DOMIGADO – Pebalap Repsol Honda Marc Marquez kembali jalani operasi pada Senin (3/8/2020) waktu setempat atau Selasa Waktu Indonesia, beberapa hari sebelum pelaksanaan MotoGP Ceko 2020. Melansir dari laman MotoGP, Marquez baru saja menjalani operasi keduanya saat menjelang seri ketiga musim ini akan digelar. Operasi ini dilakukan setelah plat titanium di lengan kanannya mengalami kerusakan akibat akumulasi stres.

Sebelumnya, Marquesz berhasil menjalani operasi pertama di lengan kanannya akibat kecelakaan yang dialaminya saat seri pembuka MotoGP 2020, GP Spanyol, 19 Juli silam. Marquez kecelakaan di tikungan ketiga Sirkuit Jerez, Spanyol, saat balapan menyisakan empat lap lagi. Rider asal Spanyol itu mengalami highside yang membuat ia menderita patah tulang lengan kanan bagian atas setelahnya. 

Marc Marquez sempat mengikuti rangkaian sesi latihan (FP3 dan PF4) seri kedua MotoGP Andalusia setelah sukses menjalani operasi. Namun, saat sesi kualifikasi, ia tak maksimal dan harus absen mengikuti balapan utama MotoGP Andalusia 2020. 

“Marc Marquez menjalani operasi 13 hari yang lalu dan hari ini (Senin waktu setempat) dia kembali ke ruang operasi,” ucap dokter MotoGP, Xavier Mir. 

“Operasi pertama berhasil, apa yang tidak diharapkan adalah plat tidak mencukupi. Akumulasi stres di area lengan menyebabkan plat mengalami kerusakan, jadi plat titanium telah dilepas dan diganti,” kata Mir melanjutkan.

Mir juga mengonfirmasi, Marquez tidak mengalami kesakitan untuk saat ini. Xavier Mir dan timnya berhasil mengganti plat titanium dan Marc Marquez akan tinggal di rumah sakit selama 48 jam ke depan sebelum dipulangkan. Terdekat, seri ketiga MotoGP Ceko 2020 akan berlangsung di Sirkuit Brno, 7-9 Agustus mendatang. Marc Marquez diprediksi bisa tampil pada seri ketiga MotoGP 2020 tersebut. Pengoleksi enam gelar kelas premier itu masih nirpoin sejauh ini.

Penampilan Repsol Honda di 2 seri sebelumnya

Penampilan Alex Marquez dinilai terus lebih baik
Penampilan Alex Marquez dinilai terus lebih baik (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)

Performa Tim Repsol Honda di dua seri balapan sebelumnya terbilang masih belum menggembirakan. Namun Repsol Honda menegaskan bahwa penampilan para pembalapnya termasuk sang adik Marc Marquez yakni Alex Marquez tidaklah mengecewakan. Rider 24 tahun itu dinilai terus lebih baik di setiap balapan.

Di MotoGP Andalusia 2020, Alex Marquez finis kedelapan. Raihan itu terbilang cukup oke, mengingat Alex Marquez mengawali balapan dari posisi paling belakang. Alex Marquez melahap 25 lap dengan catatan waktu 41 menit 42,023 detik. Dia menyentuh garis finis berselang 19,357 detik dari Fabio Quartararo yang menjadi pemenang balapan.

Dengan torehan itu, Alex Marquez juga bisa mengoreksi gap dengan Quartararo saat balapan di MotoGP Spanyol 2020. Kala itu, Alex Marquez finis ke-12 dengan jarak sekitar 27 detik dari Fabio Quartararo. Proses positif yang ditunjukkan oleh Alex Marquez itu membuat tenang manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig.

Alex Marquez finis kedelapan di MotoGP Andalusia 2020
Alex Marquez finis kedelapan di MotoGP Andalusia 2020 (foto: Mohd RASFAN/AFP)

“Mengenai rookie kami, Alex Marquez, dia sudah melakukan tugas dengan sangat baik. Targetnya itu untuk menyelesaikan balapan dan memangkas jarak dengan pebalap terdepan,” kata Puig di GP One.

“Pekan lalu jaraknya 27 detik, kali ini hanya 19 detik, ini nyaris memangkas 8 detik, itu banyak –terutama mengingat kondisinya. Dia mempunyai kecepatan yang bagus tapi masih harus lebih memahami motor dengan ban yang baru.”

“Dari sudut pandang balapan dan teknis, kami sangat senang karena dia belajar dan memahami setiap balapan dengan cepat. Tidak terjatuh membantunya untuk membuat banyak langkah maju dan lebih cepat saat dia ada di atas motor,” dia menambahkan.

Kendati tampil memuaskan untuk Repsol Honda dalam dua balapan, Alex Marquez udah ‘ditendang’ dari tim untuk musim depan. Dia akan membela LCR Honda di MotoGP 2021.