Lionel Messi, dan empat pemain kidal terbaik sepanjang masa (foto:Getty Images)
Lionel Messi, dan empat pemain kidal terbaik sepanjang masa (foto:Getty Images)

DOMIGADO – Dalam dunia sepak bola, para pemain mayoritas lebih dominan menggunakan kaki kanan sebagai kaki terkuat mereka. Namun ada juga pemain-pemain terbaik yang menggunakan kaki kiri atau kidal namun tetap mematikan. Bahkan banyak yang bilang jika pemain terbaik dengan kidal memiliki inteligensi yang lebih. Berikut redaksi Domigado.com akan mengulas 5 pemain kidal terbaik sepanjang masa.

Beberapa posisi dalam permainan sepak bola membutuhkan pemain yang memiliki kekuatan di kaki kiri atau kidal. Pemain kidal memang selalu menjadi daya tarik tersendiri karena terbilang cukup langka. Itulah mengapa pemain kidal tidak jarang menjadi bintang di klubnya. Diego Maradona misalnya, legenda Argentina yang baru saja berpulang ini menjadi salah satu pemain kidal terbaik sepanjang masa.

Maradona juga selalu menjadi pemain bintang di klub manapun yang ia bela. Di era sepak bola modern seperti saat ini, penerus Maradona di timnas Argentina, Lionel Messi juga menjadi pemain kidal yang mematikan. Tidak hanya piawa mengolah sikulit bundar dengan kaki kirinya, Messi juga memiliki tusukan dan juga tendangan bebas kaki kiri yang tidak bisa diremehkan.

Dalam sejarah dunia sepak bola, terhitung beberapa pemain kidal yang memberikan hiburan bagi para penikmatnya. Sontekan maut, umpan matang dengan kaki kiri, selalu menjadi warna tersendiri di dunia sepak bola. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 pemain terbaik dengan kaki kiri terbaik sepanjang masa.

1. Lionel Messi

Era sepak bola modern saat ini, siapa yang meragukan kemampuan kaki kiri seorang Lionel Messi? Tidak hanya tendangan-tendangan akuratnya, kaki kiri seorang Messi juga sangat piawai dalam mengolah si kulit bundar. Gocekan kaki kiri Messi selalu membuat lawan-lawannya kuwalahan. Berkat kepiawaian ini, Messi menjadi pemain dengan koleksi gelar Ballon d’Or terbanyak.

Lionel Messi, seperti yang kita tahu juga memiliki segudang rekor lain. Kaki kiri Messi solah memiliki daya magis. Drible yang seperti memiliki daya lekat terhadap bola, eksekusi bola mati, hingga tembakan-tembakan terukur Messi selalu mampu mengoyak gawang lawan. Dilansir dari laman sportmob, saat ini Messi tercatat sebagai pemain Barcelona yang memiliki koleksi goal terbanyak, yakni 640 goal di semua kompetisi yang ia mainkan.

Tidak hanya itu Messi juga mencatatkan umpan matang sebanyak 282 kali dari 742 pertandingan yang mainkan bersama Barcelona. Bersama Barcelona, messi telah mengkoleksi banyak sekali trophy. Lionel Messi telah mempersembahkan empat gelar Liga Champions, 10 gelar La Liga hingga enam gelar Copa Del Rey untuk Barcelona. Namun sayang, di level timnas, Messi belum mampu mepersembahkan satu gelarpun bagi Argentina.

2. Ryan Giggs

Ryan Giggs, pemain yang saat ini melatih timnas wales ini menghabiskan karirnya selama menjadi pemain sepak bola di klub asal Manchester, Manchester United. Ryan Giggs sukses memukau para pecinta sikulit bundar dengan keahlian menyisir lapangan dengan kaki kirinya. Kecepatan yang dimilikinya juga bisa dibilang diatas rata-rata.

Tidak hanya itu, kemampuan Ryan Giggs dalam memberikan umpan-umpan silang bagi striker setan merah juga sangat memukau. Ryan giggs selalu menjadi andalan pelatih Sir Alex Fergusan di sisi kiri lini serang Manchester United. Ia mencatatkan 963 penampilan selama 24 tahun karirnya bersama Manchester United.

Dari penampilannya tersebut, Ryan Giggs menciptakan 271 assists yang mayoritas dihasilkan dari kaki kirinya. Selama ia bermain di lapangan hijau, Ryan Giggs pun meraih begitu banyak throphy, termasuk 13 gelar Premier League dan juga dua gelar Liga Champions. Ryan Giggs adalah salah satu pemain serba bisa, namun posisi utamanya adalah sebagai pemain sayap kiri.

3. Roberto Carlos

Tendangan bebas ikonik Roberto Carlos kala bermain di Piala Dunia 1997 melawan Prancis menjadi salah satu alasan pemain Brazil ini layak menjadi salah satu pemain kidal terbaik  sepanjang masa. Kala itu tendangan bebas Roberto Carlos meluncur deras disertai lengkungan indah yang seakan menghipnotis kiper Prancis dan hanya termenung melihat bola masuk ke gawangnya.

Roberto Carlos adalah salah satu bek kiri terbaik sepanjang masa yang pernah ada di sepak bola dengan anugerah tembakan mematikan dari kaki kirinya. Roberto Carlos juga dianggap sebagai pelopor bek sayap era modern yang bisa diplot sebagai pembantu lini serang. Kaki kirinya sudah tidak perlu diragukan lagi sebagai salah satu yang terbaik.

Penampilan Roberto Carlos baik di level timnas maupun level klub, terbilang cukup suksesnya. Penampilan Roberto Carloz bersama timnas Brazil, turut menyumbangkan satu gelar Piala Dunia dan dua Copa America. Di level klub, Roberto Carlos memiliki empat gelar La Liga, tiga Liga Champions dan gelar-gelar besar lainnya.