Tampil menawan dengan pemain muda, inikah kekuatan baru Timnas Italia? (foto: AP Photo)
Tampil menawan dengan pemain muda, inikah kekuatan baru Timnas Italia? (foto: AP Photo)

DOMIGADO – Timnas Italia berhasil mengalahkan Bosnia Herzegovina dengan skor 2-0 di Stadion Grbavica, Sarajevo, Kamis dini hari WIB 19 November 2020 dalam lanjutan UEFA Nations League 2020/2021. Dengan demikian Timnas Italia berhak melaju ke babak selanjutnya. Namun yang menarik perhatian adalah Timnas Italia tampil dengan kekuatan muda yang dipercaya sang pelatih Roberto Mancini akan mengembalikan kejayaan sepak bola Italia.

Di pertandingan melawan Bosnia-Herzegovina semalam misalnya, nama-nama seperti Manuel Locatelli, Alessandro Bastoni, dan Gianluigi Donnarumma dipercaya untuk mengisi starting XI. Diakui oleh Mancini bahwa ia tak ragu untuk memainkan para pemain muda tersebut karena sudah percaya dengan kualitas yang mereka miliki.

“Saya ingin berterima kasih kepada semua pemain yang berkontribusi untuk mencapai titik ini selama dua tahun terakhir, mereka yang bermain malam ini dan mereka yang ada di rumah,” ujar Mancini, dikutip dari Football Italia, Kamis (19/11/2020).

Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini (foto: AP Photo)
Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini (foto: AP Photo)

“Saya pikir kami memiliki beberapa pemain muda yang sangat berbakat di Italia. Kami hanya harus memberi mereka kesempatan untuk bermain,” lanjutnya.

“Mungkin ada kesulitan di awal, tetapi jika mereka memiliki bakat, itu akan muncul dalam enam atau tujuh bulan. Tim-tim junior Italia sangat penting bagi kami dan telah membantu mempersiapkan para pemain untuk melangkah maju,” jelas Mancini.

Di bawah komando Mancini inilah Italia kembali menapaki masa-masa indahnya lagi. Sejauh ini Timnas Italia asuhan Mancini telah melakoni 22 pertandingan. Luar biasanya, mereka tak pernah sekalipun menelan kekalahan. Mancini juga tak ragu memberikan kesempatan kepada para pemain muda Italia untuk unjuk gigi.

Timnas Italia Lolos ke semifinal UEFA Nations League 2020/2021

Timnas Italia menjadi salah satu tim yang lolos ke semifinal UEFA Nations League 2020/2021. Hasil itu diraih karena Gli Azzurri sudah bekerja keras. Kelolosan Italia diraih di matchday terakhir fase grup UEFA Nations League 2020/2021. Di pertandingan keenam Grup A1, Italia menang 2-0 atas Bosnia & Herzegovina.

Kemenangan itu memastikan Italia memuncaki Grup A1 dengan raihan 12 poin dari 6 laga, hasil tiga kemenangan dan tiga kali imbang. Italia menghindari kejaran Timnas Belanda, yang di saat bersamaan juga bisa mengatasi Timnas Polandia 2-1. De Oranje hanya meraih 11 poin dari 6 laga, dan harus puas menjadi runner up Grup A1.

Jorginho, yang menjadi starter di laga itu, mengaku senang dengan keberhasilan Italia. Menurutnya, sukses ini diraih usai negaranya bekerja keras setelah sempat terseok-seok sepanjang fase grup.

“Kami senang dengan hasilnya. Ini laga yang sulit, mereka bermain bagus dan memberikan beberapa kesulitan buat kami. Ini laga yang bagus, kami menikmatinya, dan saya rasa kami layak untuk menang,” kata Jorginho di situs resmi UEFA.

“Kami senang dengan kinerja kami dan yang sudah kami lakukan sebab kami bekerja sangat keras untuk itu. Kami yakiin dengan diri sendiri dan inilah yang kami ingin lanjutkan Italia bergabung dengan Timnas Belgia, Timnas Prancis, dan Timnas Spanyol di semifinal. Adapun pertandingannya akan mulai digelar pada 6 Oktober 2021.