Karena saking tingginya, Burj Khalifa bisa menembus awan kabut di Kota Dubai (foto: Solent News)

DOMIGADO – Negara-negara di dunia hingga kini berlomba untuk membangun gedung-gedung pencakar langit untuk dinobatkan sebagai gedung tertinggi di dunia. Selain membanggakan, Gedung-gedung tertinggi ini juga berfungsi sebagai salah satu identitas atau landmark dari negara tersebut. Tidak hanya itu, gedung-gedung tertinggi di dunia ini juga turut mengundang wisatawan untuk berkunjung. 

Cina, sebagai salah satu negara maju saat ini, menjadi negara yang memiliki gedung tertinggi di dunia terbanyak. Jumlah lantai dari Gedung tertinggi di dunia ini jumlahnya juga tidak tanggung-tanggung, bahkan salah satu gedung tertinggi di dunia tercatat memiliki lebih dari 161 lantai. 

Pembangunan gedung-gedung yang masuk menjadi gedung tertinggi di dunia ini, tentu saja menghabiskan biaya yang tidak sedikit, bahkan mencapai milyaran dolar Amerika. Tidak hanya itu, pembangunan gedung tertinggi ini juga membutuhkan tehnik pembangunan yang khusus dari para ahli.

Penasaran gedung pencakar langit mana saja yang masuk ke dalam daftar gedung tertinggi di dunia? Berikut redaksi Domigado.com sajikan daftar 10 gedung tertinggi di dunia yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber.

10. Shanghai World Financial Center, China

Shanghai World Financial Center, China (foto: visitourchina.com)

Bangunan setinggi 492 meter ini merupakan bangunan mixed used, dimana terdiri atas 62 lantai perkantoran, dilengkapi dengan ruang konferensi, urban retail dan tempat makan. Letak bangunan yang selesai dibangun pada tahun 2008 ini berada di Shanghai Pudong District. Dana sebesar US$ 1,2 miliar atau Rp 17,34 triliun harus digelontorkan untuk pembangunan gedung ini. Gedung ini juga menjadi lokasi bagi 174 kamar hotel bintang lima Park Hyatt Hotel yang berada di lantai 79 hingga 93. Ini sekaligus menempatkan hotel tersebut sebagai hotel tertinggi di dunia. Gedung Sanghai World Financial Center hingga saat ini menempati posisi ke 10 sebagai gedung tertinggi di dunia.

9. Taipei 101, Taipei

Taipei 101, Taipei (foto: lonelyplanet.com)

Berdiri di Xinyi District, Taipei, bangunan ini lebih dikenal sebagai lokasi pusat perkantoran finansial dan mereka yang gemar berbelanja. Bangunan setinggi 508 meter mulai dibangun pada tahun 1999. Namun, progres konstruksinya baru selesai pada tahun 2011. Dana yang dihabiskan buat membangun gedung ini mencapai US$ 1,93 miliar atau Rp 27,89 triliun. Dengan tinggi tersebut, Taipei menempati posisi ke 9 sebagai gedung tertinggi di dunia. Selain sebagai gedung pencakar langit, Taipei 101 ini juga terkenal sebagai gedung yang memiliki lift tercepat di dunia.

8. CITIC Tower, China

CITIC Tower, China (foto: kpf.com)

CITIC Tower adalah gedung pencakar langit di Kawasan Pusat Bisnis Beijing. Gedung berbentuk cawan yang menjadi icon baru Beijing ini juga menjadi gedung tertinggi ke 8 di dunia dan juga ke empat di China. Bangunan yang memiliki 109 lantai ini juga dikenal sebagai China Zun. CITIC Tower sendiri memiliki tinggi 528 meter dan selesai dibangun pada akhir 2018 lalu dan pembangunannya menelan biaya sekitar US$ 3,78 miliar atau Rp 54,63 triliun. CITIC Tower merupakan mix used building, dimana di dalamnya terdapat area perkantoran, apartment, hotel, dan juga roof top garden. 

7. Tianjin CTF Finance Centre, China

Tianjin CTF Finance Centre, China (foto: Shutterstock)

Tianjin CTF Finance Centre adalah gedung pencakar langit di Tianjin, China. Konstruksi bangunan ini dimulai pada 2013 dan selesai tahun 2019. Menara ini adalah gedung tertinggi kedua di Tianjin setelah Goldin Finance 117 yang konstruksinya diperkirakan baru selesai pada 2021 mendatang. CTF Finance Centre memiliki ketinggian 530 meter dan terdiri dari 111 lantai, memiliki fungsi sebagai perkantoran, hotel, pusat perbelanjaan, dan juga dek pemantauan.