Profil pembalap Moto2 yang naik kelas ke MotoGP 2021 (foto: MotoGP)
Profil pembalap Moto2 yang naik kelas ke MotoGP 2021 (foto: MotoGP)

DOMIGADO – MotoGP 2021 menjadi salah satu ajang balapan yang paling menarik untuk dinanti. Sejumlah tim melakukan bongkar pasang pembalap. Satu hal lagi yang menarik untuk ditunggu adalah pembalap Moto2 yang di musim 2021 nanti naik kelas ke MotoGP. Ada 3 pembalap Moto2 yang naik kelas MotoGP dimusim mendatang. Berikut profil pembalap Moto2 yang naik kelas ke MotoGP 2021.

Enea Bastianini, Luca Marini, dan Jorge Martin, adalah 3 pembalap Moto2 yang akan turut meramaikan persaingan di kelas MotoGP 2021 mendatang. Kemampuan ketiga pembalap di Moto2 sepanjang musim 2020 memang tidak perlu diragukan lagi. Nah, untuk lebih mengenal lebih dekat lagi 3 pembalap demutan MotoGP ini, simak profil ketiga pembalap berikut.

1. Enea Bastianini

Seperti ditulis di laman Wikipedia, Enea Bastianini adalah pembalap berkebangsaan Italia yang lahir pada tanggal 30 Desember 1997. Sebelum pindah ke Moto3, Bastianini menang dalam dua balapan di Red Bull Rookies Cup pada tahun 2013.

Kemudian pada tahun berikutnya ia berpartisipasi dalam MotoGP di kelas Moto3 di mana ia bergabung dengan Team Junior GO & FUN Moto3™ yang sekarang berganti nama menjadi Gresini Racing Honda Moto3.

Penampilan Bastianini sangat mengesankan di musim pertamanya sebagai rookie moto3. Ia berhasil naik podium tiga kali pada tahun 2014. Pada tahun 2015, ia meraih kemenangan pertamanya di Misano dan diikuti lima podium lainnya.

Selama dua musim ia banyak meraih prestasi gemilang bersama tim Gresini Racing Honda Moto3 dan berada di urutan kedua klasemen pada kelas Moto3 di tahun 2016. Untuk tahun 2017, Enea Bastianini bergabung dengan tim Estrella Galicia 0,0 Marc VDS Moto3.

Enea Bastiani debut di Moto2 pada 2019 di tim Italtrans Racing Team. Dan di 2020, Enea Bastianini berhasil menjadi juara dunia Moto2. Hal ini membuat pembalap Italia itu punya harapan baru untuk jadi bintang di MotoGP.

Gelar juara dunia Moto2 2020 bisa membuat Bastianini lebih percaya diri menghadapi persaingan di kelas premier. Bastianini bakal berada di tim Esponsorama Racing Box musim depan. Dengan jadi tim satelit Ducati, Bastianini berharap bisa melanjutkan ledakannya di kelas yang lebih bergengsi.

2. Luca Marini

Luca Marini, lahir di Urbino, Italia pada 10 Agustus 1997 (tulis laman Wikipedia). Marini adalah saudara laki-laki dari pembalap kawakan MotoGP, Valentino Rossi. Luca Marini merupakan putra dari Stefania Palma, ibu dari Valentino Rossi, dan memiliki ayah yang berbeda dari kakaknya.

Ayahnya bernama Massimo Marini, ia dibesarkan di Tavullia, ia menyukai nomor 97 karena tahun kelahirannya (1997) namun pada saat membalap di Moto2 Musim 2015 ia tidak bisa menggunakan nomor 97 karena sudah di gunakan oleh pembalap Spanyol Xavi Vierge.

Marini pun terpaksa harus mengubah nomor Livery Motornya dan memilih Nomor 10. Debut pertama Luca mulai di Kejuaraan Moto3 pada Grand Prix San Marino, ia gagal menyelesaikan lomba. Pada tahun 2015 ia mendapat entri wildcard lain di tempat yang sama, tapi kali ini di kelas Moto2.

Dengan tim Pons Racing Junior di Kalex Moto2, dan menyelesaikan lomba di posisi 21. Pada tahun 2016 Marini memulai debut Moto2 dengan Tim Forward Racing untuk berkompetisi penuh waktu di kelas Moto2, dan ia mendapat poin Grand Prix pertamanya di Qatar, finish di posisi ke-10.

Luca meraih hasil terbaiknya di Jerman, ia berhasil finish keenam. Pada tahun 2018 ia menanda tangani kontrak bersama Sky Racing Team VR46. Bersama rekan timnya Francesco Bagnaia, ia berhasil mencetak podium pertamanya di Jerman (posisi 3).

Di ajang Moto2 2020 ini, bersama Sky Racing Team VR46, Luca berdiri di podium sebanyak enam kali, dengan tiga kali sukses mengangkat trofi juara di seri Catalunya, Emilia Romagna, dan San Marino.

Ia juga sukses menyelesaikan balapan di urutan kedua sebanyak tiga kali, salah satunya adalah di seri Portugal yang membawanya berada persis di bawah Bastianini pada klasemen akhir Moto2 2020. Ini menjadi capaian terbaik Marini sepanjang lima tahun berkompetisi di turnamen balap motor kasta kedua itu.

Raihan 196 poin juga merupakan catatan terbaiknya, selisih 6 angka dari capaiannya musim lalu. Walaupun gagal meraih titel World Champion dan hanya menempati posisi kedua, penampilan adik tiri Valentino Rossi sepanjang musim ini dapat dibilang cukup memuaskan.

Hasil ini pun sekaligus memberikannya motivasi lebih untuk mengarungi musim 2021 nanti di MotoGP. Luca Marini bakal berada di tim yang sama dengan Enea Bastiani, Esponsorama Racing Box untuk mengarungi MotoGP musim depan.