Akedemi Valentino Rossi membuka kelas untuk masyarakat umum (foto: istimewa)
Akedemi Valentino Rossi membuka kelas untuk masyarakat umum (foto: istimewa)

DOMIGADO – Valentino Rossi membuka kelas untuk masyarakat umum di Akademi Valentino Rossi miliknya yang berada di VR46 Ranch. VR46 Riders Academy, akedemi milik Valentino Rossi ini membuka program pelatihan balapan yang terdiri dari dua hari. Nah, bagi kalian yang berminat untuk belajar di akademi Valentino Rossi, kalian harus menyiapkan dana sebesar Rp 41,4 juta. Wow, cukup fantastis bukan?

Di musim ini, sudah banyak pembalap dari VR46 Academy yang bersaing di ajang balap, baik Moto3, Moto2, bahkan MotoGP. Seperti yang kita tahu, pembalap-pembalap besutan akademi Valentino Rossi yang bersaing dengan gurunya di MotoGP adalah Pecco Bagnaia dan Franco Morbidelli. Di Moto2 sendiri, ada pembalap yang performanya sedang moncer sekaligus adik dari Valentino Rossi, Luca Marini dan rekan satu timnya di Sky Racing VR46, Marco Bezzecchi.

Baru-baru ini VR46 Academy membuka kelas untuk masyarakat umum yang berminat merasakan langsung dilatih Valentino Rossi. Bekerjasama dengan aparel perlengkapan balap Dainese, digelar sebuah event bernama DAINESE FLAT TRACK MASTER VR46 RANCH. Setiap pendaftar akan punya kesempatan dua hari tur di VR46 Ranch dan VR46 Academy. Ada beberapa agenda tur yang sudah disiapkan, yang lokasinya berada di area VR46 Ranch, di Tavullia, Italia.

Agenda tur VR46 Academy

Peserta tur akan diajak untuk melihat Rossi berserta anak didiknya berlatih pada trek motorcross (foto: Pinterest)
Peserta tur akan diajak untuk melihat Rossi berserta anak didiknya berlatih pada trek motorcross (foto: Pinterest)

Hari pertama setiap peserta akan diajak berkunjung ke museum Marco Simoncelli. Masih di hari yang sama peserta akan diajak melihat dari dekat kantor yang menjadi pusat kegiatan bisnis Rossi, untuk kemudian menyambangi VR46 Fans Club, dan dilanjutkan dengan makan siang.

Rangkaian kegiatan berlanjut dengan menyaksikan Rossi berserta anak didiknya berlatih pada trek motorcross yang terdapat di ranch. Pendaftar juga akan mendapat makan malam, di mana menu yang disediakan adalah makanan favorit, Rossi.

Barulah di hari kedua sesi latihan langsung dimulai. “Temukan semua teknik dan rahasia untuk mengendalikan motor kamu di lintasan datar dengan juara akademi VR46, dan sekaligus melihat mereka berlatih di ranch yang legendaris itu,” demikian pernyataan di situs resmi Dainese. Program ini bersifat eksklusif, dan terbatas hanya akan bisa diikuti oleh total 12 orang.

Alasan Valentino Rossi bangun VR46 Academy

Valentino Rossi (foto: valentinorossi.com)
Valentino Rossi (foto: valentinorossi.com)

Pada 2013 lalu, Valentino Rossi memutuskan untuk mendirikan akademi balapnya sendiri yang kemudian dikenal sebagai akademi balap VR46. Keputusan Rossi membangun akademi balap VR46 awalnya adalah membantu pembalap-pembalap muda asal Italia. Pasalnya dalam 10 tahun terakhir, kejuaraan dunia memang sangat didominasi oleh para pembalap asal Spanyol.

Namun selain itu, terdapat beberapa alasan lain yang menguatkan keinginan Rossi untuk mendirikan akademi balap VR46. Sebagai pembalap profesional, Rossi memang memiliki reputasi luar biasa. Meski begitu tidak lantas membuat Rossi jemawa. Ia tetap merupakan sosok yang sangat rendah hati. Nah, hal tersebutlah yang ingin Rossi tularkan kepada para pembalap yang menjadi anak didiknya. Rossi ingin ada pembalap hebat yang tetap rendah hati seperti dirinya di masa mendatang.

Sebagai pembalap profesional, Rossi memang memiliki segudang pengalaman. Rossi pun nampaknya bukan sosok yang pelit untuk berbagi ilmunya dengan pembalap lain. Bahkan itu menjadi salah satu alasan utama Rossi mendirikan akademi balap VR46. Ya, Rossi yakin dengan pengalamannya, ia bakal mengorbitkan banyak pembalap hebat di masa depan.

Membantu Rossi menjadi awet muda, mungkin terdengar klise. Namun hal itu memang menjadi salah satu tujuan utama pembalap yang kini berusia 41 tahun tersebut membangun akademi balap VR46. Ya, Rossi mengatakan bahwa dengan berkumpul dengan para pembalap muda membuat gairahnya untuk bisa tetap kompetitif kian terjaga. Hal tersebut pun terbukti dengan keberhasilan Rossi tampil kompetitif meski tak berusia muda lagi saat ini.