Viral, berkat TikTok saudara kembar bertemu setelah berpisah selama 20 tahun (foto: Facebook/Trena Ayudia Yudistira)
Viral, berkat TikTok saudara kembar bertemu setelah berpisah selama 20 tahun (foto: Facebook/Trena Ayudia Yudistira)

DOMIGADO – Viral, seorang gadis asal Blitar Jawa Timur menemukan saudara kembarnya yang terpisah selama 20 tahun berkat video aplikasi tiktok. Unggahan video aplikasi tiktok memang kerap viral di Indonesia. Hingga saat ini, pengguna aplikasi tiktok semakin bertambah. Netizen ramai-ramai mengunggah video kreatif mereka agar viral dan menjadi perhatian di dunia maya.

Ialah Treni Fitri Yana, terpisah dengan saudari kembarnya bernama Trena Mustika dan keluarga besarnya yang kini berada di Tasikmalaya Jawa Barat selam 20 tahun. Treni berncana akan berangkat dari Blitar, Jawa Timur menuju Tasikmalaya pada Rabu (21/10/2020).

“Mungkin seminggu di sana, karena dua hari pasti tidak akan cukup,” ungkap Treni.

Bagimana kisah Treni yang akhirnya menemukan saudara kembarnya ini?

Kisah Treni yang berpisah dengan Trena

Melansir laman Kompascom, Treni dipertemukan dengan saudara kembarnya, Trena, melalui aplikasi TikTok, Selasa (14/10/2020) lalu. Treni dan Trena sudah terpisahkan sejak berusia sekitar 2 tahun. Saat itu mereka tinggal di Ambon bersama orangtua yang merupakan transmigran dari Pulau Jawa. Orangtua Treni dan Trena terpaksa menitipkan anak kembarnya kepada tetangga lantaran harus mengurus keluarga yang sakit di kampung halaman.

Treni tanpa sengaja menemukan saudari kembarnya di TikTok (foto: Tiktok.com/@trenifitriyana)
Treni tanpa sengaja menemukan saudari kembarnya di TikTok (foto: Tiktok.com/@trenifitriyana)

Trena dan Treni kemudian diasuh oleh keluarga yang berbeda. Setelah kerusuhan Ambon pada 1999, Trena dibawa kembali ke Tasikmalaya dan kemudian kembali bersama orangtua kandungnya. Sedangkan Treni dibawa keluarga yang mengasuhnya ke Blitar.

“Setelah saya dibawa ke Blitar, orangtua asuh lost contact dengan orangtua kandung, dari dulu dan baru ketemu sekarang,” ungkap Treni.

Treni mengungkapkan, sejak kecil dia tidak tahu memiliki saudara kembar. Berbalik dengan Trena yang sejak kecil sudah diberi tahu memiliki saudara kembar.

“Karena ibu saya namanya juga tidak punya anak cewek dan tidak mau kehilangan, makanya menyimpan rahasia ini dengan rapat,” ungkap Treni.

Treni sempat kaget saat bertemu dengan saudara kembarnya. Diketahui Treni terlahir dengan nama Elis Treni Mustika, dan saudaranya Elis Trena Mustika.

“Kemudian orangtua asuh saya sudah meminta izin untuk mengganti nama menjadi Treni Fitri Yana,” kata Treni.

Treni menyebut Trena selama ini sudah berupaya mencarinya.

“Dia (Trena) pernah cari saya di YouTube, di media sosial, bahkan juga di TV nasional tapi tidak ketemu, dan sekarang kita dipertemukan lewat TikTok,”

Awal Perjumpaan di TikTok

Treni awalnya menggunakan akun TikTok hanya untuk mengisi waktu luang. Informasi yang didapat Treni dari Trena, awalnya video TikTok Treni tidak sengaja dilihat oleh tetangga Trena.

“Tetangga Trena memuji Trena ‘kok bikin TikTok bagus-bagus’, padahal Trena jarang membuat video,” ungkap Treni.

Saat itu Trena hanya menganggap jika itu hanya orang yang mirip dengannya.

“Kemudian ada tiga orang yang bilang ke Trena kalau ada yang bikin video mirip dia. Lalu tetangga-tetangga Trena ngecek media sosial aku, karena saya juga berjualan online, jadi ada kontak saya yang tercantum.” kata Treni.

“Kemudian kakak-kakak dan Trena ngontak aku semua,” sambung Treni.

Awalnya, kakak kandung Treni mengontak untuk bertanya soal produk.

“Setelah itu tanya lebih lanjut, dia tanya hal pribadi, tanya nama saya siapa, nama orangtua saya siapa. Saya awalnya hanya cuek, karena saya merasa tidak kenal dan takut kalau penipuan. Lalu kakak saya bilang nama orangtua (asuh) saya siapa, dan saya syok kok bisa tahu,” jelas Treni.

Kemudian, kakak Treni mengirimkan foto KTP Trena.

Trena Mustika (24), kakak kembar Treni Fitri Yana (24), yang baru bisa berhubungan kembali gara-gara unggahan video Tik Tok selama 20 tahun viral (foto: Kompas/Irwan Nugraha)
Trena Mustika (24), kakak kembar Treni Fitri Yana (24), yang baru bisa berhubungan kembali gara-gara unggahan Tik Tok selama 20 tahun (foto: Kompas/Irwan Nugraha)

“Di situ saya lihat wajahnya sangat mirip dengan saya, tapi tanggal lahirnya berbeda. Saya masih nggak percaya, saya pikir hanya mirip, saya juga nyuekin saudara kembar saya,” ungkapnya.

Kemudian, Treni diminta untuk memeriksa Facebook milik Trena.

“Pas saya cek bener-bener mirip, dari gaya foto, cara berjilbab, dan lain-lain. Saya syok, kaget, ngerasa seneng iya, badan panas dingin, sama kakak-kakak dibilangin ‘kamu itu adik aku’,” ungkap Treni.

Hal itu dirasakan Treni karena rahasia tersebut tidak pernah disampaikan kepadanya.  

“Kemudian sama kakak disuruh konfirmasi sama ibuk (asuh), karena saya tidak mau langsung bertanya dan takut kalau beliau syok, saya bilang ke kakak agar bapak (kandung) untuk bertanya langsung ke ibuk, orangtua ke orangtua,” ungkap Treni.

“Akhirnya mereka komunikasi, ibuk juga kaget, syok, dan ibuk masih bilang saya enggak mau kehilangan anak,” lanjutnya.

Namun, ayah Treni menjelaskan tidak bermaksud mengambil kembali anaknya. Treni tidak menaruh rasa kecewa kepada ibu asuh yang menyembunyikan kenyataan tersebut.

“Yang saya pikirkan sekarang adalah saya bahagia, seneng banget sampai ga bisa diungkapkan rasa senengnya,” ungkap Treni.

Terkadang sebuah media sosial memang dapat memberikan hal positif tanpa di duga-duga. Kisah Pertemuan Treni dengan saudara kembarnya Trena menjadi satu contoh yang positif penggunakan aplikasi media sosial. Dengan kuasa Tuhan, melalui aplikasi tiktok, Treni akhirnya menemukan saudara kembarnya yang terpisah selama 20 tahun.