Rossi, Ronaldo, dan 3 Atlet Top Dunia yang Diserang Corona (foto: MotoGP)
Rossi, Ronaldo, dan 3 Atlet Top Dunia yang Diserang Corona (foto: MotoGP)

DOMIGADO – Penyebaran virus corona sampai saat ini masih belum mereda. Bahkan sejumlah nama beken terserang dan dinyatakan positif corona, termasuk para atlet olah raga top dunia. Salah satu atlet top dunia yang dikabarkan positif corona baru-baru ini adalah Valentino Rossi. Bahkan sebelumnya, atlet sepak bola Cristiano Ronaldo juga dinyatakan positif corona.

Kabar baiknya, baik Cristiano Ronaldo dan Valentino Rossi tidak menunjukan gejala apapun dan merasa bahwa dirinya baik dan sehat. Kedua atlet ini masih menjalani latihan rutin masing-masing. Olah raga memang sangat penting untuk melawan virus corona. Beberapa penelitian mengatakan bahwa atlet olah raga akan lebih cepat proses penyembuhannya, hal ini dikarenakan ketika berolahraga, kinerja sel darah putih akan terangsang.

Sel darah putih ini yang berfungsi sebagai antibodi untuk melawan berbagai jenis kuman yang masuk kedalam tubuh. Olahraga dipercaya dapat membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru yang memungkinkan tubuh terkena gejala flu dan penyakit lainnya. Ketika olahraga, suhu tubuh juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat menghambat bakteri untuk berkembang dalam tubuh, dan dengan suhu tubuh yang meningkat juga dapat membantu tubuh melawan infeksi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 atlet top dunia yang terserang corona.

1. Novak Djokovic

Salah satu Atlet top dunia tenis Novak Djokovic posotif corona (foto: Alessandra Tarantino / Associated Press)
Salah satu Atlet top dunia tenis Novak Djokovic posotif corona (foto: Alessandra Tarantino / Associated Press)

Petenis nomor satu dunia, Novak Djokovic, dilaporkan positif corona setelah dirinya ambil bagian pada turnamen ekshibisi Adria Tour. Sky Sports pada Selasa (23/6/2020) melaporkan, Djokovic mengatakan bahwa ia telah menjalani tes Covid-19 dan hasilnya positif. Djokovic merupakan salah satu orang di balik layar penyelenggaraan turnamen tenis Adria Tour.

Selain Djokovic, sejumlah bintang-bintang tenis dunia ikut meramaikan turnamen tersebut, diantaranya Grigor Dimitrov, Martin Cilic, Alexander Zverev, dan juga Dominic Thiem. Turnamen ekshibisi Adria Tour dimulai di ibu kota Serbia, Belgrade, yang merupakan kota kelahiran Djokovic. Pada partai final, Djokovic akan menghadapi petenis asal Rusia, Andrey Rubiev. Namun, pertandingan final terpaksa dibatalkan setelah Grigor Dimitrov mengakui bahwa dirinya positif terjangkit virus corona.

Kondisi itu membuat panitia penyelenggara Adria Tour membatalkan pertandingan final yang mempertemukan Djokovic dengan Rubiev. Setelah pertandingan Adria Tour dibatalkan, Djokovic kemudian meninggalkan Kroasia untuk kembali ke Belgrade. Di sana, pemilik delapan gelar juara Australian Open itu menjalani tes Covid-19 yang hasilnya positif.

2. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic (foto: Instagram @iamzlatanibrahimovic)
Zlatan Ibrahimovic (foto: Instagram @iamzlatanibrahimovic)

Penyerang andalan AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, dikabarkan positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19). Hal ini diketahui pada Kamis 24 September 2020 malam WIB jelang pertandingan melawan Bodo/Glimt di babak kualifikasi III Liga Eropa. Direktur Teknis AC Milan, Paolo Maldini mengatakan bahwa dalam tujuh hari, Ibra sudah akan bisa berlatih lagi bersama tim.

Setelah kabar tentang Ibra yang terinfeksi Corona tersebar luas, mantan CEO AC Milan, Adriano Galliani, sejatinya langsung menghubungi bomber berpaspor Swedia tersebut lantaran merasa khawatir. Galliani pasalnya tahu persis bahwa Ibra merupakan kunci kebangkitan AC milan saat ini.

“Saya mengiriminya pesan dan dia membalas dengan foto ironis bir Corona. Dia terlalu kuat, dia singa. Saya jatuh cinta padanya,” jelas Galiani.

“Bersamanya, Milan memimpin kejuaraan pasca-Covid, mereka mencetak poin yang sama dengan Atalanta dengan satu pertandingan lebih sedikit. Milan memenangkan pertandingan Liga Italia pertama (di musim 2020-2021) dengan Ibra mencetak dua gol. Dia kuat dan kami berharap dia akan melakukannya, segera berubah menjadi negatif,” tutur Galliani.

3. Kylian Mbappe

Kylian Mbappe (foto: Reuters)
Kylian Mbappe (foto: Reuters)

Bintang Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe, juga sempat dinyatakan positif terpapar virus corona sehingga tak dapat ikut serta dalam laga Prancis melawan Kroasia di UEFA Nations League beberapa waktu lalu. AFP melaporkan bahwa Mbappe sudah sempat ikut latihan dengan Timnas Prancis pada Senin (7/9) karena belum mengetahui hasil tes Covid-19.

“Dia langsung ditarik dari grup setelah menerima hasilnya di akhir latihan sebelum kembali ke rumahnya pada malam hari,” kata perwakilan dari Timnas Prancis.

Mbappe merupakan orang keempat dari Timnas Prancis yang teridentifikasi terpapar virus corona setelah Paul Pogba, Houssem Aouar, dan Steve Mandanda. Karena hasil ini, Mbappe juga dipastikan tak dapat mengikuti pertandingan pembuka PSG di Ligue 1 melawan Lens pada Kamis (10/9).

Mbappe bukan satu-satunya pemain PSG yang melewatkan laga tersebut. Enam anggota PSG lainnya, termasuk Neymar, juga akan absen karena sudah terpapar virus corona lebih dulu. Berdasarkan protokol kesehatan liga, pemain yang teridentifikasi positif Covid-19 harus mengisolasi diri selama delapan hari.