Fabio Quartararo merebut pole position di MotoGP Catalunya. (Foto: Mirco Lazzari gp / Getty Images)

Montmelo – Fabio Quartararo akan start terdepan di MotoGP Catalunya. Di kualifikasi, Quartararo unggul tipis atas Marc Marquez, yang menempati grid kedua.

Pada sesi di Sirkuit Catalunya, Sabtu (15/6/2019) malam WIB, Quartararo membukukan waktu terbaik 1 menit 39,484 detik. Ini adalah pole position kedua pebalap Petronas Yamaha itu di MotoGP 2019 setelah meraihnya di Jerez, Spanyol.

Hasil buruk di dua latihan bebas terakhir tidak berarti bagi Marquez. Rider Repsol Honda itu tetap mampu start di barisan usai hanya terpaut 0,015 detik saja dari Quartararo.

Yamaha memperlihatkan performa menjanjikan karena empat pebalapnya menempati lima besar. Menyusul sukses Maverick Vinales start di urutan ketiga setelah mencetak waktu 1 menit 39,710 detik.

Franco Morbidelli mengisi baris kedua usai finis kualifikasi di peringkat keempat, di depan mentornya Valentino Rossi. Sementara itu, Ducati harus puas di posisi keenam dan ketujuh yang diisi Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci berturut-turut.

Komponen baru Jorge Lorenzo hanya menempatkan dia di posisi 10 saat lomba hari Minggu (16/6). Di depan Lorenzo adalah Cal Crutchlow dan Alex Rins.

Sumber : detik.com