DOMIGADOPandemi COVID-19 melahirkan kebiasaan-kebiasaan baru di masyarakat di seluruh dunia. Terutama tentang kesadaran kita dalam menjaga kebersihan serta kesehatan. Kebiasaan-kebiasaan barupun dimulai seperti rajin mencuci tangan, melakukan etika batuk dan bersin danĀ  rajin berolahraga.

Agar tidak menambah penyebaran virus kitapun disarankan untuk menjaga jarak ketika beraktivitas. Di masa Pandemi seperti ini menjaga kesehatan tubuh menjadi prioritas utama yang harus dilakukan setiap masyarakat. Sehingga berolahraga diperlukan dan tengah banyak dilakukan oleh masyarakat.

Kegiatan berolahraga secara rutin menjadi salah satu upaya yang efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan kesehatan yang terjaga seseorang tidak mudah terserang bakteri, kuman maupun virus

Namun kegiatan olahraga yang bisa dilakukan saat ini sangatlah terbatas. Di masa pandemi ini banyak masyarakat yang berolahraga sendiri di Rumah. Namun berolahraga di rumah terkadang terasa membosankan sehingga orang-orangpun mulai keluar rumah untuk berolahraga.

Kegiatan olahraga ini tentu saja masih dapat dilakukan di outdoor atau luar rumah. Selama kegiatan olahraga ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang disarankan.

Berikut ini adalah 7 tips berolahraga aman di luar rumah. Yang bisa kalian ikuti agar kegiatan olahraga kalian tetap efektif, bermanfaat dan aman.

1. Pilihlah Olahraga Individu

jogging
jogging

Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan sendirian dan minim kontak dengan orang lain. Seperti Jogging, yoga dan bersepeda sendirian mengelilingi kota atau kompleks. Melakukan olahraga yang dapat dilakukan secara individu. Meminimalisir kontak kita dengan orang lain dan memudahkan kita dalam menjaga jarak serta melakukan protokol kesehatan.

2. Berolahraga di Lokasi yang tidak terlalu ramai

Bersepeda
Bersepeda

Bukan berarti kamu harus olahraga di kuburan ya guys, karena tempatnya yang sepi. Hanya saja, sebisa mungkin cari lokasi yang memang tidak terlalu ramai untuk berolahraga di luar rumah. Cari lokasi yang menyediakan tempat luas sehingga akan lebih mudah untuk kamu menjaga jarak.

Bagaimanapun ini dapat meminimalisir potensi menularnya virus COVID-19. Jika ada orang lain di lokasi tersebut tetaplah menjaga jarak dan hindari berkerumun.

3. Sering Mencuci Tangan

Sering mencuci tangan setelah berolahraga
Mencuci Tangan

Sebelum keluar rumah untuk berolahraga jangan lupa untuk cuci tangan lebih dahulu. Setelah beberapa saat berolahraga kamu bisa menyempatkan diri mencuci tangan di fasilitas mencuci tangan yang kamu temui di jalan. Setelah berolahragpun sebelum masuk rumah jangan lupa untuk segera cuci tangan dan berganti pakaian.