Tak puas, Chelsea resmi depak Lampard dari kursi kepelatihan (foto: Getty Images)
Tak puas, Chelsea resmi depak Lampard dari kursi kepelatihan (foto: Getty Images)

DOMIGADO – Frank Lampard resmi didepak dari kursi kepelatihan Chelsea. Pemecatan Frank Lampard diketahui usai pihak Chelsea merilis pernyataan resmi pada Senin (25/1) malam WIB. Dalam rilisan tersebut, pihak Chelsea juga menyatakan bahwa pemecatan Frank Lampard akibat dari rentetan hasil buruk yang dialami klub asal London tersebut.

Dibawah asuhan kepelatihan Frank Lampard, Chelsea hanya mampu memetik dua kemenangan dari delapan laga terakhir yang dijalani di Liga Inggris. Tidak hanya itu, beberapa pemain bintang pilihan Frank Lampard yang didiatangkan Chelsea dengan harga yang terbilang tidak murah, juga belum mampu mendongkrak performa timnya.

Situasi inilah yang membuat pemilik Chelsea, Roman Abramovic beserta dewan klub memutuskan untuk memberhentikan Frank Lampard sebagai pelatih. Roman Abramovic juga mengungkapkan bahwa pemecatan tersebut adalah salah satu langkah yang harus dilakukan Chelsea saat ini. The Blues tertahan diperingkat 9 klasemen semetara Liga Inggris dengan koleksi 29 poin.

“Ini adalah keputusan yang sangat sulit bagi Klub, paling tidak karena saya memiliki hubungan pribadi yang sangat baik dengan Frank dan saya sangat menghormatinya.”

“Dia adalah pria dengan integritas tinggi dan memiliki etika kerja tertinggi. Namun, dalam situasi saat ini kami yakin bahwa yang terbaik adalah mengganti manajer.”

“Atas nama semua orang di Klub, Dewan dan secara pribadi, saya ingin berterima kasih kepada Frank atas pekerjaannya sebagai Pelatih Kepala dan berharap dia sukses di masa depan. Dia adalah ikon penting dari klub hebat ini dan statusnya di sini tetap tidak berkurang. Dia akan selalu disambut hangat kembali di Stamford Bridge. ” kata Abramovich, dikutip dari laman resmi Chelsea.

Frank Lampard sebenarnya memiliki torehan yang cukup fantastis di Chelsea. Di musim lalu, pelatih berusia 42 tahun tersebut mampu membawa The Blues bertengger di posisi ke 4 klasemen Liga Inggris meski musim tersebut adalah musim perdana ia menangani Chelsea. Ia pun mendapat ganjaran dari klub, yakni gelontoran dana untuk belanja pemain senilai lebih dari £200 juta.

Pangkal masalah yang membuat Lampard dipecat Chelsea

frank lampard pelatih Chelsea
sc : Bolasport

Dilansir dari laman Bolanet, ada banyak masalah dalam skuad The Blues, dan Lampard dinilai belum bisa menyelesaikannya. Dia pun tidak bisa terus berdalih bahwa masih membutuhkan waktu, sebab kesempatan untuk Lampard terbilang sudah cukup panjang.

1. Frank Lampard Cicipi Kekalahan Pahit Bersama Chelsea

Bibit masalah Chelsea sebenarnya sudah terlihat sejak awal musim, tapi baru benar-benar muncul pada Desember 2020 lalu. Kekalahan 0-1 dari Everton (13/12) jadi awal masalah yang kemudian terus menggunung. Chelsea kemudian kalah dari Arsenal, yang menurut kabar sudah mulai membuat geram Roman Abramovich.

Nahasnya The Blues tidak bisa segera bangkit, bermain imbang dengan Aston Villa pada laga berikutnya, kemudian kalah lagi dari Manchester City di awal 2021. Teranyar, Chelsea kalah 0-2 dari Leicester akhir pekan lalu. Abramovich pun habis kesabaran, waktu Lampard pun ikut habis.

2. Lampard Dipandang dengan Ekspektasi Tinggi

sc : the athletic

Lampard mendapatkan banyak pemain baru untuk memulai musim ini. Kedatangan pemain-pemain ini sangat membantu, tapi juga membuatnya menghadapi tuntutan yang lebih besar. Ekspektasi terhadap Lampard jadi lebih tinggi daripada musim lalu.