official poster KKN Desa Penari Movie

Film yang diadaptasi dari sebuah cerita horor viral ini sudah siap tayang di bioskop pada 19 Maret 2020. Pihak MD Pictures selaku rumah produksi film ini pun juga sudah merilis Official trailer KKN Desa Penari The Movie pada 20 Februari lalu secara resmi. Dan dalam sehari trailer tersebut dirilis sudah menjadi trending 10 Youtube.

Kisah viral ini memang cukup berhasil menarik simpati masyarakat. Banyak yang meyakini jika kisah tersebut adalah nyata, namun tidak sedikit pula yang menganggap jika cerita tersebut hanyalah karangan belaka.

Cerita Dibalik Pembuatan Film, Dari Kisah Mistis Hingga Biaya Fantastis

Kisah yang menyita perhatian publik ini datang dari sebuah akun twitter yang menamakan dirinya simpleman. Setelah sukses viral di dunia maya, kisah horor tersebut dikemas dalam sebuah novel dengan judul yang sama, KKN Desa Penari. Kesuksesan kisah horor nyata simpleman ini pun menarik perhatian MD Pictures dan Pichouse Film untuk mengangkatnya ke dalam layar lebar.

Proses syuting film yang dimulai pada pertengahan Desember 2019 lalu ini melibatkan artis – artis muda berbakat, di antaranya Tissa Biani  ( Nur ), Aghniny Haque ( Ayu ), Achmad Megantara ( Bima ), Adinda Thomas (Widya), Fajar Nugraha (Wahyu), Calvin Jeremy (Anton). Mereka dipercaya untuk memerankan tokoh utama ke-enam mahasiswa yang menjalankan KKN di Desa Penari. Selain ke-enam tokoh di atas, satu tokoh utama lain yang juga menjadi ikon dalam cerita KKN Desa Penari, Badarawuhi atau Sang Penari, diperankan oleh Aulia Sarah, aktris cantik yang kerap membintangi sejumlah sinetron.

pembuatan film

Film yang diangkat dari kisah mistis ini rupanya juga menyimpan cerita mistis dibalik pembuatannya. Beberapa pemain mengaku jika lokasi yang dijadikan syuting film KKN Desa Penari memiliki aura yang tidak biasa, ditambah lagi seting pengambilan gambar yang benar – benar seram mampu membuat bulukuduk merinding. Sejumlah pemain dan crew film sempat beberapa kali mendapat gangguan dari makhluk halus, seperti Tissa Biani dan pemain lain yang sempat “ketempelan” makhluk halus di lokasi syuting. Maklum saja, lokasi syuting yang berada di tengah hutan membuat para pemain dan crew film mengalami banyak kejadian aneh selama 38 hari proses pembuatan film berlangsung.

cutscene

Film yang disutradarai Awi Suryadi serta diproduseri oleh Manoj Punjabi dan Lele Laila ini mengambil lokasi syuting di daerah Gunung Kidul, Jogjakarta. Menurut Manoj Punjabi, kota Jogja dipilih sebagai lokasi syuting karena dirasa memiliki kemiripan dengan lokasi yang digambarkan dalam cerita di novel. Alasan lainnya yaitu demi menjaga privasi kota dari cerita mistis tersebut berasal. Menurut kabar yang beredar, biaya yang dihabiskan dalam pembuatan film ini mencapai 15 miliar.

Kisah Nyata Yang Menyita Perhatian Publik

Cerita horor ini menjadi viral di twitter pada 2019 lalu, saat sebuah akun bernama Simpleman membagikan tuitan berisi cerita misteri yang diakuinya sebagai kisah nyata salah seorang terdekatnya. Lewat cuitannya tersebut ia menuliskan bahwa KKN Desa Penari bercerita tentang segerombolan mahasiswa dari sebuah universitas di kota S yang berada di Jawa Timur yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa pelosok yang berada di kota berinisial B yang berada diujung Jawa Timur. Mereka adalah Nur, Widya, Ayu, Anton, Bima, dan Wahyu. Namun, KKN yang mereka harapkan berjalan mulus nampaknya berubah menjadi sebuah malapetaka. Serentetan pengalaman horor menghantui mereka, puncaknya kemarahan sang Badarawuhi, makhluk ghaib yang dipercaya sebagai penguasa di wilayah tersebut murka atas perbuatan buruk yang dilakukan oleh dua dari enam  mahasiswa tersebut, sehingga KKN yang mereka kerjakan berakhir tragis.

pembuatan film KKN desa penari

Banyak spekulasi yang muncul dari para pembaca terkait tempat kejadian kisah misteri ini. Hal tersebut lantaran bahasa yang digunakan para tokoh dalam kisah tersebut menggunakan dialog kental Jawa Timuran yang diceritakan simpleman. Selain itu, beredar kabar jika beberapa tokoh asli dalam cerita tersebut masih hidup dan menjadi sumber utama cerita tersebut berasal.

cutscene KKN desa penari movie

Well, terlepas dari kisah ini nyata atau nggak, yang pasti film KKN Desa Penari wajib kamu lihat. Kalau baca novel atau unggahannya di twitter aja sudah berhasil bikin merinding, apalagi lihat filmnya.

Trailer KKN Desa Penari the Movie