Ilustrasi balapan Moto2. (AFP/MARCO BERTORELLO)

Balapan Moto2 dan Moto3 GP Qatar 2020 di Sirkuit Internasional Losail akan menggunakan peraturan khusus akhir pekan ini, 6-8 Maret 2020. Penonton dan tamu dilarang masuk paddock tim.

Peraturan itu diterapkan Dorna Sports setelah mendapat instruksi dari pemerintah Qatar yang tidak ingin adanya kontak antara penonton lokal dengan anggota tim atau pebalap.

Dikutip dari AS, paddock GP Qatar hanya boleh dimasuki pebalap dan ofisial tim Moto2 dan Moto3. Penonton dan tamu tim dilarang masuk paddock demi pencegahan virus corona. Dengan demikian tidak akan ada bintang tamu yang akan terlihat masuk paddock sepanjang GP Qatar.

Dorna Sports selaku pengelola MotoGP dan Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) memutuskan untuk membatalkan balapan MotoGP Qatar akhir pekan ini menyusul kebijakan pemerintah setempat.

MotoGP Qatar dibatalkan karena virus corona. (KARIM JAAFAR / AFP)

Pemerintah Qatar memutuskan untuk melakukan karantina 14 hari bagi orang yang tiba dari Italia atau di Negeri Pizza itu dalam dua pekan terakhir untuk bisa masuk ke Qatar. Langkah itu diambil setelah Italia menjadi salah satu Eropa yang terkena imbas virus corona paling buruk.

Dorna Sports dan FIM memutuskan untuk tetap menggelar balapan Moto2 dan Moto3 GP Qatar setelah para pebalap dan tim sudah berada di Qatar sejak pekan lalu untuk menjalani tes resmi di Sirkuit Losail.

Virus corona juga membuat Dorna Sports dan FIM mengambil keputusan untuk menunda MotoGP Thailand 2020 yang semula dijadwalkan digelar usai MotoGP Qatar pada 20-22 Maret 2020.

Live streaming Moto2 GP Qatar bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com pada Minggu (8/3) malam mulai pukul 22.00 WIB. Sementara siaran langsung balapan bisa dinikmati melalui stasiun televisi Trans7.

Sumber: CNN Indonesia | Kamis, 05/03/2020