Segera dimulai! Ini tampilan motor baru rider MotoGP (foto: ducati motor)
Segera dimulai! Ini tampilan motor baru rider MotoGP (foto: ducati motor)

DOMIGADO – Gelaran balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP musim 2021 akan segera di mulai. Beberapa tim juga telah mengenalkan tampilan Livery motor baru yang akan ditunggangi para ridernya di MotoGP. Perubahan Livery motor para tim MotoGP ini dilakukan agar terlihat lebih segar. Tidak hanya itu, hadirnya sponsor juga turut mempengarungi tampilan motor para rider MotoGP. Berikut 5 tim yang meluncurkan motor dengan Livery baru untuk MotoGP musim 2021.

1. Avintia Esponsorama Racing

Tim Avintia Esponsorama Racing rilis livery baru di MotoGP 2021 (foto: @skysportmotogp)
Tim Avintia Esponsorama Racing rilis livery baru di MotoGP 2021 (foto: @skysportmotogp)

Avintia Esponsorama Racing merilis dua livery yang memiliki corak berbeda untuk mengarungi MotoGP 2021. Avintia Esponsorama Racing menjadi tim pertama yang memperkenalkan motor yang akan mereka tunggangi di MotoGP 2021 di Andorra, Spanyol, Jumat (05/2/21) waktu setempat. Avintia sendiri akan diperkuat dua pembalap rookie yakni Enea Bastianini selaku juara Moto2 2020 dan adik tiri Valentino Rossi yaitu, Luca Marini.

Nantinya baik Enea Bastianini dan Luca Marini akan menunggangi motor dengan dua livery yang berbeda terutama dalam segi corak, mengingat keduanya berada dalam sponsor utama yang berbeda. Luca Marini sendiri bakal mengenakan motor yang didominasi warna hitam dan tulisan SKY Racing Team VR46, mirip dengan kuda besi yang digunakan oleh adik Valentino Rossi saat masih di Moto2. Sedangkan Enea Bastianini memakai corak biru khas Avintia Esponsorama Racing.

Sementara itu, Enea Bastianini dan Luca Marini mengungkapkan bahwa keduanya sama-sama tak sabar untuk segera memainkan musim debutnya di MotoGP. Mereka berharap musim 2021 ini adalah perubahan yang besar dengan motor yang benar-benar baru, dan ingin menjadi cepat dan terus berkembang. Mereka juga mengungkapkan bahwa telah berlatih keras untuk mempersiapkan fisik dan mental.

2. LCR Honda

Sama halnya dengan tim avuntia Esponsorama Racing, LCR Honda juga menggunakan Livery yang berbeda. Pembalap LCR Honda Castrol, Alex Marquez, memamerkan seragam dan livery motor yang akan digunakannya pada MotoGP 2021. Motor tim LCR Honda Castrol tak lagi didominasi warna hijau seperti sebelumnya. Ada tambahan aksen warna biru pada seragam dan motor Alex Marquez.

Alex Marquez menjadi pembalap Honda pertama yang tampil dalam peluncuran tim. Alex Marquez akan merasakan lingkungan baru pada MotoGP 2021. Musim lalu memperkuat tim pabrikan Repsol Honda bersama sang kakak, Alex Marquez bakal berseragam tim satelit LCR Honda pada MotoGP 2021. Meski begitu, dukungan teknis penuh tetap didapatkan Alex Marquez. Musim depan dia juga bakal menunggangi motor Honda RC213V terbaru.

Seperti ditulis dalam laman Kompascom, sehari usai peluncuran livery motor baru Alex Marquez, kini menyusul rekan satu timnya Takaaki Nakagami di LCR Honda dengan sponsor utama Idemitsu. Secara garis besar livery motor Nakagami musim 2021 tidak beda jauh dengan sebelumnya. Logo Idemitsu masih jadi daya tarik utama, hanya saja skema desainnya yang sedikit berbeda.

Pada motor 2021 skema warna merah-putih masih dipertahankan. Tapi di bagian bawah perut alias fairing bagian bawah kini ada tambahan warna emas atau seperti cokelat muda. Musim ini Nakagami akan memakai motor spek 2021. Berbeda dengan motor spek 2019 yang dia pakai pada 2020. Meski secara teknis mesinnya tetap spek 2020 karena pada 2021 ada pembekuan teknis.

3. KTM

Pabrikan asal Austria ini juga memamerkan livery yang akan digunakan tim pabrikan dan satelit. Dikutip dari Speedweek.com, untuk tim pabrikan, livery yang melekat pada KTM RC16 bisa dikatakan tidak mengalami perubahan. Desainnya masih sama seperti musim sebelumnya. Hanya formasinya saja kini berubah. Selain Brad Binder, tim pabrikan diisi oleh Miguel Oliveira yang menggantikan Pol Espargaro.

Ubahan signifikan justru terlihat pada tim satelitnya, yakni Tech3 KTM Factory Racing. Musim lalu, tim ini menggunakan kombinasi warna biru dan silver, serta sedikit aksen oranye. Untuk MotoGP 2021, livery tim satelit KTM ini didominasi oranye dengan sedikit sentuhan hitam di beberapa bagian. Selain itu, logo dan tulisan Red Bull sebagai sponsor utama sudah tak terlihat lagi.

Livery tim satelit KTM untuk MotoGP 2021 (foto: dok. KTM)
Livery tim satelit KTM untuk MotoGP 2021 (foto: dok. KTM)

Dari nama yang digunakan untuk musim ini sudah terlihat. Tim Tech3 KTM Factory Racing tidak memiliki sponsor utama. Namun, keikutsertaannya di MotoGP diyakini dibantu juga oleh KTM. Di musimnya yang kelima di kelas MotoGP, KTM total sudah meraih tidak kemenangan dan sembilan podium, serta tiga kali pole position. Catatan ini membuktikan cepat dan tepatnya pengembangan yang dilakukan oleh KTM.

4. Ducati Lenovo Team

Ducati Desmosedici GP21 kali ini dibalut dengan livery yang mirip dengan musim lalu. Tapi, kali ini livery motor tersebut lebih didominasi oleh warna merah. Aksen hitam yang sebelumnya berada di bagian sayap, bawah fairing, dan sepatbor, sudah berganti menjadi warna merah Sponsor utama pun sekarang sudah diisi oleh Lenovo dan namanya kini menjadi Ducati Lenovo Team.

Dikutip dari Crash.net, dari segi teknis tak ada yang berubah, karena diberlakukannya pembekuan pengembangan mesin. Tapi, tiap tim diperbolehkan untuk satu kali melakukan peningkatan di sektor aerodinamika saat musim balap mulai berjalan. Tim pabrikan Ducati untuk MotoGP 2021 ini diperkuat oleh Jack Miller dan Francesco Bagnaia. Kedua pebalap ini sama-sama naik dari tim satelit Pramac Racing.