Barcelona memecat Quique Setien sebagai pelatih kepala
Barcelona resmi memecat Quique Setien pada Senin (17/8/2020) (foto: Twitter/@Sporf)

DOMIGADO – Klub raksasa Spanyol, Barcelona resmi memecat Quique Setien sebagai pelatih kepala mereka, pada Senin (17/8/2020) atau Selasa dini hari WIB. Melalui situs resminya, Barcelona memutuskan untuk memecat Setien setelah melakukan rapat dengan dewan direksi.

“Dewan direksi sepakat bahwa Quique Setien tidak lagi menjadi pelatih tim utama. Ini adalah keputusan pertama dalam restrukturisasi yang lebih luas dari tim utama yang akan disepakati antara direktur teknik saat ini dan pelatih baru, yang akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang. ” bunyi pernyataan Barcelona di situs resmi klub Senin (17/8/2020).

Pemecatan ini sebenarnya sudah bisa diprediksi usai Barcelona dipastikan puasa gelar dimusim 2019/20 menyusul kegagalan di ajang Copa del Rey, La Liga, dan juga Liga Champions. Di pentas La Liga, sebelum liga dihentikan sementara karena pandemi, Barcelona memuncaki klasemen, namun secara tragis harus kalah bersaing dengan sang rival abadi, Real Madrid yang mampu menggondol gelar juara di akhir musim.

Puncak kesabaran manajemen Barca terhadap Setien terjadi ketika Lionel Messi cs secara tragis dibantai dengan skor telak 2-8 oleh Bayern Munchen dalam partai perempat final Liga Champions akhir pekan kemarin. Sejak ditunjuk menggantikan Ernesto Valverde pada 13 Januari lalu.  Selama 7 bulan melatih Blaugrana, mantan pelatih Real Betis itu mencatat 25 laga yang terdiri dari 19 laga liga, 3 laga Liga Champions dan 3 laga Copa del Rey. Dari total 25 laga tersebut, Setien mencatat 16 kemenangan, 4 imbang dan 5 kekalahan.

Kronologi Pemecatan Quique Setien

Setien dipecat hanya dua hari setelah Barcelona dibantai Bayern Munchen 2-8
Setien dipecat hanya dua hari setelah Barcelona dibantai Bayern Munchen 2-8 (foto: Reuters)

Barcelona resmi memecat Quique Setien dari jabatan kursi kepelatihan, Selasa (18/8) dini hari WIB. Quique Setien dipecat hanya dua hari setelah Barcelona dibantai Bayern Munchen 2-8 pada perempat final Liga Champions di Stadion Da Luz, Sabtu (15/8) dini hari WIB. Hanya beberapa saat setelah Barcelona dihabisi Bayern Munchen, Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu mengeluarkan pernyataan soal isyarat bakal memecat Setien.

Pada Senin (17/8) siang waktu setempat, pihak klub Barcelona dilaporkan sudah melakukan pendekatan ke pelatih timnas Belanda, Ronald Koeman. Dikutip dari Sportskeeda, Koeman disebut menerima tawaran Barcelona menggantikan Setien. Koeman sendiri sempat masuk bursa pelatih pada 2020 setelah Blaugrana mendepak Ernesto Valverde. 

Namun, Koeman menolak tawaran Barcelona karena masih fokus menangani timnas sepakbola Belanda untuk menghadapi Piala Eropa 2020 yang akhirnya ditunda karena pandemi virus corona. Hanya beberapa jam setelah kesepakatan dengan Koeman, Barcelona memecat Setien. Pemecatan itu diumumkan melalui situs resmi Barcelona.