DOMIGADO – Indonesia memiliki banyak kawasan Kora tua yang menjadi kawasan historis dan menyimpan kisah sejarah panjang suatu daerah. Selain cerita sejarah, ternyata Kota Tua juga menyimpan kisah misteriusnya yang bisa bikin kalian merinding.

Kota Tua memang biasanya identik dengan gedung-gedung tua yang bahkan sudah dibangun sejak masa penjajahan dan kolonial. Penasaran tentang kisah misteriusnya Kota Tua. Berikut ini adalah 7 Kisah Kota Tua di Indonesia.

1. Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta
Kota Tua Jakarta

Kawasan Kota Tua di Ibukota Jakarta memang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata kota. Banyak orang yang mengunjungi Kota Tua untuk berfoto dengan tema vintage.

Selain terkenal sebagai destinasi wisata dan tempat foto-foto. Kota Tua Jakarta juga terkenal dengan kisah mistisnya. Kota Tua Jakarta dianggap sebagai yang paling angker di Indonesia.

Sering terdengar suara gamelan dari Museum Wayang, jeritan perempuan di Museum Fatahillah, dan bahkan barisan tentara tanpa kepala

2. Kota Tua Bandung

Kota Tua Bandung
Kota Tua Bandung

Kota Tua di Kota Bunga Bandung terletak di sekitar Jalan Asia-Afrika dan Jalan Braga. Di kawasan tersebut pernah terukir sejarah yaitu penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika untuk pertanama kali.

Selain kisah sejarah, Kota Tua Bandung juga terkenal dengan kisah mistisnya. Kabarnya, banyak hantu Belanda dengan wajah pucatnya yang sedang jalan-jalan saat malam hari

3. Gedung Marabunta Semarang

Gedung Marabunta Semarang
Gedung Marabunta Semarang

Gedung Marabunta termasuk gedung yang berada di  kawasan Kota Tua Semarang. Gedung tersebut sudah berdiri sejak tahun 1890an, loh dan sudah menjadi saksi bisu berbagai peristiwa.

Kabarnya dalam gedung tersebut, ada penari balet yang pernah menjalani hukuman mati di sini

4. Kota Tua Surabaya

Jembatan merah surabaya
Jembatan merah surabaya

Kawasan Kota Tua Surabaya berada di sekitar Jalan Karet, Jalan Panggung, Jalan Gula, dan Kembang Jepun.

 Di Kawasan Kota Tua Kembang Jepun, ada Jembatan Merah yang kabarnya di Jembatan tersebut sering tercium bau anyir darah tanpa sumber dan misterius.

5. Omah Lowo, Solo

Omah Lowo, Solo
Omah Lowo, Solo

Di Kawasan Kota Tua Solo, ada bangunan bernama Omah Lowo yang memiliki desain khas Eropa. Sebelum direnovasi, kabarnya sering terlihat sosok bayangan hitam yang menjaga di depan pintu