangat menggoda kan?

6. Yokohama Raumen Museum

Destinasi wisata Jepang Yokohama Raumen Museum
Yokohama Raumen Museum. Foto. travelcaffeine.com

Siapa yang belum pernah makan ramen? Ramen adalah salah satu kuliner Jepang yang punya banyak penggemar. Anda bisa datang ke Yokohama Raumen Museum. Yokohama Raumen Museum atau yang lebih dikenal dengan Ramen Museum akan mengajak Anda tak hanya menikmati ramen lezat olahan chef profesional, tapi juga mengenal sejarah ramen di Jepang. Pada ruangan lainnya, Anda akan memasuki replika kota Shitamachi, kota yang menjadi cikal bakal populernya ramen di Jepang. Terdapat sembilan restoran yang menyajikan ramen khas dari berbagai daerah di Jepang. Kalau ingin mencicipi semuanya, namun takut terlalu gemuk, Anda bisa memilih mini ramen yang meskipun porsinya lebih kecil tapi tak mengurangi kelezatannya sedikit pun. Tunggu apa lagi?

7. Jigokudani Monkey Park

Destinasi wisata Jepang Jigokudani Monkey Park
Jigokudani Monkey Park. Foto. japan-guide.com

Kawasan ini merupakan habitat asli dari monyet khas Jepang yang dikenal dengan nama Snow Monkey. Di sini, Anda bisa melihat monyet dari dekat dan mereka tidak akan merasa terganggu dengan kehadiran pengunjung. Meskipun monyet-monyet ini berendam setiap hari sepanjang tahun, namun waktu yang terbaik untuk datang adalah pada saat musim salju yaitu antara Desember – Maret. Akan tampak  putih salju di sekitar pemandian yang akan menambah kecantikan gambar selfie atau wefie Anda.