(foto: AFP/FRANCK FIFE)

DOMIGADO – Bursa transfer pemain musim panas 2020 masih dibuka sampai saat ini. Meski begitu, bursa transfer tahun ini sepertinya tidak akan semeriah tahun-tahun sebelumnya karena kondisi finansial klub yang terimbas pendemi corona. Beberapa bintang sepakbola di musim ini berstatus bebas transfer karena keadaan ini.

Salah satu klub raksasa Liga Premier Inggris, Manchester United, sejak jauh hari telah menyatakan tak akan menghamburkan dana di bursa transfer tahun ini. Klub lain seperti Liverpool juga melakukan hal sama dan harus rela memangkas anggaran belanja dan melakukan kebijakan serupa. Bahkan, klub sebedar Barcelona yang terkenal loyal dalam belanja pemain, harus melego sejumlah pemain bintangnya demi kesehatan finansial klub.

Beberapa klub juga bermanuver dengan mensiasati kondisi ini dengan melakukan opsi saling barter pemain. Opsi lain yang ditempuh adalah dengan mencari pemain yang berstatus bebas transfer atau gratis, karena kontrak dengan klub sebelumnya telah habis. Ada beberapa pemain berlabel bintang yang di musim ini berstatus bebas transfer. Berikut adalah daftar 10 pemain bintang yang berstatus bebas transfer yang dilansir dari berbagai sumber.

10. Edinson Cavani

Bintang sepakbola Paris Saint-Germain, Edinson Cavani, menjadi satu di antara striker papan atas Eropa yang kontraknya habis dimusim panas ini dan berstatus bebas transfer. Sepanjang kariernya di PSG, Cavani selalu mencetak minimal 20 gol per musim. Diusianya yang kini telah memasuki 33 tahun, striker asal Uruguay ini masih menarik minat tim-tim besar Eropa, satu di antaranya adalah Manchester United. Terlebih, sang pemain bisa didapatkan dengan cuma-cuma.

9. Olivier Giroud

Olivier Giroud (foto: France Football)

Meski dua setengah tahun kariernya di Chelsea tak berjalan dengan bagus, bintang sepakbola Olivier Giroud mampu berbuat banyak ketika membela Timnas Prancis. Dia sukses mempersembahkan Piala Dunia 2018 untuk Les Bleus. Chelsea ingin memperpanjang kontrak striker veteran ini untuk satu tahun ke depan. Namun, opsi tersebut tak terlalu disukai pemain berusia 33 tahun ini. Alhasil, pembahasan kontrak baru Giroud masih jalan di tempat. Hingga saat ini, status Giroud masih bebas transfer. Selain itu, dia juga sudah jenuh menjadi penghangat bangku cadangan dan ingin membuktikan diri jika kariernya belum usai.

8. Willian

Negosiasi Willian dan Chelsea berjalan dengan alot. Chelsea hendak memperpanjang sang pemain untuk dua tahun ke depan, namun, pemain berpaspor Brasil ini menginginkan perpanjangan kontrak tiga tahun. Meski telah berusia 31 tahun, Willian masih menjadi incaran tim-tim besar seperti Barcelona dan Paris Saint-Germain. Namun, secara mengejutkan Willian memilih menyeberang ke Arsenal dengan status bebas transfer alias gratis.

7. Thomas Meunier

Thomas Meunier (foto: Getty Images)

Bek berusia 28 tahun tersebut telah empat musim membela PSG. Sejauh ini, Meunier telah mencatatkan 128 penampilan dan mencetak 13 gol. Dia juga turut membantu Les Parisiens meraih sembilan titel juara. Sayangnya, kontrak Thomas Meunier bersama Paris Saint-Germain telah berakhir pada musim panas tahun ini. Belum ada tawaran perpanjangan kontrak kepada pemain asal Belgia itu sehingga sang pemain berstatus bebas transfer. Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh Borusia Dortmund, Klub raksasa Bundesliga Jerman tersebut telah mengonfirmasi perekrutan Thomas Meunier dari Paris Saint-Germain secara gratis.

6. Jose Callejon

Callejon didatangkan Napoli dari Real Madrid pada 2013 silam. Hingga laga terakhirnya melawan Barca di laga 16 besar Liga Champions 2019/2020. Kontrak pemain 33 tahun itu habis pada Juni lalu, dan saat ini berstatus bebas transfer. Callejon bersama Napoli telah bermain selama 349 pertandingan, dan telah menyumbangkan 82 gol dan 78 assist. Menurut Sky Sport Italia, Callejon tidak ikut kembali ke Italia seusai menghadapi Barcelona di Spanyol yang merupakan negara asalnya. Sejauh ini, belum ada informasi resmi tentang klub dia selanjutnya.

5. Jan Vertonghen

Jan Vertonghen (foto: zimbio)

Jan Vertonghen ikut andil dalam membawa Tottenham Hotspur lolos ke final liga Champions musim lalu. Namun, ia belum mendapat perpanjangan kontrak hingga kontraknya bersama Tottenham berakhir. Kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh Benfica. Jan Vertonghen pun resmi bergabung bersama Benfica dengan status bebas transfer. Centre-back asal Belgia berusia 33 tahun itu sudah meneken kontrak tiga tahun dengan Benfica, dengan masa pengabdiannya bersama raksasa Portugal itu berlaku hingga 2023.