MICK DOOHAN AKUI ROSSI RIDER SEMPURNA DI MOTOGP
Mick Doohan memuji Valentino Rossi sebagai rider yang sempurna di MotoGP (Zimbio)

DOMIGADO – Mick Doohan salah satu legenda MotoGP, baru-baru ini melontarkan pujiannya kepada Valentino Rossi. Pebalap Yamaha itu diakuinya sebagai rider yang sempurna di dunia MotoGP.

Disepanjang karirnya di lintasan balap MotoGP, Mick Doohan memang belum pernah bertarung secara langsung dengan Valentino Rossi. Juara dunia lima kali MotoGP itu memutuskan untuk gantung helm pada tahun 1999, sementara Rossi baru memulai debut di kelas utama tahun 2000.

Meski begitu, Mick Doohan dan Valentino Rossi menjalin hubungan yang cukup baik satu sama lain. Mantan rider asal Ausralia itu menjadi mentor pribadi Rossi di tim Honda pada musim awal The Doctor di kelas utama. Dalam sebuah kesempatan baru-baru ini, Mick Doohan mengakui kehebatan Rossi di trek balap. Selain kencang, juara dunia sembilan kali itu disebutnya memiliki dedikasi tinggi dalam dunia balapan.

“Valentino sangat cepat, dia sudah bagus sejak awal. Hal tersebut jadi alasan kenapa saya ingin sekali bisa jadi rekan satu timnya. Itu akan jadi tantangan yang sulit, saya yakin dia akan menghambat saya dan begitu pula sebaliknya,” kata Doohan, dikutip dari GPOne.

“Yamaha jelas akan memberinya material terbaik, bahkan jika dirinya gabung ke tim satelit dan tidak ada yang bisa mengembangkan motor lebih baik daripada dia. Rossi begitu sempurna,” lanjutnya.

“Dia juga masih bisa bersaing dan saya mengagumi dedikasinya dan itu baik buat dunia olahraga. Dia berpengalaman, bahkan jika dia start di urutan ke-8, dirinya bisa tetap mampu naik podium. Meskipun saat ini cukup sulit mengatakan apakah dia atau rider lain semisal Marquez yang lebih cepat,”.

“Valentino sekarang berumur 41 tahun, 20 tahun berada di level tertinggi Saya hanya bisa melakukannya beberapa tahun dan paham bagaimana tekanannya. Dia akan butuh waktu setahun buat berlibur ketika memutuskan berhenti,” demikian kata Doohan.

Valentino Rossi
Valentino Rossi mengungkapkan bahwa ia pernah berniat pensiun dari MotoGP pada 2012 (AFP Juan Mabromata)

Valentino Rossi saat ini sedang berada di ujung karirnya di lintasan balap MotoGP. Namun, rider asal Italia itu mengungkapkan, dirinya sudah berniat pensiun sejak tahun 2012. Tahun tersebut merupakan musim terburuk Valentino Rossi bersama Ducati. Rossi memperkuat Ducati selama dua musim di MotoGP, yakni 2011 dan 2012.

Saat bersama Ducati, Rossi hanya tiga kali naik podium dan gagal memenangkan sebuah balapan di MotoGP. Bahkan, pria yang kini berusia 41 tahun itu gagal finish di posisi lima besar. Keterpurukan tersebut membuat Rossi ingin pensiun. Untungnya, Yamaha memberinya kesempatan kedua, meski pabrikan Yamaha itu mengakui tidak punya motor yang bagus untuk Rossi.

“Sejujurnya ketika itu saya sempat berpikir untuk pensiun dari MotoGP, terlebih Yamaha awalnya mengatakan mereka tidak punya sepeda motor untuk saya. Itu momen sulit dalam karier, karena saya berpikir karier saya akan berakhir jika Yamaha tidak memberi saya kesempatan untuk kembali,” ujar Valentino Rossi dikutip dari AS.