Tetapi warna hijau yang merupakan bagian dari bendera Italia, il Tricolore: hijau, putih, merah, bekurang pada livery baru ini. Tahun lalu warna bendera Italia, asal pabrikan motor ini, ada di bodi samping, bagian bawah dan belakang motor. Kali ini bendera Italia hanya tinggal di visor, di atas nomor pembalap.

(foto: twitter @GresiniRacing)
(foto: twitter @GresiniRacing)

Paling menarik, ada nama Indonesian Racing pada livery motor MotoGP tim Aprilia untuk 2021 ini. Tulisan Indonesian Racing warna merah ada pada kelir putih di atas sponsor Castrol. Seperti diketahui, Indonesian Racing menjalin kerja sama dengan Gresini Racing di kelas Moto3, Moto2 dan MotoE yang belum lama ini diluncurkan.

Dengan demikian nama Indonesia Racing ada di semua kelas pada musim balap MotoGP 2021. Tim asal Italia ini kini juga memiliki susunan pembalap baru, yakni Aleix Espargaro yang diduetkan dengan Lorenzo Savadori. Naman Bradley Smith tidak dipakai meski sempat menjadi kandidat kuat menggantikan Andrea Iannone yang di black list balapan karena tersandung kasus doping.

3. Livery Petronas Yamaha SRT di MotoGP 2021

MotoGP 2021 akan menjadi langkah besar bagi Petronas Yamaha SRT karena mereka mempertahankan Franco Morbidelli dan merekrut legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi masuk sebagai rider tim.  Chemistry keduanya bukanlah hal baru, pasalnya Valentino Rossi adalah mentor bagi Franco Morbidelli di VR46 Academy.

“Tahun lalu Franco Morbidelli menjadi runner-up dan jadi pembalap Yamaha yang terbaik, kami ingin dia jauh lebih baik di musim ini. Juga legenda hidup Valentino Rossi, kami ingin mendapatkan banyak ilmu dari pengalaman dan masukannya,” kata Razlan Razali saat presentasi tim (1/3).

Dari segi tim, mereka ingin meraih hattrick sebagai juara tim independen di tahun ketiganya masuk ke kelas para raja. Selain itu, kontrak antara Sepang Racing Team dengan Yamaha Factory Racing akan berakhir tahun ini. Hingga saat ini masih menjadi pertanyaan apakah tim asal Malaysia tersebut akan tetap bersama Yamaha atau menjalin kerjasama baru dengan Suzuki di MotoGP musim 2022 mendatang.

Lalu para pembalapnya, Valentino Rossi dan Franco Morbidelli pun punya target pribadi. Misalnya Morbidelli yang tahun lalu menjadi runner-up. Dia tetap jadi andalan di Petronas Yamaha SRT untuk bisa mendulang point, meski menggunakan Yamaha YZR-M1 2019.