5 Film yang masuk pencarian terbanyak Google Year in Search 2020 (foto: Ravacana Films)
5 Film yang masuk pencarian terbanyak Google Year in Search 2020 (foto: Ravacana Films)

DOMIGADO – Tak terasa kita sudah memasuki penghujung tahun 2020. Tahun ini seperti menjadi tahun yang kelam bagi penikmat film bioskop. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, aplikasi menonton film menjadi salah satu solusi bagi pecinta film. Dalam Google Year in Search 2020, terdapat urutan daftar pencarian film terbanyak dicari sepanjang tahun. Nah, film apa sajakah yang masuk dalam daftar pencarian terbanyak google? Ini dia 5 film yang masuk daftar pencarian terbanyak Google years in Search 2020.

5. BUCIN (2020)

Film ini mengisahkan empat orang sahabat yang dianggap bucin alias budak cinta. Tiga di antara mereka sangat tunduk pada pacarnya hingga bisa dikategorikan sebagai bucin. Awalnya tidak ada yang sadar bahwa mereka sebenarnya seorang bucin. Semakin lama mereka saling mengingatkan satu sama lain dan menerima keadaan bahwa mereka bucin.

Mereka lantas mengikuti kelas anti-bucin demi menjalani hubungan yang lebih dewasa dengan pasangan, tidak tunduk dan menurut apa pun perkataan pacar. “Beberapa dari kalian itu sudah mencapai bucin tahap akut,” kata pengajar kelas bucin dalam trailer.

Ternyata kelas itu tidak berjalan sempurna. Mereka sadar bahwa kelas tersebut memiliki metode pengajaran yang tidak biasa karena cenderung menghancurkan pertemanan dan hubungan mereka dengan pasangan masing-masing. Bucin merupakan film debut penyutradaraan Chandra Liow. Ia merupakan YouTuber yang pernah membintangi sejumlah film dan merilis lagu serta berkolaborasi dengan sejumlah musisi.

Sementara itu, posisi penulis naskah dihuni oleh Jovial da Lopez. Sebelumnya, ia pernah menulis naskah film Jomblo Keep Smile (2014), Youtubers (2015), dan #Modus (2016). Jovi juga akan membintangi film Bucin bersama Andovi Da Lopez, Tommy Limmm, Susan Sameh, Karina Salim, Kezia Aletheia, dan Widika Sidmore. Selain itu ada pula Gading Marten dan Deddy Corbuzier sebagai kameo. (CNNIndonesia.com 16/09/2020)

4. Nanti Kita Cerita Tentang Hari In (2020)

Film ini merupakan adaptasi buku dengan judul sama karya Marchella FP. Buku NKCTHI versi aslinya berisi pesan-pesan pendek, berupa kumpulan tulisan yang mencerminkan pengalaman pribadi seseorang yang sederhana, tetapi unik dan memikat.

Film produksi ke-13 dari Visinema Pictures ini dibintangi oleh Rachel Amanda, Rio Dewanto, Sheila Dara, Donny Damara, Susan Bachtiar, Chicco Jerikho, Oka Antara, Niken Anjani, Agla Artalidia, Umay Shahab, Muhammad Adhiyat, Sinyo, Nayla Denny Purnama, Alleyra Fakhira Kurniawan, dan Syaqila Afiffah Putri serta musisi Ardhito Pramono.

Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini bercerita tentang sebuah keluarga yang terlihat bahagia dan baik-baik saja. Ada kakak beradik bernama Angkasa (Rio Dewanto), Aurora (Sheila Dara Aisha) dan Awan (Rachel Amanda). Ketiganya memiliki cerita pilunya masing-masing. Hingga akhirnya, Awan bertemu dan berkenalan dengan seorang pria bernama Kale.

Setelah mengalami kegagalan besar, dengan Kale, Awan justru menemukan sebuah pelajaran hidup baru. Tentang patah, bangun, jatuh, tumbuh, hilang dan semua ketakutan manusia pada umumnya. Setelah berkenalan dengan Kale, sifat Awan perlahan mulai berubah. Hingga akhirnya ia mulai mendapat tekanan dari kedua orangtuanya. Imbas dari kejadian tersebut, tiga kakak beradik itu pun mulai memberontak hingga akhirnya rahasia keluarga mereka terungkap. (Tirto.id 12/5/2020)

3. MARIPOSA (2020)

Film garapan Falcon Pictures dan Starvision ini mempertemukan Adhisty Zara sebagai Acha dan Angga Aldi Yunanda sebagai Iqbal yang sebelumnya dipasangkan dalam film Dua Garis Biru. Film besutan sutradara Fajar Bustomi ini merupakan adaptasi novel dengan judul yang sama karya Luluk HF. Sebelumnya, novel tersebut telah dirilis di WattPad.

Mariposa berkisah tentang perjuangan siswi berprestasi bernama Natasha atau Acha untuk mendapatkan hati Iqbal, teman sekelasnya yang selalu bersikap dingin. Sikap cuek Iqbal membuat rasa penasaran Acha bergejolak. Sampai-sampai, Acha rela melakukan berbagai macam cara agar bisa mencuri perhatian Iqbal.

Suatu hari, Acha dan Iqbal ditunjuk mewakili sekolah untuk mengikuti sebuah kompetisi cerdas cermat tingkat nasional. Dalam perjalanan itu, ada sebuah peristiwa terjadi yang membuat mereka menyadari apa yang sebenarnya mereka inginkan. Selain Zara dan Angga, film ini juga dibintangi Junior Roberts, Dania Salsabila, Syakir Daulay, Abun Sungkar, Ariyo Wahab, dan Ersa Mayori. (Kompas.com 12/03/2020)

2. MILEA (2020)

Siapa yang tidak tau film Milea, film ini menempati urutan ke dua dalam daftar pencarian film terbanyak Google years in Search 2020. Milea: Suara dari Dilan merupakan karya sutradara Fajar Bustomi yang dirilis pada 2020.  Film ini masih mengisahkan perjalanan kisah asmara Dilan ( Iqbaal Ramadhan) dan Milea ( Vanesha Prescilla) yang diambil dari sudut pandang Dilan.

Mengambil latar di Bandung era ’90-an, panglima tempur geng motor Dilan menjalin hubungan dengan Milea, siswi baru dari Jakarta. Dilan yang berusaha keras untuk mendapatkan Milea akhirnya terbayar. Namun hubungan antara Milea dan Dilan ternyata membuat teman-temannya berpikir berbeda, Dilan mulai terasa jauh dari anggota geng.

Suatu hari, terjadi peristiwa yang tak terduga. Salah satu anggota geng motor, Akew (Gusti Rayhan) meninggal akibat dikeroyok sekelompok orang yang tak dikenal. Kejadian tersebut membuat Milea khawatir atas keselamatan Dilan. Sebagai peringatan, Milea memutuskan untuk berpisah dengan Dilan. Milea berharap agar Dilan menjauh dari geng motor.

Sementara itu, peristiwa meninggalnya Akew menyeret Dilan bersama teman-temannya berurusan dengan pihak berwajib. Perpisahan yang tadinya hanya gertakan Milea, menjadi perpisahan yang berlangsung lama sampai keduanya lulus kuliah. Akan tetapi, Dilan dan Milea masih membawa perasaan yang sama saat kembali reuni. Sayangnya, keduanya sudah memiliki pasangan. (Kompas.com 25/08/2020)

1. TILIK (2018)

Sosok Bu Tejo beberapa waktu lalu ramai diperbincangkan di dunia maya. Bahkan, namanya menjadi trending topic di media sosial. Bu Tejo mencuri perhatian berkat perannya di film Tilik, hingga film ini menjadi urutan nomor satu dalam daftar pencarian terbanyak Google years in Search 2020. Bu Tejo adalah pemeran utama dalam film pendek tersebut. Film berdurasi 32 menit ini berhasil menghibur warganet.

Tilik merupakan film garapan ravacana Films bersama Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Film pendek tersebut sebenarnya telah diproduksi sejak 2018 silam. Tetapi, film Tilik baru diunggah ke YouTube dan tayang perdana pada Senin, 17 Agustus 2020, tepat perayaan HUT RI ke-75. Film ini disajikan dengan apik dan perbincangan menggunakan bahasa Jawa.

Film Tilik menceritakan perjalanan rombongan ibu-ibu yang pergi dengan menaiki truk untuk menjenguk Bu Lurah. Dari sekian banyak ibu-ibu, sosok Bu Tejo memang sangat menarik perhatian. Selama perjalanan, Bu Tejo yang banyak membuka tema perbincangan. Bu Tejo menyebarkan gosip yang disambut oleh ibu-ibu lain didalam truk tersebut. Selama perjalanan, gerombolan ibu-ibu di dalam truk itu menggosipkan sosok Dian yang merupakan kembang desa.

Kabarnya, Dian sedang menjalin hubungan dengan anaknya Bu Lurah, Fikri. Banyak pria yang berusaha mendekati Dian untuk datang melamar. Ibu-ibu di dalam truk berdebat siapa yang nantinya bakal menikah dengan Dian. Bahkan, Bu Tejo juga curiga jika Dian sering menggoda pria yang sudah berkeluarga. Meski begitu, tak semua penyampaian Bu Tejo diterima begitu saja.

Salah satunya, Yu Ning yang memperingatkan tidak baik menelan informasi mentah-mentah tanpa mengetahui fakta sesungguhnya. Walau sudah dapat peringatan, Bu Tejo tidak memperdulikan dan tetap gencar bergosip akan keburukannya Dian. Bahkan, Bu Tejo dan Yu Ning sempat bersitegang dan adu mulut sampai-sampai truk yang membawa mereka ditilang polisi lalu lintas. (era.id 20/08/2020)