Domigado – Roti lapis adalah hidangan yang terdiri dari dua atau lebih irisan roti dengan satu atau lebih bahan isian di antara irisan roti tersebut atau cukup satu potong roti untuk jenis roti lapis terbuka. Roti lapis atau sandwich seringkali menjadi hidangan alternatif untuk sarapan atau makan siang yang biasanya dikemas secara praktis.

Ada banyak jenis sandwich, terbuat dari beragam bahan. Cara membuat roti lapis yang relatif mudah membuat menu lezat dan bergizi ini disukai banyak orang. Umumnya isiannya terdiri dari daging-dagingan, makanan mengandung protein, sayur, atau buah-buahan. Bahkan sandwich dari tiap-tiap negara memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda.

Berikut ini terdapat lima jenis roti lapis khas dari berbagai negara yang bisa dijadikan inspirasi makan praktis untuk sarapan atau makan siangmu.

8. Croque Monsieur – Roti lapis Perancis

Croque monsieur merupakan roti lapis yang datang dari berbagai bar di Prancis. Makanan ini adalah hidangan ringan yang terdiri dari isian seperti ham dan keju. Uniknya, keju yang dipakai dalam pembuatan croque monsieur hanya memakai keju yang berasal dari Swiss, seperti gruyere atau emmental.

Kedua keju tersebut merupakan keju yang diolah dari susu mentah di Swiss dan merupakan keju-keju padat yang menghasilkan lubang di setiap baloknya. Keju inilah yang kemudian membuat roti lapis ini menjadi lebih lezat.

Croque monsieur cocok bagi kamu yang suka dengan rasa asin gurih namun tidak terlalu berat karena roti ini hanya mengandung sedikit isian saja.

7. Reuben sandwich

Reuben Sandwich adalah salah satu varian yang paling sering ditemui khususnya di Amerika Serikat. Sekilas roti ini memiliki lapisan yang amat banyak sehingga cocok apabila dimakan bersama-sama dengan teman atau keluarga.

Reuben sandwich sendiri menggunakan rye bread atau roti hitam sehingga tampilannya menjadi kian eksotis. Isiannya pun banyak menggunakan daging, keju dari Swiss, sauerkraut, serta Russian dressing.

Sauerkraut sendiri merupakan sayuran yang diolah dari fermentasi kubis. Makanan ini biasanya ditemukan di Jerman sebagai salah satu kimchi-nya negeri romantis tersebut. Sementara itu Russian dressing adalah percampuran antara mayones dan saus tomat.

6. Inkigayo – Roti lapis Korea

Sebagai pencinta hidangan Korea, kamu pasti sudah tidak asing dengan nama inkigayo sandwich atau roti lapis inkigayo. Hidangan ini merupakan sandwich kekinian yang sempat menghebohkan Korea termasuk pencinta negeri ginseng tersebut di Tanah Air.

Tampilan inkigayo ini sangat menarik karena roti yang digunakan tidak memiliki pinggiran berwarna cokelat. Selain itu roti ini biasanya dipotong segitiga dengan memperlihatkan isiannya yang super tebal.

Isiannya sendiri terbilang mengenyangkan sekaligus unik lantaran ada perpaduan komponen nyeleneh yang ada di dalam roti, yakni telur rebus yang sudah dihancurkan, kemudian salad, dan di lapisan lain diisi oleh selai buah strawberry.

5. Tamago sando – Roti lapis Jepang

Tamago sando adalah sandwich isi telur yang cukup populer di Jepang, terutama pada convienence store mereka. Roti ini nampak sederhana namun menggugah selera walaupun hanya terdiri dari roti dan telur saja.

Meski demikian, roti yang digunakan untuk pembuatan tamago sando lebih condong memakai shokupan, yakni roti khas Jepang yang memiliki tekstur super lembut dengan rasa agak manis.

Untuk telurnya sendiri, tamago sando menggunakan telur rebus yang dihancurkan lalu dicampurkan ke dalam mayones khas negara mereka sebelum ditimpa dalam roti.