5 wisata pilihan yang wajib kamu kunjungi di Sumatra Barat (Foto: Martadinata/via kumparan)
5 wisata pilihan yang wajib kamu kunjungi di Sumatra Barat (Foto: Martadinata/via kumparan)

DOMIGADO – Sumatra Barat adalah rumah bagi etnis Minang Kabau. Wisata Sumatra barat menawarkan perpaduan antara keindahan bentangan alam dan juga kebudayaan yang masih kental. Banyak destinasi Wisata yang unik di Sumatra Barat. Berikut adalah 5 wisata pilihan jika kamu berkunjung ke Sumatra Barat.

Sumatra Barat yang terletak di pesisir barat di bagian tengah pulau Sumatra, memiliki pesona wisata  yang terdiri dari dataran rendah di pantai barat dan dataran tinggi vulkanik yang dibentuk oleh Bukit Barisan. Seperti daerah lainnya di Indonesia, iklim Sumatra Barat secara umum bersifat tropis dengan suhu udara yang cukup tinggi. Provinsi ini juga dilalui oleh Garis khatulistiwa, tepatnya di Bonjol, Pasaman.

Sumatra Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya dengan sumber keanekaragaman hayati. Sebagian besar wilayah Sumatra Barat masih terdapat hutan tropis alami dan dilindungi. Berbagai spesies langka masih dapat dijumpai, misalnya Rafflesia arnoldii (bunga terbesar di dunia), harimau sumatera, siamang, tapir, rusa, beruang, dan berbagai jenis burung dan kupu-kupu.

Nah, ini dia 5 rekomendasi destinasi wisata yang menawarkan keindahan serta memanjakan mata di Sumatra Barat yang berhasil dirangkum redaksi Domigado.com dari berbagai sumber.

1. Kelok Sembilan

Desain jembatan layang Kelok Sembilan yang begitu unik dan dikeliling pegunungan yang hijau, membuat setiap orang yang melintasinya berdecak kagum. Flyover Kelok Sembilan ini berada di Kabupaten Limapuluh Kota atau berdekatan dengan perbatasan Sumatera Barat-Riau. Tak jarang setiap pengendara yang melintasi tempat ini, mengabadikan momennya dengan berswafoto.

Begitu juga bagi kamu yang hobi fotografi, Kelok Sembilan jadi spot foto yang sangat menarik untuk diabadikan. Namun pemerintah tetap menghimbau kepada pengendara untuk tidak memberhentikan kendaraannya di atas flyover, karena berisiko terjadi kecelakaan. Kelok Sembilan ini terletak sekitar 30 km sebelah timur dari Kota Payakumbuh menuju Provinsi Riau.

Jalan ini membentang sepanjang 300 meter di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, dan merupakan bagian dari ruas jalan penghubung Lintas Tengah Sumatera dan Pantai Timur Sumatera. Jalan ini memiliki tikungan yang tajam dan lebar sekitar 5 meter, berbatasan dengan jurang, dan diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam yakni Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau.

2. Lembah Harau

Kawasan Lembah Harau memiliki pemandangan alam yang begitu asri dan menyegarkan mata. Lembah Harau diapit oleh bukit-bukit cadas yang terjal. Lembah ini masih teletak di Kabupaten Limapuluh Kota, dan hanya butuh perjalanan sekitar lama satu jam dari flyover Kelok Sembilan untuk sampai di Lembah Harau.

Ada dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter berupa batu pasir yang terjal berwarna-warni, dengan ketinggian 100 sampai 500 meter. Topografi Cagar Alam Harau adalah berbukit-bukit dan bergelombang. Tinggi dari permukaan laut adalah 500 sampai 850 meter, bukit tersebut antara lain adalah Bukit Air Putih, Bukit Jambu, Bukit Singkarak dan Bukit Tarantang. 

Bagi pengunjung yang pernah datang ke sana, mengaku bahwa perjalanan menuju Lembah Harau amat menyenangkan. Karena sepanjang perjalanan dapat merasakan udara yang masih segar, serta dihiasi dengan pemandangan tebing-tebing granit yang menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah. Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai ketinggian 80 m hingga 300 m.

3. Danau Singkarak

Jika ingin melihat ikan bilih yang merupakan endemik Singkarak, kamu bisa berkunjung ke tempat wisata ini. Ikan bilih diketahui pertama kali ditemukan dua peneliti Belanda, Weber dan Beaufort, pada 1912. Ikan bersisik perak berkilauan ini hanya bisa berkembang hingga ukuran sekitar 5 cm.

Sembari mengarungi danau dan melihat seperti apa bentuk ikan bilih, kamu juga bisa menikmati keindahan alam sekitar yang masih asri. Danau Singkarak merupakan danau terluas di Sumatera Barat. Saking besarnya, danau ini membentang pada dua kabupaten, Solok dan Tanah Datar.

4. Kawasan Wisata Mandeh

Di Kabupaten Pesisir Selatan kini tidak hanya terkenal dengan wisata Pantai Carocok Painan, tapi kini telah hadir wisata yang tak kalah eksotisnya dengan Raja Ampat Papua, yakni Kawasan Wisata Mandeh. Di Mandeh, dapat dipastikan akan dapat membius mata pengungjung yang melintasi Mandeh.

Keindahan yang membentang di jalan yang baru selesai dibangun oleh Kementerian PUPR ini, tiada habisnya menghadirkan kejutan-kejutan keindahan Mandeh yang membentang di pantai Samudera. Kawasan Mandeh ini setidaknya memiliki belasan pulau-pulau kecil yang memiliki terumbu karang yang indah.

Akses jalan menuju Mandeh bisa ditempuh menggunakan jalan dari Teluk Bayur menuju perbatasan Kabupaten Pesisir Selatan. Selain itu juga bisa menuju jalan baru yang masuk dari PLTU Teluk Sirih dan menyisiri jalan perbukitan. Di sinilah perjalanan yang akan menghipnotis mata atas keindahannya Mandeh.

5. Istano Basa Pagaruyung

Salah satu tempat wisata andalan di Tanah Datar adalah Istano Basa Pagaruyung. Istana tersebut merupakan sisa kejayaan Kerajaan Pagaruyung. Kendati demikian, ternyata bangunan yang berdiri saat ini bukanlah bangunan asli. Bangunan aslinya berada di Bukit Batu Patah. Bangunan aslinya habis terlahap api, namun beberapa benda peninggalan kerajaan telah diselamatkan dan disimpan dengan baik. Bangunan saat ini tidak kalah megah dan menarik dari bangunan aslinya. Saat berkunjung ke sana, kamu bisa menyewa pakaian adat Minang sembari belajar seputar Kerajaan Pagaruyung.