DOMIGADO – Mungkin selama ini banyak yang meremehkan keberadaan dan pentingnya pakaian dalam. Biasanya sebagian orang tidak terlalu menganggap atau bahkan menyepelekan proses mencuci dan menyimpan pakaian dalam. Padahal pakaian dalam merupakan salah satu aspek paling penting untuk kebersihan diri dan kesehatan  kita, loh.

Tidak mencuci pakai dalam dengan benar bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh terutama alat kelamin. Selain itu celana dalam jadi tidak awet karena memang celana dalam itu rentan melar dan warnanya pun mudah pudar. Karena itu kita perlu mengetahui cara mencuci pakaian dalam yang benar.

Selain agar celana dalam lebih awet dan gampang melar. Kesehatan tubuh kita pun jadi lebih terjaga. Berikut ini adalah 7 cara mencuci pakaian dalam yang benar.

1. Segera mencuci pakaian dalam setelah dipakai

Segera cuci setelah dipakai

Setelah melepas cuci pakaian dalam dan menggantinya, segera cuci pakaian dalammu yang kotor. Jangan biarkan cucian pakain dalam menumpuk selama berhari-hari di keranjang cucian. Menumpuk pakaian dalam kotor selama berhari-hari dan tidak segera dicuci bisa berpotensi menumbuhkan bakteri. Selain itu noda yang ada di celana dalam akan lebih sulit dibersihkan kamu mendiamkannya selama berhari-hari

2. Pisahkan dari pakaian lain

Pisahkan dengan pakaian lain

Untuk kalian yang masih mencampur pakaian dalam kotor kalian dengan pakaian kotor lain. Mulai sekarang kalian harus menghentikan kebiasaan itu. Pakaian dalam tidak sama dengan pakaian biasa yang kamu gunakan di tubuh kamu. Selalu pisahkan cucian pakain dalam dengan pakaian kotor lainnya.

Hal ini perlu kamu lakukan agar pakaian dalamnu terbebas dari kontaminasi dari kuman dan kotoran yang menempel di pakaian lain. Juga sebaliknya agar pakaian kotormu yang lain tidak terkena bakteri yang ada di pakaian dalam. Memisahkan cucian pakaian dalam juga bisa mencegah terjadinya kelunturan warna pada pakaian, loh.

3. Cuci pakaian dalam dengan tangan

pakaian dalam mencuci
Mencuci pakaian dalam dengan tangan

Pakaian dalam biasanya terbuat dari bahan yang lebih lembut daripada pakaian lain. Karena ditujukan untuk melindungi bagian tubuh yang paling sensitif. Sehingga mesin cuci terlalu kasar untuk dipakai mencuci. Apalagi jika dilakukan terlalu sering dan terus-menerus. Pakaian dalam kamu akan lebih cepat rusak jika dicuci dengan mesin cuci. Sehingga celana dalammu akan lebih bersih dan awet jika kamu cuci dengan tangan saja.

4. Gunakan detergen khusus mencuci pakaian dalam

Pakaian dalam sakti

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa pakaian dalam berbeda dengan pakaian lain. Sehingga pakaian dalam baiknya tidak dicuci dengan detergen yang sama dengan pakaian lain. Lebih baik mencuci pakaian dalam dengan detergen khusus. Gunakan sabun atau detergen yang sudah disesuaikan dengan bahan pakaian dalam.

Kalau kamu merasa kerepotan untuk mencari detergen khusus celana dalam. Ternyata kamu juga bisa menggunakan sampo bayi untuk merendam pakaian dalam kamu sebagai alternatif. Sampo bayi bisa digunakan karena  formulanya yang lebih dan bersih dalam mencuci.

5. Jangan direndam terlalu lama

pakaian dalam mencuci
Jangan merendam terlalu lama

Biasanya sebelum dicuci pakaian akan direndam lebih dahulu tidak terkecuali pakaian dalam. Namun lebih baik jangan mendiamkan pakaian dalam di rendaman terlalu lama. Karena merendam terlalu lama dapat merusak serat bahan dan bentuk asli pakaian dalam. Jika ingin merendam pakaian dalammu sebelum dicuci ada baiknya merendamnya selama 5 menit saja.